Mengenal Distrik-distrik Terkenal di Warsawa

Sebenarnya kali ini Polandesian ingin menulis catatan tentang mencari tempat tinggal atau penginapan yang terjangkau di Warsawa. Tetapi supaya tidak bingung dan bisa mengira-ngira dimana lokasi tempat penginapan tersebut, ada baiknya kita tengok sebentar pembagian wilayah di ibukota Polandia ini. Pengetahuan tentang tata kota ini pastinya juga penting bila kamu memang akan merantau ke sini.

Sama seperti semua kota besar di dunia, Warsawa pun dibagi-bagi atas beberapa wilayah. Kalau DKI Jakarta mempunyai 5 kota madya, Warsawa mempunyai 18 distrik atau dalam bahasa Polandia disebut  “dzielnica” (dibacanya: jelnitsa). Banyak ya sampai 18? Tetapi tentunya tidak perlu diingat semua. Untuk yang mau melancong ke sini sebagai turis, tentunya cukup perlu tahu di distrik mana terletak obyek-obyek wisata yang menarik. Begitu juga untuk yang mau tinggal menetap di Warsawa baik jangka pendek maupun panjang, pusatkan perhatian ke distrik yang strategis saja (atau distrik dimana si calon pasanganmu tinggal :)).

Ini dia peta ke-18 distrik yang ada di Warsawa. Selanjutnya saya rangkum distrik-distrik yang cukup penting untuk diketahui kalau kamu mau berkunjung ke sini:

Peta Distrik-distrik yang ada di Warsawa, Polandia. Photo credit: wikitravel.org

Nama Distrik Yang Kira-kira Menarik atau Perlu Kamu Ketahui
Śródmieście:
Distrik paling penting untuk bisnis dan wisata di Warsawa
Distrik yang paling penting kamu kenali di Warsawa adalah distrik “Śródmieście” – itu tuh, yang letaknya persis di tengah-tengah kota Warsawa (lihat di bagian warna biru). Śródmieście ini memang distrik terpenting, di sinilah terletak “Centrum” (pusat kota Warsawa, ditandai oleh gedung Palace of Culture and Science) dimana banyak terdapat hotel mewah dan premis bisnis yang penting.

Selain itu, distrik ini juga dipenuhi oleh obyek wisata Warsawa yang terkenal, seperti Warsaw Old Town (Stare Miasto), New Town, Łazienki Park dengan patung Chopin dan Istana di Atas Air-nya, juga berbagai museum besar seperti Museum Nasional dan Museum Chopin. Kalau kamu cuma punya waktu singkat untuk berwisata ke Warsawa, biasanya ya ‘mutar-mutar’ di satu distrik ini saja.

Kalau datang ke Polandia untuk urusan bisnis dan kamu ditempatkan di hotel Marriott, Novotel, atau Intercontinental, bersyukurlah… Itu hotel-hotel bintang atas dengan lokasi paling strategis se-Warsawa. Strategis di sini tempatnya ya, kalau pemandangan sekitarnya sih hecticbanget dengan berbagai gedung tinggi dan lalu lintas yang padat.

Seperti bisa diduga, di wilayah ini biaya sewa flat untuk tempat tinggal lebih mahal dibanding distrik lainnya, meskipun flatnya masih bangunan lama dan lebih sempit. Begitu pula hotel atau penginapan kelas menengah ke bawah yang ada di distrik ini (apalagi yang di area Old Town), harga kamarnya pun lebih mahal dibandingkan hotel dengan bintang yang sama. Memang posisi menentukan prestasi.

Praga Południe
(Praga Selatan):

Wilayah pemukiman yang strategis dan cukup hijau

Distrik Praga terbagi dua: Praga Południe (Selatan) dan Praga Północ (Utara). Yang ‘masuk  hitungan’ sih Praga Południe saja, karena di distrik ini ada ‘kelurahan’ Saska Kępa tempat berdomisili banyak kedutaan asing yang tidak terlalu besar termasuk KBRI Warsawa. Selain itu, di Praga Południe terletak satu-satunya kebun binatang (Warsaw ZOO) yang menjadi tempat hiburan keluarga yang selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan atau liburan sekolah. Satu lagi yang penting, di sinilah letak stadium sepakbola nasional (Stadion Narodowy) dimana akan dilangsungkan pembukaan Piala Eropa EURO 2012!

Untuk pemukiman, distrik ini juga termasuk favorit karena letaknya terbilang strategis (dekat dengan Centrum – hanya dipisahkan oleh Sungai Vistula), masih asri (banyak taman), dan disinilah tempat Polandesian tinggal selama merantau di Warsawa, hehehe…

Mokotow dan Wilanow
Distrik favorit hunian para ekspatriat bule
Ini distrik paling favorit untuk tempat tinggal para ekspatriat bule. Memang kedua distrik ini terbilang paling asri dan modern di Warsawa. Banyak gedung apartemen maupun rumah hunian yang besar-besar (mahal juga pastinya). Karena banyak bulenya, terutama yang berasal dari Amerika Serikat, umumnya sekolah-sekolah berbahasa Inggris ada di distrik ini, dari level pre-school sampai SMU. Misalnya International Preschool of Warsaw, Canadian School, atau British School.

Untuk wisatanya, Wilanow terkenal dengan Istana Wilanow (Polish: Pałac w Wilanowie), istana musim panas untuk raja-raja Polandia zaman dulu yang sampai sekarang masih dilestarikan dengan baik dan bisa dimasuki oleh wisatawan. Sedangkan di Mokotow ada Galeria Mokotow, kalau yang ini adalah shopping mall papan atas untuk yang hobi wisata belanja :)

Wola Untuk wisata yang ‘berbeda’, Wola adalah tempatnya. Di sini ada museum yang sangat dibanggakan warga Polandia yaitu Museum Uprising Warsaw (Polish: Muzeum Powstania Warszawskiego). Museum ini khusus dibangun untuk mengenang perjuangan heroik rakyat Polandia melawan tentara Nazi Jerman tahun 1944 yang sayangnya berakhir tragis dengan kekalahan total di pihak Polandia. Selain itu, di Wola ada Powązki Cemetary, ini kuburan untuk orang-orang Polandia terkenal zaman dulu yang dipenuhi dengan arsitektur nisan dan prasasti yang sangat indah! Satu lagi yang menarik, distrik Wola juga sarat dengan sejarah Yahudi Polandia karena dulu di sini ada perkampungan (ghetto) yang dibangun oleh Nazi Jerman untuk mengurung orang-orang Yahudi di Warsawa sebelum diangkut bertahap ke kamp konsentrasi, namun kini yang tersisa hanya reruntuhan tembok ghetto-nya.

Karena letaknya yang juga sangat dekat dengan pusat kota, distrik Wola juga punya banyak pilihan hotel misalnya hotel Hilton, hotel Westin atau hotel Ibis. Pemukiman di distrik ini juga berkembang dengan pesat.

Ursynow

Ini wilayah pinggiran Warsawa yang sangat luas. Di Ursynow ada trek pacuan kuda yang terkenal namanya Tor Służewiec, juga hutan Kabacki yang sangat luas (beneran masih hutan lho!). Tidak ada yang istimewa untuk obyek wisatanya, distrik ini lebih untuk tempat pemukiman dan bisnis.

Zoliborz

Di distrik inilah letak Arkadia, shopping mall terbesar se-Eropa Tengah dan Timur. Other than that, distrik Zoliborz ini lebih dikenal sebagai daerah pemukiman hijau dan tenang dengan taman-taman kotanya yang luas.

Distrik lain-lain Bielany, Białołęka, Bemowo, Ursus, Włochy, Targówek, Rembertów, Wesoła, Wawer: distrik-distrik ini jauh dari pusat kota Warsawa dan tidak ada obyek wisatanya yang cukup menarik untuk diceritakan di sini.
About these ads

Posted on Januari 28, 2012, in Tata Kota and tagged , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Hai.. Usefull bgt niy,kebetulan aq lg ke poland, enaknya pergi kemana aja ya? Aq stay di novotel deket centrum, kamu tinggal dimana?ato ada telp yg bisa aq hubungi biar enak nanya2nya …
    Thx a lot,
    Prast

    • Halo Prast,

      Kalau untuk sightseeing atau wisata di Warsawa, silakan baca rekomendasi saya di posting ini >>> http://polandesia.wordpress.com/2011/01/06/yuk-jalan-jalan-satu-hari-di-warsawa/

      Kalau dari Novotel Centrum mau menuju ke Kota Tua (Stare Miasto) yang merupakan pusat wisata di Warsawa, gampang sekali, tinggal naik bus no 175 tujuan ‘Pl. Pilsudskiego’ dari halte ‘Centrum’ tepat di depan hotel Novotel. Turunnya di tujuan akhir (halte ‘Pl Pilsudskiego’) dan dari sana tinggal jalan kaki sebentar menuju Stare Miasto. Pulangnya juga tinggal naik bus yang sama dengan arah sebaliknya. Tiket bus bisa dibeli di dalam bus-nya (biasanya di dalam bus 175 sudah ada vending machine-nya, harga tiketnya seharga 3.6 zloty), atau bisa juga beli tiketnya di kios-kios atau vending machine dekat halte sebelum naik bus. Coba cek catatan saya mengenai transportasi umum di Warsawa supaya dapat gambarannya >> http://polandesia.wordpress.com/2010/09/23/nyamannya-kendaraan-umum-di-warsawa/

      Milego pobytu w Warszawie :)

  2. Halo Elivie, beruntung sekali saya menemukan catatan Polandesia-nya… Informasinya sangat berguna utk “small research” mengenai hidup di Poland. Seperti apa sih biaya hidup di Polandia? Kemudian bagaimana caranya mencari tempat tinggal di Warsaw, apakah umumnya tinggal di flat/apartment atau rumah sewa? Terima kasih banyak sebelumnya :)

  1. Ping-balik: Penginapan Murah di Warsawa, Ada Tidak Ya? « Catatan-catatan kecil tentang Polandia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 53 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: