Berawal Dari Sini..

Kenal Polandia? Pasti kenal, minimal pernah dengar namanya. Tapi pasti banyak juga yang nggak tahu seperti apa negara yang satu ini. Maklum, letaknya jaoohh.. dari Indonesia. Minimal 18 jam perjalanan, itu pun udah naik pesawat. Enggak tahu deh kalau naik bus atau kapal laut mau sampai berapa lama lagi🙂 Orang-orang Indonesia di Polandia juga terbilang sedikit, tidak sampai 200 orang. Bandingkan dengan di Jerman yang ada sampai 7000 orang. Padahal Jerman itu bersebelahan dengan Polandia, lho. Intinya, Polandia tidak terlalu populer di Indonesia, dan begitu juga sebaliknya. Kalau saya nggak merantau ke sini, saya juga pasti nggak tertarik mengenal lebih dekat negara asal pergerakan Solidaritas-nya Lech Walesa ini.

Orang bilang, tak kenal maka tak sayang. Jadi mumpung saya lagi terdampar di sini, di blog ini saya mau cerita-cerita sedikit tentang Polandia. Kali aja ada yang akan menikah sama orang Polandia, atau akan dikirim training/kerja ke sini oleh kantornya, atau sekedar mau jalan-jalan ke daerah Eropa Tengah; lumayan kan bisa dapat sedikit gambaran. Minimal bisa mengurangi culture shock yang sering terjadi di masa awal penempatan. Untuk yang memang akan tinggal lama di sini, selamat, anda akan mendapat tantangan berat untuk mempelajari bahasanya yang ampun-ampun susahnya. Tapi nggak usah takut duluan, orang-orang di sini umumnya cukup ramah dan maklum kalau pendatang dari luar negaranya tidak lancar berbahasa lokal; jadi ya modal bahasa tarzan dan hitungan jari pun cukup lah untuk survive. Apalagi kalau cuma datang ke sini sebagai turis, urusan bahasa sih tidak akan jadi kendala karena di daerah objek-objek wisata umumnya petugasnya bisa berbahasa Inggris.

Rencananya blog ini akan diisi sedikit-sedikit tapi rutin. Topiknya mungkin akan loncat-loncat, tergantung minat saya hari itu mau menulis apa. Yang jelas sih seputar Polandia – Indonesia. Kalau ada yang mau bertanya, silakan lho, dengan senang hati saya akan mencoba menjawabnya (hahaha, bahasanya public speaker sekalee). Okay deh, selamat membaca posting-2 saya berikutnya.

Posted on September 21, 2010, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 8 Komentar.

  1. Wah seru nih pengalamannya tinggal di negeri orang, jarang2 ada blog/info tentang polandia..
    Salam kenal ^^

    • Salam kenal juga.

      Iya, memang jarang banget info tentang Polandia dan daily life di sana. Mungkin karena memang nggak banyak juga orang Indo di sini. Semoga blog ini bisa kasih gambaran sedikit deh. Thanks banget ya udah mampir.

  2. ijin menyimak bos….
    jadi pengen berkunjung kesitu
    kayanya asyik banget

  3. oh ya bos kapan2 berkunjung ke blog q yow

    • OK!
      Nama blognya asyik “hidupmuindah”. Sekarang sedang aktif mengulas tentang sepakbola Indonesia ya. Apakah memang terlibat di kepengurusan timnas? Sukses deh buat sepakbola Indonesia, akhirnya bangkit kembali dan membuat para suporternya bisa berbangga di ajang AFF 2010 ini.

  4. Terimakasih buat blog nya…interest banget deh….soal nya pertengahan th 2012 aku kenal cowok Poland yang sangat baik..,,sejak saat itu aku mulai tertarik dengan sesuatu yang berbau Poland…he..he..he..thanks banget yah..polandesian

  5. Salam kenal.

    Terima kasih dengan info nya. Tulisan mbak/kakak/ibu sngat membantu. Kebetulan saya dan tim kesenian diundang untuk tampil di Brave Festival bulan July 2014 ini. Saya harap empunya blog bisa ikut nimbrung nonton dan workshopnya. Sekali lagi terima ksih atas infonya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: