Kemiripan Lambang Negara Indonesia dan Polandia

Dunia memang penuh dengan misteri. Sepintas Indonesia dan Polandia tidak ada hubungan dekat apapun; beda benua, beda budaya, beda rumpun bangsa, beda ras, beda bahasa, pokoknya bedaaa.. Tapi kok simbol atau lambang kedua negara ini bisa mirip ya? Let’s take a closer look.

1. National Flag (Bendera Nasional)


Benar kan, mirip? Cuma kebalik aja warnanya, bendera Indonesia merah-putih sementara bendera Polandia putih-merah. Arti dari kedua warna pada bendera tersebut juga mirip. Pada bendera Indonesia merah berarti berani (keberanian dalam memperjuangkan kemerdekaan) dan putih berarti suci. Sementara pada bendera Polandia, merah berarti perjuangan (sebagai simbol darah yang tertumpah dalam perjuangan) dan putih berarti perdamaian.

Di Polandia, ada Hari Bendera (Polish Flag Day) yang diperingati setiap tanggal 2 Mei sejak tahun 2004. Tapi sayangnya, sama seperti Hardiknas di Indonesia, tanggal 2 Mei itu tidak dijadikan hari libur nasional *berharap mode: on🙂

Yang unik, ada varian resmi bendera nasional Polandia dimana pada bagian atasnya (bagian warna putih) terdapat gambar lambang negara Polandia yaitu burung Elang Putih. Varian bendera ini secara legal diperuntukkan untuk penggunaan resmi di luar negeri, misalnya di kedutaan-kedutaan Polandia di luar negeri, dan di perairan oleh Angkatan Laut Polandia.

Hal menarik lainnya: warna merah dan putih telah ditetapkan oleh Konstitusi Polandia sebagai warna nasional Polandia sejak tahun 1831. Kalau Indonesia, warna nasionalnya apa ya? Soalnya di UUD’45 kan nggak ada nyebut apa-apa tentang warna nasional Indonesia. More info about Polish flag, silakan baca langsung di wikipedia ya.

2. Coat of Arms (Lambang Negara)

Nah yang ini juga mirip, sama-sama mengambil dari bangsa burung yang terkenal gagah, prestise, tinggal di tempat tinggi, dan disegani oleh kaum burung lainnya. Singkatnya, kelasnya raja burung lah. Indonesia memilih burung Garuda, sementara Polandia memilih burung Elang Putih atau yang dalam bahasa Poland-nya disebut Orzeł Biały (bacanya agak ribet: Ojeu Biawe). Sama-sama lagi nengok ke kanan pula, entah apa yang dilihat oleh burung-burung itu di sebelah kanan mereka…

Yang tertarik mengenal lebih jauh tentang si Elang Putih ini, monggo bertanya pada mbah wikipedia.

Posted on September 22, 2010, in Pemerintahan and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 9 Komentar.

    • Wah, terimakasih komentar dan kunjungannya ke blog saya! Maaf, baru sempat membalasnya saat ini. Saya juga sudah ‘ngintip’ blog-nya Mbak Rierie.. Jadi tertarik nih mau nyobain Onde-onde Ketawa-nya🙂

      Salam hangat…

  1. Thanks tanggapannya, kali ini izinkan saya untuk copas artikelnya yahhh.. thanks.

  2. Polandia = indonesia, aneh tp nyata,,,apa mungkin sejarahwan indonesia sebelumnya orang polandia..tp makna tersirat apa dibalik warna bendera yg terbalik…

  3. Bendera Monako Mana? Sama Bendera Indonesia

    • Yah, namanya juga ini blog Polandesia, jadinya fokus ke perbandingan Polandia dan Indonesia aja. Mungkin di blog Monakosia, akan ada perbandingan bendera Monako dan Indonesia hehehe… *just kidding*

  4. Wah, thank you udah sharing..
    Kunjung balik ya, hehehe😀
    Salam..

  1. Ping-balik: Kemiripan Lambang Negara Indonesia dan Polandia « Sisi Kecil Dunia MAYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: