Parahnya Musim Dingin di Polandia

Sudah dua kali saya mengalami musim dingin di Polandia: yang pertama, musim dingin tahun 2009 dan kedua, musim dingin tahun 2010. Yang tahun 2009, musim dinginnya fine-fine aja, dalam arti tolerable banget. Salju nggak terlalu banyak turun, suhu  nggak selalu minus, bahkan kadang-kadang muncul matahari dan bikin hangat suasana siang hari. Heater di flat pun menyala dengan memadai. Semua orang tetap bisa beraktivitas dengan normal, hanya lapisan baju saja yang perlu ditambah dengan mantel tebal.

Lalu tibalah musim dingin 2010. Seperti halnya negara-negara di belahan utara bumi (kawasan Amerika dan Eropa), musim dingin dimulai per tanggal 21 Desember. Tapi kali ini dari awal memang sudah terasa lebih dingin daripada tahun sebelumnya. Ya anginnya, ya jumlah saljunya, ya temperaturnya. And then things got worse: di bulan Januari 2010, tercatat suhu siang hari dengan teganya hanya -10 sampai -18 derajat Celcius. Di malam hari lebih parah lagi, suhu merosot antara -20 sampai -30 derajat Celcius. Menderita banget deh, lapisan jaket sudah ditambah tetap aja mengigil. Di dalam rumah pun, meski heater sudah dinyalakan, tetap terasa dingin. Suddenly you miss the hot sunny days in Jakarta.

Selama bulan Januari – Maret 2010, tak pelak arus kehidupan di ibukota Warsawa pun terganggu. Badai salju dan angin kencang telah merusak saluran listrik sehingga untuk beberapa hari, banyak tempat di kota Warsawa terpaksa mati lampu. Belum lagi ribuan mobil yang terjebak kemacetan di mana-mana dan  mesinnya rusak, bahkan tingkat kecelakaan lalu lintas pun meningkat karena jalanan begitu licin dan tertutup hujan salju.

Brutalnya musim dingin tahun ini di Polandia bisa dilihat pada foto di bawah ini. Foto diambil dari portal berita Polandia http://www.se.pl dan http://www.fakt.pl.

Memang kabarnya di Eropa semakin sering terjadi cuaca ekstrem. Dan musim dingin tahun 2010 ini adalah cuaca yang terburuk dalam beberapa puluh tahun terakhir. Tidak hanya di Polandia, negara-negara Eropa lainnya pun mengalami coldness suffering yang dahsyat ini: badai salju gila-gilaan di London dan Amsterdam hingga bandara dan sekolah-2 harus ditutup, suhu sampai -41 derajat Celcius di Norwegia, taufan di Jerman… luar biasa membuat kacau (lengkapnya bisa baca di sini).

Di Polandia sendiri, cuaca yang terus-menerus dingin luar biasa ini sampai  menyebabkan lebih dari 200 orang meninggal dunia. Haah, seriuss?? Para korban umumnya adalah para manula, kaum tuna wisma yang menumpang tidur di halte bus atau taman, atau penduduk yang tidak mempunya pemanas di rumahnya. Sedihhh banget mendengarnya.. Berita tragis ini ternyata juga dikabarkan di Media Indonesia.

Secara historis, musim dingin 2010 ini belum mengalahkan rekor suhu terdingin di Polandia yaitu -41 derajat Celcius pada musim dingin tahun 1940, tepatnya 11 Januari 1940. Tapi tetap saja, sebagai yang pernah mengalaminya (dan sebentar lagi akan kembali menghadapi musim dingin), saya kapok deh.. jangan sampai terulang lagi.

So, the message of this posting is: usahakan jangan ke Polandia pada saat musim dingin, that is between December 21 – March 21. Kalau terpaksa, sempatkanlah membeli winter coat yang mampu memberikan kehangatan dan tinggallah di tempat yang pemanasnya mumpuni. Percayalah, setelah ini, kita semakin mengerti mengapa orang bule sangat jarang  menyia-siakan musim panas untuk liburan..

Iklan

Posted on September 28, 2010, in Iklim & Cuaca and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Halo, bice article
    Saya punya rencana buat trip ke Swiss bulan desember ini, tapi setelah membaca artikel ini kok jadi doubt buat pergi pas winter ya hehe.
    Saya memilih desember karena berbagai alasan, salah satunya adalah “salju” haha. Selain salju alasan saya menilih bulan desember adalah karena pas 2011 saya sudah merasakan summee di swiss, jadi sekali-kali pengen nyobak kali winter disana.

  1. Ping-balik: Musim Dingin, Kapankah Berlalu? « Catatan-catatan kecil tentang Polandia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: