Si Kecil Fiat 126p yang Tak Ada Matinya

Satu hal yang mencolok dari mobil-mobil di Polandia adalah almost all of them are small cars! Kelihatan mini-mini sekali kalau dibandingkan dengan mobil model Kijang atau Panther yang banyak disukai orang Indonesia. Tapi mengingat lahan parkir di daerah perkotaan di Polandia cukup terbatas, mobil kecil memang (sedikit) lebih mudah mendapatkan tempat parkir.

Nah diantaranya yang mini-mini itu, ada satu mobil kecil buatan Polandia yang sangat populer pada tahun 1980-an dan sampai sekarang pun masih banyak berseliweran di jalan-jalan. Nama resminya “Polski Fiat 126p“, namun terkenal dengan nama “Maluch” (artinya “si cilik” atau “si kecil”) karena ukurannya yang kecil banget. Dengan lisensi Fiat dari Italia, mobil ini diproduksi secara massal oleh pabrik mobil negara FSM (Fabryka Samochodów Małolitrażowych) sejak tahun 1973. Huruf “p” pada Fiat 126p itu memang merujuk pada Polandia.

Mobil ini terbukti menjadi mobil yang paling populer di Polandia pada era komunis tahun 1980-an karena merupakan satu-satunya mobil yang tersedia dengan harga cukup murah bagi keluarga-keluarga di Polandia. Bisa dimaklumi, di bawah sistem sosialisme saat itu, amat sangat sulit membeli mobil dari luar negeri dan keputusan memproduksi mobil secara massal ada sepenuhnya di tangan pemerintah. Kapasitas produksi mobil pun sangat terbatas sehingga banyak pembeli harus menunggu sampai beberapa tahun sebelum mendapatkannya. Proses indent yang sangat lama..

Pada tahun 2000, produksi mobil Fiat 126p ini diberhentikan. Edisi terakhirnya adalah Fiat 126p Happy End yang semuanya berwarna kuning. Di bursa mobil, Fiat 126p Happy End tahun 2000 ini bisa dibeli dengan harga 3000-an zloty (sekitar 10 juta rupiah), sementara yang diproduksi tahun 1980-an cukup dijual dengan harga 500-an zloty (sekitar 1,5 juta rupiah). Tertarik?🙂

Posted on September 29, 2010, in Transportasi and tagged , . Bookmark the permalink. 8 Komentar.

  1. murah banget… bisa jadi orang kaya disana

    eh ya bos q tanya nilai tukar mata uangnya berapa lo di banding rupiah

    • Hahaha.. Kalau punya mobil Maluch (Fiat 126p) ini sih nggak bisa dibilang orang kaya, namanya juga mobil rakyat. Dicintai karena terjangkau dan ada nilai historisnya.

      Mata uang Polandia adalah Zloty (PLN). Untuk nilai tukarnya saat ini, 1 Zloty = Rp 3000,- (kurang lebih).

  2. ada nggak mobil-mobil kayak alphard atau setidaknya VW gitu di sana?

    • Ada juga mobil-mobil sebesar Alphard, tapi jarang. VW kodok juga ada, tapi mobil mini modern yang sering saya lihat berseliweran di jalan adalah Mini Cooper.

  3. bisa ga dipake di indonesia??
    boleh ni yg tahun 80

    • Hai Aji,

      Beneran nih tertarik? Saya rasa sih bisa dipakai di Indo, tapi mobil ini lumayan boros bensin lho. Dan nggak tahu juga deh apakah “worth it” untuk dibawa ke Indo, jangan-jangan ongkirnya lebih mahal daripada harga beli mobilnya hahaha..

  4. boleh juga tuh, pesen 1 yg thn 80an…

  5. hehehe menarik sekali artikelnya…. sayang indonesia ga bikin mobil murah untuk rakyatnya,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: