Dimana Hari Libur, Di Situ Toko-toko Tutup

Salah satu hal yang perlu diwaspadai kalau mau pergi ke Eropa adalah hari libur nasional dan hari Minggu. Lho, ada apa memangnya dengan hari Minggu? Di beberapa negara Eropa, hari Minggu dianggap sebagai hari istirahat dan semua toko-toko kompak menutup dagangannya. Otomatis hal ini membuat suasana di dalam kota terlihat lebih lengang dan terus terang menyulitkan bagi para wisatawan yang mau membeli oleh-oleh atau sekedar melihat-lihat obyek wisata seperti museum, gedung pertunjukan, ataupun shopping mall (Hehehe, shopping mall itu obyek wisata mata juga kan?).  Hal ini pernah saya alami waktu jalan-jalan ke Wina, Austria tahun lalu ketika hari Minggu. Aduh, kenyamanan lumayan terganggu juga, mau cari tempat makan siang saja susah benar karena tidak menemui restoran atau warung makan yang buka. Akhirnya, terpaksalah saya makan di cafe di area Istana Schonbrunn yang notabene hanya menyajikan kue-kue dan snack yang mahalnya iya kenyangnya tidak. 😦

Nah, bagaimana dengan di Polandia? Syukurlah, pada hari Minggu supermarket, shopping mall, toko-toko souvenir bahkan beberapa museum dan istana tetap buka! Beberapa toko kecil seperti kios-kios di pinggir jalan atau di daerah perumahan memang tutup dan jam buka supermarket atau shopping mall lebih dipersingkat, tapi tetap mudah untuk kita membeli sesuatu yang kita cari.

Pengumuman Jadwal Buka Mall di Warsawa pada Akhir Tahun Jadi yang perlu diwaspadai, hanyalah hari-hari libur nasional dimana semua kantor, bank, mall, museum, istana, toko besar dan kecil serempak tutup! Untuk hal ini memang ada regulasi dari Pemerintah Polandia dimana pada hari-hari nasional yang ditetapkan sebagai non-working days (hari libur nasional), semua karyawan/pekerja berhak mendapatkan libur. Jadi kalau ada toko kecil yang buka, berarti itu pemiliknya langsung yang menjagai toko sementara karyawannya, bila ada, yah sedang diliburkan. Uniknya, hal ini tidak berlaku pada bioskop atau sinepleks yang berada di dalam mall karena mereka tetap buka pada hari libur nasional ini dengan jam putar film yang normal. Jadi toko-toko di mall-nya pada tutup, tapi bioskopnya buka.

Nah ini dia Hari-hari Libur Nasional di Polandia:

1 Januari : Tahun Baru
6 Januari : Hari “Tiga Raja” (Epiphany), suatu hari raya Katolik
Hari Raya Paskah (Minggu dan Senin):
tanggalnya berganti-ganti, namun biasanya di hari Minggu pertama di musim semi.
1 Mei: Hari Buruh.
3 Mei: Hari Konstitusi (memperingati proklamasi Konstitusi Polandia tahun 1791)
Corpus Christi: Hari Raya Katolik yang dirayakan pada hari Kamis, 9 minggu setelah Paskah. Pada hari ini, anak-anak umumnya menerima komuni pertama mereka dan kita bisa melihat prosesi para jemaat Katolik menuju Gereja.
15 Agustus: Ada 2 hal yang diperingati pada hari ini yaitu 1) Hari Tentara Polandia (Polish Army Day) untuk memperingati kemenangan Polandia dalam perang melawan Rusia tahun 1920 dan 2) Hari Bunda Maria (Assumption of Virgin Mary) yang dirayakan oleh umat Katolik
1 November: Hari Orang-orang Kudus (All Saints’ Day)
11 November: Hari Kemerdekaan Polandia (National Independence Day) untuk memperingati kemerdekaan Poland pada tahun 1918 yang diraih setelah mengalami partisi/dipecah-pecah wilayahnya selama 123 tahun.
25 – 26 Desember: Hari Natal

Dari daftar di atas, kelihatan ya kalau banyak hari libur nasional di Polandia yang merupakan hari perayaan bagi umat Katolik. Hal ini bisa dimaklumi karena mayoritas penduduk di Polandia (hampir 90%) memang beragama Katolik dan pengamalan hidup berkeagamaannya suprisingly still so strong! Nanti kalau jalan-jalan di Polandia, pasti lihat banyak bangunan gereja yang mana memang masih berfungsi sebagai gedung ibadah.

So, gimana menurutmu, lebih banyak mana hari libur di Poland dibanding di Indonesia?

Iklan

Posted on Januari 3, 2011, in Budaya, Wisata and tagged , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Kalo hostel tetep buka kan di hari libur?
    Enak ya jadi karyawan di sana, liburnya jelas. Kalo disini banyak minimarket, warnet yg 24 jam atau hari libur buka jd harus kerja terus..

    • Yap, kalau hostel tetap buka kok selama hari libur. Begitu juga public transport-nya tetap jalan dengan jadwal hari libur (frekuensinya berkurang).

      Kalau di Warsawa tidak ada banyak warnet, karena internet rumah sudah jamak, cepat, dan murah. Minimarket 24 jam juga tidak ada. Setahu saya di sini cuma hipermarket Tesco yang buka 24 jam, itu pun tidak semua cabangnya. Tapi beberapa apotik buka 24 jam.

      Eh, ada satu lagi enaknya jadi karyawan di Polandia, hak cuti minimumnya 26 hari per tahun!! Bandingkan dengan di Indo yang cuma 12 hari *menghela nafas iri* Tapi memang negara2 Eropa pada dasarnya lebih generous sih untuk pemberian hak cuti dibanding Asia. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: