Yuk Jalan-jalan Satu Hari di Warsawa!

Kali ini saya mau mulai membahas tentang tempat-tempat yang menarik dikunjungi di Polandia. Soalnya saya yakin nggak banyak teman-teman di Indonesia yang punya gambaran, mau lihat apa sih di Polandia. Nah, kita mulai dengan jalan-jalan di ibukota-nya Polandia ya, kota Warsawa.

Warsawa sendiri lebih merupakan kota bisnis dan pemerintahan. Sebenarnya nggak banyak obyek wisatanya di sini, apalagi kalau kitanya nggak tertarik lihat-lihat museum πŸ™‚ Untuk kota turisnya lebih tepat kunjungi kota Krakow (kira-kira 3 jam kalau naik KA dari Warsawa). Tapi karena sekarang saya tinggalnya di Warsawa, ya kita mulai dari sini dulu.

Inilah obyek-obyek yang menarik kalau mau mengunjungi Warsawa:

1.Β  Kota Tua (Stare Miasto)

Yang satu ini nggak boleh dilewatkan kalau ke Warsawa! Kota Tua atau dalam bahasa Polandnya disebut Stare Miasto (dibacanya sama dengan ejaan bahasa Indo: Stare Miasto) adalah distrik bersejarah yang paling tua di Warsawa dan indah banget!. Dibangun pada abad ke-13, seluruh bangunan di tempat ini pernah dihancurkan sampai rata dengan tanah oleh tentara Jerman pada saat Perang Dunia II. Barulah tahun 1950-an dibangun kembali, brick-by-brick and so painstakingly sampai makan waktu > 10 tahun (tepatnya 1949 – 1963 dan 1970), dan sekarang termasuk daftar UNESCO World Heritage Site.

Di Kota Tua bisa puas-puasin mata banget deh, apalagi yang hobi fotografi. Soalnya banyak bangunan menarik di sini dan setiap sudut kotanya artistik banget.Β  Dimulai dari Royal Castle (Zamek Krolewski), Kolumn King Zygmunt, St Anna Church, danΒ St. John Cathedral sampai ke jantung kotanya yaitu Old Town Square (Rynek Starego Miasto) yang dikelilingi oleh bangunan ekletik berwarna-warni dan ditengahnya dibangun patung Syrena (putri duyung lambang kota Warsawa). Oh ya, untuk Royal Castle, worth it kok untuk dimasuki karena di sini boleh berfoto di dalamnya πŸ™‚ Tiket masuknya 22 PLN (sekitar $7).

Dari Old Town Square silakan nyambung terus ke Kota Baru (Nowe Miasto) yang dibatasi oleh Benteng Barbakan yang panjang dan berbata merah. Di Kota Baru ini juga banyak bangunan yang menarik, termasuk rumah masa mudanya Marie Curie (ilmuwan wanita terkenal yang memenangkan Nobel Fisika).

Aduh, banyak deh, dibahas lebih rinci di postingan tersendiri aja ya. Yang pasti, jalan-jalan di sini jangan buru-buru, karena di sinilah jantung hatinya Warsawa.

2. Istana Wilanow (Palac w Wilanowie)

Ini asli istana musim panas untuk keluarga raja-raja Polandia yang dibangun di abad ke-17 dan ajaibnya nggak ikut dihancurkan selama PD II. Ada juga kebun istananya yang bagus banget kalau lagi musim panas. Kalau bisa sempatkan masuk ke dalam istananya (tiket masuknya 16 PLN atau sekitar $5) dan melihat-lihat bagian dalamnya yang terdiri dari 2 lantai. Yang menarik sih lantai 1, soalnya kalau di lantai 2 isinya lebih ke koleksi lukisan portrait dari anggota keluarga kerajaan. Sayangnya di dalam istana nggak boleh ambil foto.

Kalau mau masuk ke Istana-nya, lebih baik pagi-pagi karena Istana tutup pkl 16:00 (pengunjung terakhir boleh masuk ke Istana pkl 15:00). Kalaupun tidak mau masuk (cuma lihat-2 atau berfoto di luar istana), ya tetap datang pagi soalnya lokasinya di ujung sendiri. Sementara obyek wisata yang lain lebih ke tengah kota hehehe..

3. Park Lazienki

Di Warsawa ada banyak taman (mungkin karena itu tingkat polusi udara di sini cukup rendah), dan Park Lazienki ini merupakan taman yang terbesar di Warsawa! Di sini harus kuat jalan kaki πŸ™‚ soalnya lumayan menjelajahi taman supaya bisa lihat 2 point of interests:

3.1) Istana Lazienki atau yang lebih dikenal dengan Istana di Atas Air karena memang dibangun di atas pulau kecil buatan di atas danau. Istananya sendiri nggak terlalu besar, dibangun abad 17 sebagai bathhouse untuk keluarga raja dan sekarang dipertahankan sebagai museum yang bisa dimasuki. Nggak perlu masuk sih menurut saya, lebih seru menikmati suasana sekitar danau yang asri karena inilah kompleks raja Poland dulu menikmati musim panasnya.

3.2) Patung Frederic Chopin, musisi klasik yang terkenal banget itu! Kalau musim panas, tiap hari Minggu pkl 12:00 dan pkl 16:00 ada konser musik Chopin (gratis!) yang digelar di dekat area patung itu. Kadang murni piano klasik, kadang udah dikolaborasi dengan musik pop dan rok. Bicara soal Chopin, wah.. orang Poland mah bangga banget ama musisi yang lahir dan besar di Poland itu. Di sini ada Chopin Museum, Chopin Music University, dan tiap tahun digelar Chopin Festival. Kalau suka musik klasik, sempatkan masuk museumnya deh.

4. Palace of Culture and Science (Palac Kultury i Nauki)

Inilah landmarknya kota Warsawa. Sering disingkat dengan sebutan Palace Culture atau PKiN. Dengan tinggi 231 m, inilah gedung tertinggi di Warsawa yang katanya bisa dilihat dari semua penjuru kota (bila cuaca cerah). Biarpun katanya landmark, sebenarnya orang-orang Polandia sendiri nggak suka dengan bangunan ini karena ternyata bangunan ini hadiah dari Joseph Stalin ketika Poland masih berada di bawah cengkraman Uni Soviet. Kabarnya, Stalin sang tirani kejam itu sengaja memerintahkan pembangunan Palace Culture ini pada tahun 1952-1955 sebagai simbol dominasi Uni Sovyet yang mengawasi tingkah laku orang-orang Polandia supaya ‘jangan macam-macam’ di era komunisme itu. Ingat jargon “The Big Brother is watching?

Sekarang Palace Culture ini dijadikan sebagai tempat perkantoran, gedung teater dan pameran, gedung pertunjukan, museum bahkan bioskop! Bisa juga naik ke lantai 30-nya (lantai Panorama) untuk lihat kota Warsawa dari atas, tapi jujur sih.. nggak worth it soalnya pemandangannya nggak bagus-bagus banget πŸ™‚ Tapi harus sempatkan foto di depan gedung ini ya, gimana pun juga kan landmark kota Warsawa.

Obyek lainnya yang juga menarik, andaikan punya waktu lebih di Warsawa, saya rekomen kunjungi:
Museum Uprising Warsaw (Muzeum Powstania Warszawskiego)
National Museum (Muzeum Narodowe), dan
Copernicus Science Center (Kopernik Centrum Nauki)
Hayoo, suka museum dan iptek nggak? Hihihi..

So.. to resume this posting, ini rekomendasi saya untuk itinerary one-day trip in Warsaw. Oh ya, better you come in summer dimana siangnya lebih panjang jadi waktu jalan-jalannya bisa lebih lama *nggak mau rugi*:

1. Pagi (mulai pukul 09:00): mengunjungi Istana Wilanow.
2. Menuju ke Park Lazienki, pertama cari Patung Chopin yang bisa kelihatan dari pintu masuk taman, lalu masuk ke tengah-tengah taman untuk menemukan Istana di Atas Air (hahaha.. ini itinerary atau berburu harta karun sih).
3. Ke tengah kota (Centrum) untuk berfoto di depan Palace Culture (hihi, cukup foto doang)
4. Terakhir: puas-puasin ngubek Stare Miasto dan Nowe Miasto.

Oh ya, tips satu lagi, kalau emang tight-budget, ke Warsawa-nya hari Minggu aja, soalnya pada hari Minggu masuk Istana Wilanow dan Royal Castle di Kota Tua gra-tis! Horee..Tapi jumlahnya terbatas lho, jadi ya better come early deh.

Selamat berpetualang di Warsawa! πŸ™‚

Catatan-catatan lain yang terkait topik ini:

Iklan

Posted on Januari 6, 2011, in Budaya, Tata Kota, Wisata and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 14 Komentar.

  1. Kapan ya bisa ke sana hmmm..
    Aku suka tu yang gratis-gratis hehe..
    Kalo ke warsawa berapa jam dari krakow?

  2. Goood…post-an nya bagus n enak di bacanya
    hehe pengen juga ke eropa timur sana..
    nabung dulu aja deh πŸ™‚

    • Thanks AriA, sudah mampir ke blog ini. Maaf baru sempat balas komentarnya.

      Iya, pergi ke Eropa Tengah dan Timur memang berat di ongkos. Dan karena belum ada direct flight ke Warsawa, mau nggak mau harus mampir ke negara Eropa yang lain dulu. Dijamin nanti tabungannya langsung ludes πŸ™‚ tapi hopefully memorable..

  3. hai mbak. terima kasih ya informasinya. berguna sekali. sabtu ini saya ke krakow terus sambung ke warsawa πŸ™‚

    • Hai Atta,

      Thanks sudah mengunjungi blog saya. Have fun ya di Krakow, that’s a very beautiful city! Kotanya indah dan punya banyak obyek wisata yang bagus, dan jangan heran kalau kalau banyak turis pas weekend nanti hehehe..

  4. wow! warsawa!!! jadi pengen ke sana. Tapi mba, ktanya kan ga ada direct flight ke sana. Trus transitnya kita dmn?

    • Kalau naik pesawat dari Indonesia ke Warsawa, umumnya transit dulu di salah satu hub Eropa misalnya Frankfurt, Amsterdam, Paris atau Zurich. Dari sana baru nyambung dengan LOT Airlines (maskapainya Polandia). Atau kalau tidak transit di Eropa, transitnya di Dubai, ini biasanya kalau pakai maskapai Emirates Airlines. Kapan nih mau ke Warsawa?

  5. Dear Elice,

    dari blog “Yuk Jalan-jalan Satu Hari di Warsawa!” link catatan mengenai :

    Keliling Warsawa dengan Sightseeing Bus
    dan
    Hemat Jalan-jalan di Warsawa dengan Bus #180

    kok tidak dapat ditemukan lagi, atau link broken..?

    • Hai Rina,
      Masa sih? Saya baru saja coba klik link-nya, tidak ada masalah kok. Posting terkait bisa terbuka dengan baik. Mungkin saat itu sedang ada temporary problem saja kali ya..

  6. wowh…luar biasa informasinya…asik…membantu sekali utk pendatang ke poland…saya sngat suka sekalii…makasihhh bgt helpfull πŸ™‚ keep moving forward!

  7. ahhh pengen ke poland lagi, senangnya mba elivie bisa stay more longer disana, miss that place, miss the air and miss the land πŸ™‚

    • Wah, Ecaa kayaknya punya wonderful memory ya tentang Poland. Ikut senang deh πŸ™‚ Untuk saya, karena tinggal di sini lebih lama (3,5 tahun) bersama keluarga kecilku, Poland is a bittersweet memory. Komplit dengan kesan yang sangat indah sampai yg bikin bingung bahkan nyebelin, makanya saya bikin blog ini untuk share info dan pengalaman. Amiinn, semoga Ecca punya kesempatan berkunjung ke Poland lagi ya…

      • amiiin mba elivie, wish can comeback to there as soon as posible, btw mba elivie tinggal dimana?? aku dulu pernah tinggal di bialolenka and sandomierz πŸ™‚ salam kenal yahh mba πŸ™‚

  8. THANKS BANGET INFONYA kebetulan cekaliii summer tahun ini mau kesanaaaa…. abis warsawa terus ke krakow. doakan aku yaaa. kira2 ada ga info wisata ke krakow?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: