Merokok Pun Sudah Dibatasi di Polandia

Pada Februari 2006, Pemda Jakarta sudah mengeluarkan larangan merokok di tempat-tempat umum. Saya masih ingat waktu itu banyak pro-kontra yang muncul, dimana sebagian besar pihak menilai perda tersebut belum dapat diimplementasikan secara efektif. Well.. saat ini usia aturannya sudah 5 tahun, ada yang bisa sharing bagaimana pelaksanaannya sekarang?

Di Polandia sendiri, merokok pun sudah dilarang di tempat-tempat umum. Larangan ini berlaku untuk seluruh Polandia lho, bukan cuma di ibukotanya. Namun bedanya dengan Jakarta, larangan ini baru berlaku efektif tanggal 15 November 2010 (masih gres, baru tahun lalu). Polandia menjadi negara anggota Uni Eropa ke-11 yang memberlakukan aturan ini setelah Inggris, Irlandia, Belanda, Perancis, Italia, Slovenia, Latvia, Swedia, Finlandia dan Bulgaria. Kabarnya aturan ini adalah tindak lanjut dari inisiatif Uni Eropa yang akan memberlakukan pembatasan merokok di semua kawasannya paling lambat tahun 2012.

Larangan merokok ini berlaku penuh untuk semua tempat-tempat umum seperti rumah sakit, sekolah, tempat rekreasi, taman, klub olahraga, stasiun, kendaraan umum, taksi, dll. Untuk restoran, bar, pub, cafe dan klub malam yang biasa dipenuhi oleh asap rokok, pemilik tempat tersebut harus menyediakan ruangan khusus untuk merokok yang terpisah oleh sekat dan mempunyai ventilasi memadai. Jika tidak dapat menyediakan smoking room khusus seperti itu, maka seluruh tempat tersebut dinyatakan sebagai non-smoking area.

Sama seperti di Jakarta, di Polandia pun timbul pro dan kontra menyambut regulasi ini. Menurut para pemilik pub atau klub malam, membangun ruangan merokok khusus dapat menghabiskan dana 20 – 50 ribu zloty. Sementara kalau ketahuan melanggar aturan ini, yaitu dengan memperbolehkan pelanggannya merokok di area non-smoking atau tidak menempel tanda “Zakaz Palenia” (dilarang merokok) pada area tsb, sang pemilik akan dikenai denda 2000 zloty. Bagaimana dengan rakyat Polandia-nya sendiri? Kabarnya ada 9 juta orang Polandia (hampir 1/4 populasinya) yang merupakan perokok aktif yang bisa menghabiskan 15-20 batang rokok per hari. Namun hasil survey menunjukkan mayoritas menyambut baik pembatasan merokok ini.

Jadi.. untuk para perokok yang mau berkunjung ke Polandia, sebaiknya dipatuhi ya aturan ini. Jika ketangkap basah merokok di tempat umum akan dikenai denda 500 zloty (setara US$170).

Iklan

Posted on Februari 28, 2011, in Budaya, Kesehatan, Pemerintahan and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: