Tips Memberikan Tip di Polandia

Ini catatan kecil saya mengenai hal memberikan tip untuk pelayan restoran atau cafe di Polandia:

  • Memberikan tip bukanlah suatu keharusan di Polandia. Sama seperti di Indonesia, kalau kamu merasa puas dengan pelayanan yang baik di suatu restoran atau cafe, boleh-boleh saja kamu memberikan tip untuk pelayannya. Berapa jumlah tip yang pantas? Yaitu 10% dari tagihan. Tapi jangan lupa perhatikan dulu tagihan atau bon yang kamu terima. Ada beberapa restoran yang sudah memasukkan service charge di dalamnya dan umumnya senilai 10%, dalam hal ini terlepas dari puas-nggak-puasnya ya kamu sudah memberikan tip untuk pelayannya.
  • Sebaiknya jangan dulu bilang “terimakasih” sewaktu kamu menyerahkan uang untuk membayar tagihan. Hal ini umumnya diartikan pelayan atau pramusaji di Polandia kalau semua kembalian uangnya kamu berikan sebagai tip bagi mereka. Bilang terimakasih-nya sebaiknya setelah kamu menerima uang kembalian. Sesudah itu, jika kamu ingin, silakan memberikan tip. Oh ya, kalau mau bilang terimakasih dalam bahasa Polandia: “Dziekuje” (dibacanya “jingkuye”).
  • Tip juga sebaiknya diberikan langsung ke pelayan atau pramusaji yang kamu anggap telah memberikan pelayanan yang bagus. Untuk orang asing, biasanya sih pelayan yang bagus akan turut membantu menjelaskan atau memilihkan menu dengan berbahasa Inggris. Sekedar info, upah pelayan restoran atau cafe di Polandia lebih rendah dibandingkan di Eropa Barat, jadinya mendapatkan tip langsung dari customer pastinya akan membantu pemasukan mereka.
  • Jangan kaget ya kalau pelayan atau pramusaji di Polandia umumnya tidak seramah di Indonesia. Mau di restoran kelas atas maupun kelas emperan, mukanya sama aja datarnya kalau menyambut tamu. Sebenarnya pelayanannya sih oke-oke saja, tapi yang namanya senyum.. duh, kayaknya diirit-irit banget! Jadi kalau ada pelayan yang pelayanannya bagus, bisa berbahasa Inggris dan ramah pula, nah.. cocok tuh dikasih tip.
  • Untuk tip bagi pelayan hotel, tergantung standar hotelnya. Biasanya antara 5 – 20 zloty. Uang 5 zloty itu cuma ada dalam bentuk koin lho. Jadi kalau mau kasih tip dalam bentuk uang kertas (supaya lebih bergengsiย  mungkin? :)), mulai dari 10 zloty.
  • Untuk supir taksi di Polandia, biasanya tidak diberikan tip. Paling kalau bayar uang taksi dibulatkan ke atas. Jadi kalau kamu kasih tip ke mereka, pastinya mereka akan kaget dan senang.
Iklan

Posted on Maret 2, 2011, in Budaya, Keuangan, Wisata and tagged , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. halo mbaa,, aku mau nanya2 nih tapi bingung kemana. jadi komen disini ๐Ÿ™‚
    blog nya bagus sekali banyak memberikan inspirasi ๐Ÿ˜€
    aku ada rencana untuk ke poland, tapi ke krakow.
    krakow termasuk kota besar atau bagaimana? dari warsawa jauh atau ga? aku butuh informasi tentang krakow yang google tidak bisa jawab..ehehe
    makasiih mbaaa ๐Ÿ˜€

    • Hai Nessa,

      Butuh info tentang Krakow ya? Okay deh, nanti saya buat post catatan tersendiri tentang Krakow, as it might be too long to put here in the comment section. Thanks for your question and visit to my blog! Salam hangat.

  2. waaah mau dibuatkan sendiri post tentang krakow? makasiih mbaaa ๐Ÿ˜€
    saya tunggu yaa
    tapi nanti masih boleh nanya-nanya kan mungkin lewat email atau yang lain? ๐Ÿ™‚

  3. makasih mbak atas infonya, semoga bermanfaat kalo saya ke polandia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: