Susahnya Mendapatkan Tiket EURO 2012

Saya bukan penikmat sepakbola sejati. Hanya ketika Piala Dunia saja saya mau bela-belain mantengin TV hampir setiap hari dan menyaksikan 22 orang laki-laki mengejar-ngejar bola di lapangan. Turnamen sepakbola lainnya tidak saya ikuti. Namun Piala Eropa 2012 atau Euro 2012 mau tak mau menarik perhatian saya. Yap, tak lain dan tak bukan karena Euro 2012 akan diadakan di Polandia dan Ukraina!

Logo Euro 2012 - Poland and Ukraine

Turnamen sepakbola Euro 2012 atau yang nama lengkapnya 2012 UEFA European Football Championship memang event maha penting bagi Polandia (dan Ukraina juga tentunya). Ada 4 kota di Polandia yang akan menjadi host cities yaitu Warsawa, Gdansk, Poznan dan Wroclaw (semuanya kota-kota besar di Polandia).

Pertandingan pembukaan atau Opening Match akan diadakan di Stadion Narodowy di Warsawa, Polandia pada tanggal 8 Juni 2012 (Wahh, kebayang pasti ruamaai banget! Stadion tersebut letaknya dekat dengan lokasi KBRI Warsawa lho). Sementara pertandingan di Ukraina juga akan mengambil tempat di 4 kota yaitu Lviv, Kharkiv, Donetsk and Kyiv. Pertandingan final Euro 2012 sendiri akan berlangsung pada tanggal 1 Juli 2012 di Olimpiysky National Sports Complex di Kyiv, ibukota Ukraina.

Sejak Polandia dan Ukraina terpilih sebagai host Euro 2012 pada bulan April 2007, kedua negara tersebut langsung berbenah dengan membangun dan merenovasi stadion sepakbola di host cities mereka sesuai standar UEFA. Lihat saja pembangunan Stadion Narodowy (Stadion National) di Warsawa yang sampai sekarang belum selesai. Demi membangun Stadion Nasional ini, bazar rakyat “Jarmark Europe” di area sekitar Stadion pun telah digusur pada pertengahan tahun 2010. Para pedagangnya pun terpaksa pindah ke pusat grosir Marywilska 44 di pinggir Warsawa sana.

Stadion Narodowy di Warsawa yang masih belum selesai dibangun. Foto diambil Januari 2011.

Tiket nonton Euro 2012 sudah dijual sejak awal bulan Maret ini melalui situs resmi UEFA Euro 2012. Heboh ya, beli tiket pertandingan Piala Eropa ternyata sudah harus setahun sebelumnya! Gimana tiket Piala Dunia? Untuk membeli tiket Euro 2012 ini, kita harus membuat akun terlebih dahulu pada portal tiket di situs UEFA tersebut. Mumpung lagi tinggal di sini, pada minggu pertama bulan Maret 2011 saya dan suami pun tak mau ketinggalan mendaftar untuk memesan tiket tersebut. Namun ya ampunnn… susaaaah banget nembusnya! Proses pengisian data sebagai calon pembeli sih berjalan cukup lancar (data yang diminta termasuk nomor pasport segala lho). Tapi tunggu punya tunggu, kok sampai sekarang belum juga mendapatkan email konfirmasi bahwa sudah terdaftar. Wah kenapa macet begini nih.. Katanya nggak pakai sistem “first come first served“. Katanya tersedia 1,4 juta tiket yang siap dijual untuk 31 pertandingan di turnamen Euro nanti. Katanya setiap calon pembeli punya probabilitas yang sama selama bulan Maret ini. Katanya, katanya..

Ternyata berita resmi dari situs UEFA mengatakan bahwa 10 hari dari sejak dimulainya penjualan tiket Euro 2012, EUFA sudah mendapat permintaan tiket sebanyak 2 juta buah dari seluruh penjuru dunia. Sekitar 700 ribu orang dari 178 negara sudah membuat akun di situs UEFA sehingga bisa ditebak, demand sudah melebihi supply (oversubscribed). Hal ini berarti akan diadakan lotere pada bulan April untuk menentukan alokasi tiket bagi pertandingan yang sudah oversubscribed tersebut. Dan siapakah para ‘pemborong’ tiket Euro 2012 ini? Ternyata 90% pemesan tiket berasal dari penduduk Polandia dan Ukraina itu sendiri! Taeelaahh.. nggak jauh-jauh. Hal ini memang bisa dimaklumi, apalagi sepakbola memang olahraga yang paling terkenal di Polandia.

Delapan Host Cities di Polandia dan Ukraina untuk Euro 2012.

Berapa sih harga tiket nonton Euro 2012? Berkisar antara 30 – 600 Euro. Untuk nonton Opening Match di Warsawa, harga tiketnya sesuai kelas/kategori: Kategori 1 €250 Kategori 2 €140 Kategori 3 €45. Sementara untuk nonton Final Match di Kyiv, harga tiketnya jelas lebih mahal: Kategori 1 €600 Kategori 2 €330 Kategori 3 €50. Itu adalah harga tiket untuk tipe Individual Match (untuk nonton satu pertandingan saja). Saya sih sebenarnya ngincar yang paling murah aja alias kategori 3. Lokasi duduknya? Pas di belakang gawang, hahaha… pantesan bisa paling murah ya!

Tipe tiket lainnya adalah Follow My Team dan Venue Series. Tipe tiket Venue Series ini lah yang paling banyak diburu oleh para penduduk Polandia karena dengan jenis tiket ini, kita bisa nonton semua pertandingan yang mengambil tempat di stadion tertentu. Bisa ditebak, tiket venue series yang sudah ‘virtually sold out’ adalah untuk Warsawa dan Kyiv.

Jadi apakah Polandesian akan bisa nonton Euro 2012 di Warsawa? Hmm.. melihat perkembangan yang ada, saya sebenarnya pesimis sih. Ternyata kecil ya kemungkinan untuk bisa mendapatkan tiketnya. Tapi paling tidak saya turut merasakan gegap gempita kota ini menyambut datangnya Piala Eropa, termasuk memborong suvenir kibica (supporter olahraga) di Polandia yang didominasi warna merah-putih. Ingat kan warna bendera Polandia sama dengan Indonesia? Lumayanlah, mungkin bisa dipakai juga kalau mendukung team Indonesia melawan negara lain hehehe…

Topi-topi seru para suporter (kibica) Polandia yang didominasi warna putih dan merah

Posted on Maret 28, 2011, in Olahraga and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. nah, kalau seandainya ada pertandingan Indonesia vs Polandia, gimana ngebedain suporternya? aksesorisya aja (yg di gambar) ada yg sama persis dgn yg dipakai Indonesia saat piala AFF 2010.

    • Hehehe… pernak-pernik suporter Polandia banyak kok yang bertulisan “POLSKA” atau ada gambar Elang Putih-nya (lambang negara Polandia). Tapi kalau orangnya buta huruf atau dilihat dari jauh, jadinya memang mirip deh dengan suporter Indonesia. Nggak tahu juga gimana jadinya kalau ada pertandingan Indonesia vs Polandia, mungkin dibedakan dari kulitnya hahaha… Yang pasti sih bakal rusuh banget.. soalnya suporter Polandia di sini juga fanatik sama team-nya. Trims sudah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: