Peringatan 1 Tahun Tragedi Smolensk

10 April 2010, dunia dikejutkan dengan berita kecelakaan pesawat yang menewaskan Presiden Polandia Lech Kaczyński, Ibu Negara Maria Kaczyńska, dan 94 penumpang lainnya termasuk beberapa pejabat militer Polandia, Presiden National Bank of Poland, Deputi Kementrian Luar Negeri, dan 12 anggota Parlemen Polandia. Pesawat yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan di Smolensk, Rusia ketika menuju acara peringatan 70 tahun peristiwa Pembantaian Katyń (dimana 22.000 orang Polandia dibunuh oleh Tentara Rusia di hutan Katyń) . Tidak ada penumpang yang selamat, dan tidak seorangpun yang siap dengan berita seburuk ini.

Untuk beberapa hari, waktu terasa berhenti di Polandia. Semua orang berduka, dimana-mana terlihat bendera Polandia dengan pita hitam, bunga dan lilin ditaruh di berbagai tempat terutama di depan Istana Kepresidenan (Presidential Palace). Sebenarnya sebelum peristiwa ini, suasana politik di Polandia sedang agak panas karena ada pertentangan antara kubu partai Kaczyński dengan partai lainnya. Namun selama minggu duka (Polandia menyatakan satu minggu penuh sebagai masa berduka resmi bagi seluruh negeri setelah tragedi ini, berbagai show dan pertandingan olahraga pun dibatalkan), saya merasakan sendiri bagaimana semua orang di Polandia bersatu dalam suasana belasungkawa. Suasana terasa begitu sendu, khidmat, dan orang-orang berusaha tabah.

Kini setahun berlalu. Pihak Rusia telah mengumumkan hasil investigasi tragedi Smolensk yang pada intinya menekankan bahwa penyebab kecelakaan adalah semata kesalahan manusia, yaitu dalam hal ini adalah sang pilot yang – atas tekanan pejabat lain di pesawat – memaksakan diri mendarat saat situasi kabut masih membahayakan. Laporan ini membuat 2/3 dari rakyat Polandia tidak puas, mereka menilai ada yang ditutup-tutupi, bertanya-tanya mengapa hanya pilot Polandia yang dipersalahkan, dan dimana peran pemerintah Polandia (karena investigasi lebih banyak dilakukan oleh pihak Rusia).

10 April 2011, peringatan 1 tahun tragedi Smolensk. Beberapa keluarga dan kerabat korban tragedi Smolensk beserta Ibu Negara Anna Komorowska khusus berziarah ke Smolensk untuk mengenang musibah ini. Sementara di Warsawa, peringatan dilakukan di 2 tempat: upacara resmi kenegaraan dilakukan di Makam Tentara Powązki (cmentarz wojskowy powązki) yang dihadiri oleh Presiden Polandia Bronislaw Komorowski, dan peringatan di depan Istana Kepresidenan (di dekat Warsaw Old Town) dimana Jaroslaw Kaczyński, saudara kembarnya Lech Kaczyński, menyalakan lilin kenangan dan menyampaikan orasinya.

Di bawah ini saya mau share beberapa foto suasana “Peringatan 1 Tahun Tragedi Smolensk” di depan Istana Kepresidenan tanggal 10 April 2011. Klik foto untuk melihat lebih jelas.

Suasana cukup ramai karena banyak juga orang yang datang (meskipun tentunya tidak sebanyak tahun lalu) dan ada panggung orasi, layar lebar yang menayangkan berita liputan Tragedi Smolensk, dan pameran foto tentang suasana pemakaman korban tragedi Smolensk tahun lalu. Fotonya bagus-bagus dan mengharukan, membuat kita terkenang tragedi pedih ini. Banyak yang membawa bendera putih-merah Polandia dengan pita hitam, dan juga membawa lilin untuk ditaruh di depan Istana. Pada acara ini, Istana dibatasi oleh pagar rintang dan dijagai oleh barisan Straz Miejska (yang memakai rompi hijau cerah), sehingga yang ingin menaruh lilinnya harus minta tolong kepada Straz Miejska tersebut.

Agar dapat view yang bagus dari depan Istana, saya pun naik ke atas panggung tempat banyak fotografer sedang bertugas. Seseorang kemudian memberikan saya foto Presiden Kaczyński dan istrinya. Mungkin karena dia melihat saya orang asing, dia pun berujar dalam bahasa Inggris “This is our President“. Di belakangnya ada 2 quote dari Presiden Kaczyński dalam bahasa Polandia; saya tidak mengerti penuh artinya, namun kira-kira “Jangan sampai kita melupakan sejarah”.

Saya merasakan suasananya tidak sesedih dahulu. Peringatan ini bukanlah saat kembali berduka, namun momen dimana rakyat Polandia mengenang tragedi nasional terburuk sejak mereka lepas dari komunisme dan menaruh hormat kepada para korbannya. Mereka tidak akan lupa. Pamiętamy. Smoleńsk 10.04.2010.

Iklan

Posted on April 11, 2011, in Pemerintahan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: