Di Sini atau Di Sana, Selalu Ada Buku di Depan Muka

Bukan rahasia lagi bahwa minat baca orang Indonesia terbilang sangat rendah. Bahkan fakta statistik menyebutkan bahwa budaya baca di Indonesia adalah yang paling rendah di antara 52 negara di Asia Timur. Ugh, this is definitely not a good news! Saya yakin orang Indonesia itu pintar-pintar, buktinya para pelajar Indonesia sering memenangkan Olimpiade Fisika atau lomba sains lainnya. Tetapi di lain pihak, tidak dapat dipungkiri bahwa mayoritas orang Indonesia lebih senang menonton film/TV atau ber-SMS-ria daripada membaca buku. Fenomena lain di daerah perkotaan sekarang ini, banyak orang yang kecanduan twitting/facebooking/BBM. Tidak salah lho memanfaatkan media jaringan sosial tersebut secara intensif, tetapi sangat disayangkan kalau karena keasyikan SMS, ngetwit atau update status FB, generasi mudanya jadi bisanya cuma berkomentar atau menuliskan kalimat-kalimat pendek yang superfisial. Sementara untuk terbiasa berpikir yang analitik, sistematis bahkan konseptual, mau nggak mau itu harus diasah dengan banyak membaca buku.

Di Polandia ini, saya cukup sering melihat ada orang Polandia yang sedang asyik membaca buku di kendaraan umum, di halte atau di taman. Tidak banyak dan tidak selalu, tapi setidaknya ada 1-2 orang di antara para penumpang bus atau metro yang sedang membaca buku. Umumnya yang dibaca adalah novel tebal atau buku teks kuliahan yang nggak kalah tebal, tetapi belum pernah saya lihat ada yang membaca komik🙂 Dari sini saya perkirakan, minat baca bangsa Polandia lebih tinggi dibandingkan orang Indonesia, tetapi masih kalah jauh dibandingkan budaya baca bangsa Jepang. Ini karena saya kemarin baca artikel tentang “Budaya Membaca di Jepang” di situs Baltyra (lihat di sini). Wah, salut deh dengan bangsa Jepang yang begitu mencintai buku, mulai dari anak-anak sampai kaum dewasanya.

Kampanya toko buku Empik untuk mempromosikan budaya membaca di Polandia. Photo credit: Empik (www.facebook.com/empikcom)

Sejak awal musim semi tahun ini, di depan toko buku Empik di Warsawa (Empik itu ibarat Gramedia-nya Warsawa) ada terpampang poster super besar yang bertuliskan “Tu czy tam, z książkÄ… zawsze Ci do twarzyyang berarti: Di sini atau di sana, selalu ada buku di depan muka”. Foto-foto di poster tersebut sangat menarik, menggambarkan orang-orang yang sedang asyik membaca buku di berbagai tempat: di tangga, di bangku taman, di atas kap mobil, di stasiun, di atas perahu, dll. Bisa ditebak, ini adalah kampanye untuk meningkatkan minat baca. Karena penggagasnya adalah Empik yang memang merupakan perusahaan distributor dan penjual buku, saya pikir hal ini lumrah-lumrah saja dan tidak ada yang terlalu istimewa. Tapi ternyata ada hal serius yang mendasari kampanye ini.

Bulan Februari 2011, Biblioteka Narodowa (Perpustakaan Nasional) di Polandia menerbitkan laporan survey tahun 2010 mengenai budaya baca di Polandia. Bagus hasilnya? Wah, surprisingly low! Berdasarkan laporan tersebut, meskipun orang-orang Polandia melek huruf tetapi ternyata minat baca di Polandia terbilang rendah! Sebanyak 56% orang Polandia tidak suka dan tidak sedang membaca buku apapun, bahkan 46%-nya enggan untuk sekedar membaca artikel atau cerita pendek. Yang memprihatinkan, 20% dari kelompok tidak doyan membaca ini adalah orang-orang yang berpendidikan tinggi alias lulusan universitas.

Intinya, hanya 44% dari penduduk Polandia yang mau membaca (media bacaan di sini termasuk e-book dan artikel/referensi di internet). Bandingkan dengan hasil survey di Republik Ceko yang tingkat membacanya mencapai 83% dan di Perancis 69%.  Laporan lebih lengkapnya bisa dilihat di situs Biblioteka Narodowa di sini.

Asyik Membaca di Tepi Sungai Vistula: Gadis ini jelas termasuk kelompok 44% orang Polandia yang gemar membaca. Di tepi sungai Vistula yang membelah kota Warsawa, dengan serius dia tetap melanjutkan bacaannya. Tak terusik dengan orang-orang di sekitarnya, termasuk saya, yang sedang antri menunggu tramwaj wodny di Festiwal Wisła. Foto diambil oleh Polandesian di tepi Sungai Vistula di Warsawa, 21 Mei 2011.

Posted on Juli 6, 2011, in Budaya, Pendidikan, Photo of the Day and tagged , , , . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. Halo Elice,

    apa kabar…?
    Memang benar, orang-orang Polandia yang saya lihat kemarin-kemarin gak ada yang melakukan aktifitas dengan ber-HP apalagi ber-BB, kebanyakan sih ya membaca buku atau mendengarkan musik melalui headphone. Adapun HP yang mereka pakai (yang saya lihat sih orang tuanya) masih pake HP yang sederhana alias bukan qwerty, keknya cuma bisa sms sama call doang.
    Tapi ada kok orang Polandia yang baca komik, remaja lelaki baca majalah bergambar Scooby Doo itu saya lihat waktu sama-sama lagi nunggu bis di halte sekitar Old Town.. hehehe…

    • Masalah HP untuk orang tua, nah.. di sini memang ada tuh yang namanya “HP Dla Seniora” alias “HP untuk Lansia”. Itu hp-nya besar (hampir sebesar walky-talky kali :)), key pad angkanya buesar-besar bgt (dari jauh juga kelihatan deh angkanya, bayangin aja font size 26), dan layarnya pun cukup besar tetapi hanya untuk menampilkan 1 baris aja. Jauh dari stylish, tapi fungsional banget untuk orang-orang yang kondisi matanya sudah susah lihat tulisan kecil-kecil🙂
      Dan memang di Polandia ini banyak yang masih pakai hp jadul (keluaran lama), apalagi anak-anak usia sekolah. Seadanya banget, yang penting fungsinya. Jadi untuk urusan hp, orang-orang Eropa ternyata kalah gaya ama Indo hahaha…

  2. kagum dengan minat baca negara-negara Eropa dan terutama Jepang. Di Polandia saja meski terkadang melihat orang asyik membaca, eh, ternyata minat baca di sana tergolong rendah. wow ! miris dengan keadaan di Indonesia.

  3. saya suka foto orang membacanya🙂

    waaaahhh,,ternyata penduduk di negara maju lebih sibuk dengan buku daripada mengup-date gadget mereka,,*salut

  4. Ass… yg membaca buku santai buangat dipinggir sungai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: