Bebek Panggang Pakai Apel

Kalau mampir di restoran yang menyajikan makanan Polandia (kuchnia Polska),  pasti ada menu ini. Ini memang salah satu resep makanan khas Polandia. Nama kerennya “Kaczka Pieczona z Jabłkami” yang artinya “Bebek Panggang dengan Apel”. Kadang-kadang menu ini disebut juga “Kaczka w Jabłkach”, kaczka (dibacanya: kachka) berarti bebek dan jabłka (dibacanya: yabuka) berarti apel.

Pada saat musim panas, banyak restoran lokal di area Kota Tua Warsawa yang mengandalkan menu ini untuk menarik minat para turis. Tulisan Roasted Duck with Apples pun menghiasi besar-besar papan menu di depan restoran, seperti yang bisa dilihat di foto ini.

Konon menu ini adalah makanan pilihan untuk kalangan kerajaan dan kaum aristokrat zaman dulu. Sausnya saja dibuat khusus dari buah cranberry segar (atau dari buah segar lainnya), lalu disajikan di dalam apel, unik deh. Kabarnya pula bebek panggang ini terasa semakin nikmat bila didampingi dengan segelas anggur merah. Belum lagi harganya yang memang relatif mahal (sekitar 40 – 60 Zloty). Tidak salah kan ketika ada kesempatan, saya tergiur ingin mencobanya. Sebelum makan, tampilannya saya foto dulu pakai kamera ponsel.

Kaczka Pieczona z Jabłkami, si bebek panggang ala Polandia. Dimakan dengan saus cranberry dan apel.

Wajib diketahui, porsi makanan di restoran Polandia itu besar-besar! Keluar dari restoran, perasaannya antara kenyang dengan keblinger, hahaha… Jadi kalau memang nggak ingin makan banyak, lebih baik skip saja appetizer atau dessert-nya. Nah, si bebek panggang ala Polandia ini juga termasuk yang gede banget, ukurannya satu paha full. Jangan tertipu sama foto ya, itu kelihatannya saja kecil karena piringnya jauh lebih besar daripada piring makan biasa. Selain si paha bebek, menu ini dilengkapi dengan salad beetroot ungu dan kentang panggang, komplit deh. Cocok buat yang hobi makan dan sebaiknya dihindari untuk yang sedang diet🙂

Rasanya gimana? Nah, ini pertanyaan yang jawabannya subyektif banget. Makanan ini populer banget di kuliner Polandia, jadi rakyat sini pastinya pada suka makanan ini. Tapi karena ini blog saya, allow me to be honest that I did not enjoy this expensive meal.. Daging bebeknya memang lembut, tetapi kurang tasty untuk selera Asia. Kulit dagingnya agak basah, yang berarti kurang crispy di lidah saya. Saus cranberry-nya segar dan manis, tetapi jadi aneh untuk saya menikmati daging dengan saus manis. Dan tambah ilfil karena porsinya buesar! Jadi bisa kebayang kan makan makanan yang kurang dinikmati tetapi kok ya nggak habis-habis? Hahaha..

Posted on Juli 8, 2011, in Kuliner, Photo of the Day and tagged , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. harganya berapa ya??

  1. Ping-balik: Mari Mencoba Makanan Khas Polandia « Catatan-catatan kecil tentang Polandia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: