Bisa Pergi Tak Bisa Pulang

Pernah nonton film “The Terminal” yang dibintangi Tom Hanks? Film yang disutradai Steven Spielberg tahun 2004 itu bercerita tentang seorang laki-laki dari negara Eropa Timur (diperankan oleh Tom Hanks) yang terpaksa berbulan-bulan terlantar di airport JFK di New York karena mau masuk Amerika tidak boleh, sementara pulang ke negaranya pun tidak bisa. Buah simalakama ini muncul karena di negara asalnya mendadak terjadi revolusi atau civil war.

Ternyata Polandia juga punya sosok nyata yang agak-agak mirip dengan sosok Tom Hanks di fim “The Terminal” itu. Minggu lalu, media massa di Eropa ramai memberitakan tentang Robert Parzelski, seorang laki-laki Polandia berumur 44 tahun, yang terpaksa luntang-lantung selama 18 hari di Bandara Sao Paulo di Brazil. Parzelski tidak mempunyai tiket pulang, tidak membawa uang, dan karena dia sama sekali tidak bisa berbahasa Portugis maupun berbahasa Inggris dengan baik, yang bisa dia ucapkan hanyalah “I’m Poland” apabila ada staf bandara yang bertanya tentang dirinya. Parzelski yang semakin hari semakin lusuh pun bisa bertahan hidup karena belas kasihan beberapa pekerja di bandara tersebut yang membantunya dengan memberikan makanan, rokok atau bahkan sebotol vodka.

Robert Parzelski, Tom Hank-nya Polandia yang terdampar 18 hari di Bandara Sao Paulo, Brazil. Klik foto untuk menuju situs sumber beritanya. Photo credit: http://www.fakt.pl

 Berita mengenai Parzelski mulai terangkat setelah para jurnalis Brazil yang tertarik dengan kisah dirinya membawa seorang dokter Polandia yang tinggal di Brazil sebagai penerjemah. Ternyata Parzelski, seorang bapak 5 anak dari Krakow yang saat ini sedang menganggur dan tinggal di London, menerima sebuah tiket sekali jalan (yap, one-way ticket only) dari temannya untuk datang ke Sao Paulo guna mengambil 2 set telepon dari seseorang. Namun ternyata orang tersebut tidak datang-datang dan jadilah Parzelski terdampar di bandara sendirian tanpa bekal apapun.

Sayangnya, team jurnalis-penerjemah tersebut tidak bisa mendapatkan keseluruhan cerita kepergian Parzelski ini dengan jelas. Akhirnya diputuskanlah untuk memanggil konsul Polandia di Brazil guna membantu warganya yang terlantar ini.  Minggu lalu, Parzelski akhirnya bisa dipulangkan via pesawat. Namun masih ada misteri yang menggantung di kisah ini, karena sampai sekarang tidak ada seorang pun yang tahu persis apa sebenarnya yang diinginkan dengan 2 set telepon yang akan diambil oleh Parzelski itu? Ini memang kisah yang aneh, tetapi nyata…

Posted on Juli 12, 2011, in Berita Unik and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: