58.000 Tempat Duduk dan 965 Toilet

Sudah tahu kan bahwa turnamen sepakbola EURO 2012 akan diadakan di Polandia dan Ukraina? Sebagai co-host Piala Eropa yang bergengsi ini, Polandia tampaknya benar-benar serius dalam melakukan konstruksi stadion nasionalnya agar layak sebagai arena pertandingan sepakbola kelas dunia. Yap, pada tanggal 8 Juni 2012, pertandingan pembukaan EURO 2012 akan diadakan di Stadion Narodowy (Stadion Nasional) di Warsawa, Polandia.

Pembangunan Stadion Narodowy ini sudah dimulai sejak tahun lalu, tepatnya pada tanggal 17 Februari 2010 dengan rencana konstruksi memakan waktu total 500 hari. Stadion ini direncanakan menjadi stadion yang terbesar di Polandia dan dilengkapi dengan movable roof yang berstruktur canggih. Lokasinya pun strategis, yaitu di tepi sungai Vistula dekat Centrum (pusat kota) dan mudah dicapai dengan kendaraan umum. Alamat resminya di ul. Zieleniecka 1, tapi kalau mau ke sini, lebih dekat turun di halte Rondo Waszyngtona (bus no 111, 117, 158, 166, 507, 517, 512 dan tram no 7, 8, 9, 22, 24, 25).

Sempat Terbengkalai dan Jadi Pasar Rakyat Eropa

Sebenarnya di lokasi ini dulu sudah ada stadion sepakbola, namanya Stadion Dziesięciolecia atau sering disingkat Stadion X-Lecia (artinya “10th Anniversary Stadium”) yang berdiri pada tahun 1955. Berbagai pertandingan olahraga besar sempat diadakan di sini. Namun sejak tahun 1983, stadion tersebut tidak lagi dipakai sebagai tempat pertandingan dan menjadi terbengkalai, tidak ada upaya untuk memperbaikinya karena biayanya dianggap terlalu besar dan tidak profitable. Lima tahun kemudian (tahun 1989), area stadion pun disewakan sebagai area pasar rakyat terbesar di Eropa Tengah dan Timur dimana ada lebih dari 5000 pedagang yang berjualan di sini. Nama resminya pasar “Jarmark Europa” dan dikelola oleh perusahaan dagang Damis. Saya sempat mengalami langsung pasar rakyat Eropa ini, wah, benar-benar berjubel seperti pasar Tanah Abang di Jakarta tempo dulu. Selain orang Polandia, banyak juga orang Vietnam dan orang kulit hitam yang berdagang di sini. Yang dijual macam-macam: dari pakaian, sepatu, bahan makanan, sampai alat-alat rumah tangga dan elektronik. Makin seperti pasar karena tempat dagangannya ala kios dan tenda-tenda, plus sangat dimungkinkan untuk tawar-menawar, hahaha… Baru pada tahun 2007, pemerintah Warsawa mengambil keputusan untuk membangun Stadion Nasional di lokasi ini sehingga pasar ini pun digusur ke tempat lain, tepatnya pindah ke Marywilska 44  yang terletak di pinggir Warsawa.

Sejak awal, pembangunan stadion ini memang telah menarik perhatian banyak orang. Sepakbola memang merupakan olahraga paling populer di Polandia dan tentu saja masyarakat di sini mendambakan stadion sepakbola megah yang bisa dibanggakan. Stadion Narodowy ini direncanakan baru selesai tuntas pada tanggal 30 November 2011. Jadi maklum saja kalau sampai  sekarang (Juli 2011) kondisinya masih setengah jadi. Lihat saja, meskipun facade depannya yang bermotif putih-merah sudah jadi, namun gerbang masuknya belum terpasang, hehehe…

Open House Pertama Stadion National di Warsawa

Mungkin karena mempertimbangkan animo masyarakat yang begitu besar, pada hari Minggu, 24 Juli 2011 yang lalu, stadion ini dibuka untuk umum. Publik dipersilakan masuk secara bebas untuk melihat-lihat interior atau bagian dalam dari stadion ini. Untuk saya yang sedang tinggal di Warsawa (dan tidak berhasil mendapatkan tiket nonton EURO 2012 hehehe), ini sebuah kesempatan yang sayang kalau disia-siakan.

Jadilah hari itu, berbondong-bondong dengan ribuan orang lainnya yang sama-sama penasaran, saya memasuki Stadion Narodowy w Warszawie. Suasana benar-benar ramai, mulai dari bayi hingga kakek-nenek pun turut mengunjungi stadion ini. Khusus untuk kesempatan ini, salah satu sektor tribun pun dibuka agar pengunjung dapat mengambil tempat duduk dan menguji pemandangan dari tribun tersebut. Warna kursinya didominasi dengan merah dan sedikit abu-abu (bukan putih). Di tengah-tengah stadion, ada layar LCD super besar untuk menyiarkan tayangan pertandingan. Juga ada pameran foto yang menampilkan foto-foto sejarah Stadion X-Lecia dan tahap-tahap konstruksi stadion ini sejak tahun lalu hingga kini. Dimana-mana saya lihat orang-orang menyempatkan diri untuk berfoto dan mencoba tempat duduk di tribun. Suasana pun makin hiruk pikuk karena ada sebagian pengunjung yang bernyanyi lagu march keras-keras atau meneriakkan yel-yel “Polska!”. Ah, bisa ditebak bahwa mereka adalah fans fanatik sepakbola Polandia.

Sejujurnya buat saya, stadion ini tidak terlalu berkesan. Memang besar dan baru, tetapi ya sama-sama saja seperti layaknya stadion sepakbola umumnya hehehe… Malah karena belum selesai di-furnished, belum ada rumput di lapangannya. Namun tak urung saya kagum juga membaca statistik stadion ini: akan ada 58.000 tempat duduk di tribun, 965 toilet, 1.758 tempat parkir, dan 110 tempat duduk untuk orang cacat. Total luas area stadion (termasuk area parkirnya) sebesar 18 ha, sementara luas bangunannya sendiri 204.000 m2 dengan tinggi atapnya mencapai 112 m. Kabarnya biaya pembangunan stadion ini mencapai 1.569 juta PLN (sekitar 5 trilyun rupiah).

Open house stadion ini diadakan dari pukul 10 pagi hingga 6 sore. Dari situs resmi stadion (www.stadionnarodowy.org.pl), dikabarkan total ada 75 ribu pengunjung pada hari itu sehingga pengelola pun berencana mengadakan Sunday Walk seperti ini lagi di bulan September. Mari kita lihat nanti apakah di bulan September sudah ada rumput tumbuh di sini 🙂

Iklan

Posted on Juli 29, 2011, in Olahraga and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. HAHA! Saya kalo ingat stadion nasioanal ini hanya mau ketawa. Sebelum balik Indonesia, saya sempat meniatkan diri “HARUS’ bisa melihat stadion ini secara langsung. Alhasil, pas nyampe di lokasi tempat ini masih dalam masa penyelesaian konstruksi 😀 Tapi tetap deh! Kapan lagi saya kesana (segera mint tolong teman untuk memotret saya di depan stadion itu), agak norak sih! (emang gw pikirin.. haha) 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: