Apaan Sih Pn-Pt, So-Nd?

Masih berhubungan dengan waktu. Di catatan sebelumnya, saya sudah menuliskan tentang arti nama-nama bulan dalam bahasa Polandia. Kali ini adalah lanjutannya, yaitu nama-nama hari (days of the week). Sama seperti nama bulan, nama hari dalam bahasa Polandia juga dimulai dengan huruf kecil, bukan huruf kapital seperti bahasa Indonesia. Asal muasal katanya juga hampir semuanya berasal dari kata Polandia sendiri dan seringkali menunjukkan posisi atau urutan hari tersebut dalam seminggu.

Di bawah ini adalah catatan saya tentang nama-nama hari dalam bahasa Polandia, singkatan dan etimologinya. Saya tampilkan juga singkatannya karena umumnya jadwal perjalanan atau keterangan hari buka toko memakai singkatan Jadi kalau ditulis “Pn-Pt” itu maksudnya Senin-Jumat, sementara “So-Nd” ya Sabtu-Minggu. Di antara semuanya, saya paling suka arti dari hari Minggu dalam bahasa Polandia, it makes me smile🙂

Indonesia Polandia Cara bacanya Singkatan Asal Muasal Kata (Etimologi)
Senin poniedziałek

(ponijawek)

pn.

Dari kata po yang berarti “setelah” dan niedziela yang berarti “hari Minggu”, jadi maksudnya: setelah hari Minggu (ya hari Senin kan? :))
Selasa wtorek

(wtorek)

wt.

Dari kata wtory yang berarti “kedua”, jadi maksudnya: hari kedua.
Rabu środa

(sroda)

śr.

Dari kata w środku yang berarti “di tengah-tengah”, jadi maksudnya: tengah minggu.
Kamis czwartek

(chvartek)

cz.

Dari kata czwarty yang berarti “keempat”, jadi maksudnya: hari keempat.
Jumat piątek

(piongtek)

pt.

Dari kata piąty yang berarti “kelima”, jadi maksudnya: hari kelima.
Sabtu sobota

(sobota)

so.

Dari kata Yahudi Sabbath, dimana hari Sabat pada tradisi Yahudi jatuh pada hari Sabtu. Dalam bahasa Spanyol, hari Sabtu disebut Sobado, kata tersebut juga berasal dari kata Sabbath.
Minggu niedziela

(niejela)

nd.

Dari kata nie yang berarti “tidak” dan działać yang berarti “bekerja”, jadi maksudnya: tidak bekerja. Setuju, esensi hari Minggu adalah istirahat, alias no work!🙂

Posted on Agustus 5, 2011, in Bahasa and tagged , , . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. terima kasih atas blog-nya yang bermanfaat…
    saya sekarang sedang belajar Polish, tapi cukup sulit untuk mendapatkan buku2 tentang Polandia di Indonesia. >.<

    • belajar dimana mbak?saya juga pengen belajar bahasa polandia, terimakasih

      • Halo Martha,

        Sekarang kan saya masih di Warsawa, jadi di sini saya sempat kursus bahasa Polandia untuk orang asing dan selanjutnya lewat buku-buku aja. Sampai sekarang juga nggak lancar kok bahasa Poland-nya, level basic banget deh. Malah lama kelamaan makin mundur jadi pre-basic, soalnya di sini temanan sama orang Polandia yang bisa bahasa Inggris ya ngomong bahasa Inggris aja hahaha…

        Kalau di Indonesia setahu saya sih belum ada yang menyelenggarakan kursus bahasa Polandia. Lah, orang Polandia di Indonesia juga sedikit banget, cuma 100-an orang, dan nggak punya juga Cultural Center kayak CCF-nya Prancis atau Goethe-nya Jerman. Jadi ya.. belajar otodidak aja lewat buku-buku atau internet. Kalau temanan atau pacaran sama orang Polandia? Ah, dari yang saya perhatikan sih, biasanya orang Polandia malah senangnya ngobrol pakai bahasa Inggris sama pacarnya yang orang Indonesia. Nanti kalau kamu sampai nikah sama orang Polandia dan tinggal di Polandia sini, nah barulah kamu terkondisikan (aka terpaksa keadaan) harus serius belajar bahasa Polandia. Soalnya di sini ternyta nggak banyak yang bisa bahasa Inggris.

        Tapi salut deh kalau kamu tertarik belajar bahasa yang sulit ini! Jangan patah semangat ya…🙂

  2. Wah, bener itu saya juga lagi mencoba belajar bahasa Poland susah di Jakarta. Punya temen orang Poland juga dia ngomongnya terus2an pake bahasa Ingris.

    Boleh dong saling berbagi belajar bersama? walau berjauhan bisa tuker2 informasi. Pengen juga jalan2 kesana dalam waktu dekat.

  3. maaf Mbak, saya pengen tau juga bagaimana dengan kehidupan di Polandia
    kalau boleh, kasih gambaran ya Mbak
    thx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: