Jadi Yang Lebih Bagus Adalah…

Selama tinggal di Polandia (2008-sekarang), tidak banyak saya temui mahasiswa Indonesia yang sedang berkuliah di sini. Tidak banyaknya memang benar-benar sedikit lho, hitungannya tidak sampai 10 jari. Umumnya mereka ke sini karena mendapatkan beasiswa S2/S3 atau sedang menjalani program semacam pertukaran pelajar (student exchange). Karena bahasa Polandia terkenal sulit, saya sempatkan bertanya ke mereka “Saat berkuliah atau mengerjakan thesisnya pakai bahasa pengantar apa”? Ah, ternyata dalam bahasa Inggris.

Di Polandia sampai saat ini memang tidak ada PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia). Jelas ini karena jumlah pelajar Indonesia di Polandia memang tidak signifikan. Padahal nyebrang sedikit ke negara tetangga yaitu Jerman, banyak sekali pemuda-pemudi Indonesia yang sedang menuntut ilmu di sana. Menurut data statistik, ada sekitar 2.400 pelajar Indonesia di Jerman untuk tahun akademik 2009/2010, dan banyak di antara mereka berkuliah dengan bahasa pengantar bahasa Jerman. Begitu pula dengan Belanda, jumlah pelajar Indonesia di sana pada tahun akademik 2009/2010 ada sekitar 1.250 orang dan tidak jarang mereka kuliah memakai bahasa Belanda. Jadi menurut saya, kendala bahasa lokal bukanlah alasan utama mengapa Polandia tidak menjadi salah satu negara tujuan pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Dari situs apasih.com (sumber sebenarnya dari Kaskus, tetapi entah kenapa thread-nya sudah menghilang), kita bisa tahu 10 negara favorit tujuan pelajar Indonesia. Negara-negara tersebut adalah:
1. Amerika Serikat
2. Australia
3. Singapura
4. Malaysia
5. Jerman
6. Jepang
7. Inggris
8. Belanda
9. Mesir
10. Cina

Dari daftar tersebut kelihatan kan, bahwa pendidikan di Polandia dan negara-negara Eropa Tengah dan Timur lainnya belum dilirik oleh mahasiswa Indonesia. Boro-boro dilirik, dikenali juga belum tentu. Padahal salah satu universitas terbaik di Polandia yaitu Jagiellonian University in Kraków sudah berdiri sejak abad 14! Jadi mari kita kenalan dulu dengan si “Empat Besar” dalam dunia perkuliahan di Polandia saat ini. Keempatnya adalah state university alias universitas negeri yang punya tradisi dan pengalaman panjang. Siapa tahu ada yang akan melanjutkan kuliah di sini.

1.   The University of Warsaw (Uniwersytet Warszawski) – UW

Universitas ini bisa diibaratkan sebagai UI-nya Polandia. Uniwersytet Warszawski atau disingkat UW merupakan universitas terbesar di Polandia yang sudah berdiri sejak tahun 1816. Lokasinya di Warsawa (ibukota Polandia) dan menawarkan program S1-S3 di berbagai bidang. Universitas ini mendapat rating pertama sebagai universitas terbaik di Polandia pada tahun 2010 dan 2011. Situsnya http://www.uw.edu.pl/en/

Gerbang depan Uniwersytet Warszawski di ul. Krakowskie Przedmiescie, dekat Old Town Warsawa

2. Jagiellonian University (Uniwesytet Jagielloński) – UJ

Universitas ini merupakan universitas negeri tertua di Polandia (berdiri sejak tahun 1364) dan terletak di kota Krakow. Karena paling tuanya itu, universitas ini bisa diibaratkan seperti UGM-nya Polandia. Universitas ini sering disingkat UJ dan setiap tahun selalu bersaing dengan UW untuk meraih peringkat pertama dalam ranking universitas di Polandia. Situsnya http://www.uj.edu.pl/en_GB/

3.  Warsaw University of Technology (Politechnika Warszawska) – PW

Dari namanya saja, bisa ditebak ini adalah ITB-nya Polandia.  Terletak di Warsawa dan sudah berdiri sejak tahun 1826. Sesuai namanya, 17 fakultas yang ada di universitas ini hampir semuanya mempelajari bidang ilmu dan teknologi. Menurut survey yang dilakukan oleh surat kabar Polandia “Rzeczpospolita”, sangat banyak lulusan dari universitas ini yang menjadi manajer dan eksekutif di perusahaan-perusahaan besar di Polandia. Situsnya: http://www.pw.edu.pl/

4.   Adam Mickiewicz University (Uniwersytet im. Adama Mickiewicza) – UaM

Adam Mickiewicz adalah nama seniman Polandia yang sangat terkenal, namun universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1919 ini mempunyai beragam fakultas, tidak hanya dalam bidang seni. Letaknya di kota Poznań, yaitu sebuah kota besar di perbatasan Polandia dengan Jerman. Yang menarik, di universitas ini sejak tahun 2004 dibuka mata kuliah “Bahasa Indonesia” di Fakultas Sastra mereka! Banyak mahasiswa Polandia yang mengikuti mata kuliah ini yang kemudian tertarik mengikuti program Darmasiswa ke Indonesia. Situsnya http://amu.edu.pl/en/home/about-us/newsletters

Peringkat Universitas Polandia di World University Ranking 2011/2012

Selanjutnya, mari kita lihat reputasi universitas-universitas terbaik di Polandia tersebut di kancah internasional secara keseluruhan. Kebetulan baru-baru ini tepatnya tanggal 5 September 2011, Quacquarelli Symonds (QS) mengeluarkan World University Ranking 2011/2012. Penilaian QS World University Ranking menggunakan 6 parameter yaitu reputasi akademik (40%), reputasi employer (10%), ratio mahasiswa/fakultas (20%), citations per faculty (20%), fakultas internasional (5%) dan mahasiswa internasional (5%).

Hasilnya? Hmm… bad bad news for Polish universities! Tidak ada satupun universitas Polandia yang berhasil menembus Top 300 tahun ini! Bahkan keempat universitas di atas semakin melorot peringkatnya dibandingkan tahun lalu. Jagiellonian University kini berada di peringkat #393, University of Warsaw di peringkat #401-450 sementara Politechnika Warszawska makin jatuh ke peringkat #500-550.

Bandingkan dengan Indonesia yang tahun ini berhasil menempatkan Universitas Indonesia (UI) sebagai satu-satunya universitas dari Indonesia di Top 300. Tahun ini UI menduduki peringkat #217, naik secara signifikan dari peringkat #236 di tahun 2010 sebelumnya. (Selamat ya buat keluarga besar UI!). Sementara UGM ada di peringkat #321 dan ITB di peringkat #401-450 (lah, kenapa itu nasib ITB kok sama kayak Politechnika Warszawska, makin melorot aja peringkatnya). Berita tentang peringkat UI bisa dibaca di situs dikti, sementara untuk lihat daftar lengkap QS World University Ranking 2011/2012 silakan cek situs resmi mereka di topuniversities.com

Nah, dari catatan saya di atas, tergambar kan mengapa tidak banyak pelajar Indonesia di Polandia saat ini. Dan kalau mau jujur, timbul juga pertanyaan dalam hati “Wah, jadi masih lebih bagusan pendidikan tinggi di Indonesia dong daripada di Polandia?!” Hehehe.. guess you can conclude it by yourself!

Iklan

Posted on September 13, 2011, in Pendidikan and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. Mangaratua Sihombing

    Merinding bacanya, kampus saya masuk top 300 world university : ) anw saya akan terbanh ke Polandia Januari tahun depan : )

  2. Mangaratua Sihombing

    Oiya, saya akan studenr exchange kesana : )

  3. maaf mbak
    saya juga ingin tahu lbh mendalam lagi pendidikan di Polandia
    tolong infonya ya mbak??
    ntr lewat emai aj
    atau balas lewat sini aj mbak
    thx b4

    • Halo Chandra,

      Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya. Silakan tanya, siapa tahu saya bisa jawab. Kalau pertanyaannya bersifat umum dan bermanfaat buat teman-teman Indonesia lainnya yang juga mau studi ke Polandia, mungkin bisa di blog saja.

  4. Hallo mbak,

    Saya beberapa waktu pernah tanya ke mbak dan sudah mendapatkan jawaban dari mbak Elivie, terima kasih buat informasinya. Saya di Polandia udah 3 minggu, banyak hal baru yang sempat membuat saya heran dan terkejut….bahasa Polandia juga saya tidak bisa, padahal semua disini masih menggunakan bahasa Polandia sebagai bahasa sehari-hari :(. kalau boleh tahu mbak sekarang masih di Polandia? di kota apa? kami di Univ Jagiellonian, Krakow. bisa minta tolong informasi tentang kiat mencari apartemen (tentunya dengan harga relatif murah) juga cara membeli kartu telepon? terima kasih sebelumnya buat bantuanya… 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: