Vistula di Waktu Malam

Kalau Jakarta punya Kali Ciliwung, Warsawa punya Sungai Vistula. Meskipun sama-sama membelah ibukota (dan airnya sama-sama butek alias tidak jernih :(), Vistula jauh lebih panjang daripada Ciliwung. Vistula, yang dalam bahasa Polandia disebut Wisła, mengalir sepanjang 1.047 km (Ciliwung hanya 120 km), melewati berbagai kota besar seperti Warsawa, Krakow, Torun, Bydgoszcz, Gdansk dan akhirnya bermuara di Laut Baltik. Singkat kata, Vistula adalah sungai utama (the principal river) di Polandia.

Sungai Vistula dan Jembatan Świętokrzyski di Waktu Malam: Ada beberapa jembatan yang melintasi sungai Vistula di Warsawa, yang paling indah adalah ‘Most Świętokrzyski’ (‘Most’ artinya jembatan, ‘Świętokrzyski’ artinya holy cross atau salib suci). Jembatan sepanjang 479 m ini dibuka untuk publik sejak tahun 2000. Yang asyik, jembatan ini juga menyediakan lintasan khusus untuk pesepeda dan pejalan kaki di kedua sisinya. Buat saya, jembatan ini serius mengingatkan saya dengan jembatan Barelang di Batam, mirip banget! Cuma bedanya jembatan Barelang punya 2 tower (karena lebih panjang) sementara jembatan Świętokrzyski ini hanya punya 1 tower setinggi 90 m yang ditopang oleh 48 kabel.

Foto ini saya ambil dari jembatan Poniatowski (lho, jembatan mana lagi tuh? Poniatowski itu jembatan di seberangnya Świętokrzyski. Kan sudah saya bilang ada beberapa jembatan di atas sungai Vistula ini, hehehe..) pada bulan Agustus 2011.

Iklan

Posted on September 16, 2011, in Photo of the Day, Tata Kota and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: