Sebelum Berangkat, Hafalkan Ini Dulu

Kalau kalian akan berkunjung ke Polandia, ada baiknya mengenal beberapa kata (basic phrases) dalam bahasa lokal terlebih dahulu. Lumayan untuk mencairkan suasana, atau sekedar memperjelas kalau kita adalah orang asing yang tidak bisa berbahasa Polandia. Intinya untuk survival lah. Di bawah ini saya tuliskan beberapa kata bahasa Polandia yang bagusnya dihafal terlebih dahulu kalau kalian ingin berkunjung ke Polandia.

Bahasa Polandia Cara Bacanya Arti dan keterangan
Dzien dobry jin dobre “Selamat pagi/selamat siang/selamat sore”
Jadi cukup mengingat “Dzien Dobry” saja bila ingin menyapa orang Polandia, pada jam berapapun – bahkan saya masih sering dengar orang bilang “Dzien Dobry” pada saat malam.
Dobry wieczor dobre viechur “Selamat malam”
Ini bahasa sopannya untuk mengucapkan selamat malam. Malam di Polandia dimulai jam berapa? Ya tergantung musim. Tetapi pada dasarnya, bila cuaca sudah gelap (meski sebenarnya baru pukul 5 sore) kita sudah bisa mengucapkan “Dobry wieczor”
Przepraszam   psheh-prasham Bisa berarti “Permisi” (excuse me) atau “Maafkan saya” (I’m sorry)
Przepraszam” bisa kita ucapkan kalau kita ingin bertanya, maupun bila kita ingin minta maaf karena memang habis berbuat salah. Kalau merasa bersalah sekali (misalnya, habis menyenggol nenek tua di jalan) katakan dengan muka bersalah “Bardzo przepraszam” (I’m really sorry).
Prosze 

 


 


prosheh Bisa berarti “Saya mohon/saya minta” atau “Silakan”. Padanan yang cocok untuk kata “please” dalam bahasa Inggris.
Misalnya ingin bilang “saya minta tolong” kita katakan “prosze, mi pomoc”[prosheh, mi pomots]. Atau bila habis membeli sesuatu dan ingin minta bonnya (“mohon tagihannya”), kita katakan “prosze o rachunek” [prosheh o rahunek]. Kita juga mengatakan “prosze” bila ingin mempersilakan seseorang, misalnya “silakan masuk” = “prosze wstęp”.
Czy pan/pani mowi po angielsku Che pan/pani muvi po angielsku? “Apakah Bapak/Ibu bicara bahasa Inggris?”
Frase yang penting dihafal! Jangan lupa, sama seperti bahasa Indonesia, bahasa Polandia juga mengenal sapaan sopan untuk orang yang lebih tua atau dihormati. Pan = Bapak, Pani = Ibu.
Tak tak “Ya”
Nie niye “Tidak”
Dziękuję jinkuye “Terimakasih”
Kalau ingin lebih sopan lagi, ucapkan “Bardzo dziękuję” atau “Dziękuję bardzo” (thank you very much). Kalau ingin mengucapkan “terimakasih atas bantuannya”, katakan “Dziękuję za pomoc” [jinkuye za pomots]
Nie rozumiem niye rozumiem “Saya tidak mengerti”
Nie mowię po polsku niye muvieng po polsku “Saya tidak bicara bahasa Polandia”
Frase lain yang penting dihafal!🙂 Kalau memang tidak mengerti bahasa Polandia sama sekali, katakan saja “nie mowię po polsku” Ini lebih efektif, karena kalau bilang “nie rozumiem” biasanya orang Polandia akan mengulangi pertanyaannya/perkataannya dengan panjang lebar untuk memperjelas maksudnya.

Segini dulu ya, karena menurut saya inilah yang paling penting diketahui untuk pendatang baru di Polandia. Tentunya lebih baik kalau bisa curi start belajar bahasa Polandia sejak masih di Indonesia, tetapi setahu saya di Indonesia sama sekali tidak ada kursus bahasa Polandia ataupun toko buku yang menjual kamus Polandia – Bahasa Indonesia. Caranya ya dengan belajar dari internet saja. Bisa dengan googling “learn Polish online” atau langsung saja menuju ke situs http://www.skwierzyna.net/learn_polish.htm Situs ini adalah salah satu sumber yang sangat baik untuk mulai mempelajari bahasa Polandia yang terkenal sebagai salah satu bahasa tersulit di dunia.

Do zobaczenia… (sampai berjumpa lagi)

Posted on Desember 20, 2011, in Bahasa and tagged . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. wah…. ada juga ternyata orang Indonesia di Poland. saya baru punya kenalan sama orang Poland 3 hari yang lalu. dan sampai skrng masih sering chat. dia tinggalnya di Lodz. sangat baik.😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: