Untuk Yang Sedang Cari Tiket Pesawat ke Polandia

Beberapa bulan ini, selalu ada rekan-rekan dari Indonesia yang menanyakan ke Polandesian mengenai tiket penerbangan murah dari Jakarta ke Warsawa. Namanya juga mau bepergian nan jauh, pastinya masalah biaya menjadi salah satu yang diperhitungkan lebih dahulu. Ya sudah, saya buatkan catatan tersendiri saja. Semoga bisa membantu yang lain juga. Tapi harap diingat ya, saya bukan travel agent, jadi jangan tanya ke saya mengenai detail cara pemesanan tiket maupun berapa harga tiket pesawat pada bulan tertentu! Catatan saya ini hanya sebagai gambaran saja, supaya teman-teman tidak blank sama sekali ketika merencanakan perjalanan ke Polandia.

Mengenai penerbangan dari Jakarta ke Polandia, ada beberapa point yang perlu diketahui:

1. Tidak ada penerbangan langsung (direct flight) dari Indonesia ke Polandia! Sampai sekarang ini, tidak ada pesawat yang terbang non-stop dari Jakarta ke Warsawa atau ke Krakow atau ke kota manapun di Polandia. Penerbangan dari Jakarta ke Warsawa pasti harus melewati 1-2 kali transit di negara lain. Otomatis ini berpengaruh juga pada lamanya perjalanan: minimal 18 jam akan kamu habiskan untuk mencapai negara asal Lech Walesa ini. Please be prepared for a long haul…

2. Urusan transit tidak bisa disepelekan, karena ini menyangkut visa kamu! Apabila kamu pemegang passport Indonesia yang mau berkunjung ke Polandia, kamu harus punya visa Schengen (Polandia sudah termasuk zona Schengen) atau visa nasional Polandia. Baik visa Schengen maupun visa nasional Polandia bisa diurus ke Polish Embassy di Jakarta.

Karena Polandia termasuk wilayah Eropa, maka banyak maskapai penerbangan yang transit dulu di European major hub airports seperti bandara Schiphol di Amsterdam (Belanda), bandara Frankfurt International di Frankfurt (Jerman), atau bandara Charles de Gaulle di Paris (Perancis) sebelum melanjutkan perjalanannya ke Warsawa. Kalau kamu sudah punya visa Schengen, maka transit di wilayah Shengen lainnya seperti Belanda, Jerman dan Perancis tersebut menjadi tidak masalah (tidak perlu apply visa transit lagi).

Lain halnya kalau kamu hanya punya visa nasional Polandia, itu berarti kamu harus apply visa transit juga! Jadi bila rute perjalanan kamu akan transit di Frankfurt tetapi kamu punyanya visa nasional Polandia, ya sebelum terbang jangan lupa untuk juga apply visa transit Jerman atau visa transit Schengen. Kasus seperti ini pastinya lebih merepotkan karena harus mengeluarkan double effort dalam mengurus visa, jadi sebaiknya diperhatikan ya..

3. Beberapa maskapai penerbangan yang melayani rute Jakarta – Warsawa (one way maupun round trip) dengan rute transit di Eropa:

  • Lufthansa: transit di Singapura dan Jerman (bisa di bandara Frankfurt International, atau di bandara Franz J. Strauss di Munich). Lufthansa adalah maskapai penerbangan yang mempunyai frekuensi penerbangan Jakarta – Warsawa paling sering!
  • KLM: transit di Singapura atau Kuala Lumpur dan Amsterdam. Selanjutnya dari Amsterdam ke Warsawa, perjalanan bisa dilanjutkan dengan pesawat KLM atau LOT Polish Airlines.
  • AirFrance: transit di Singapura dan Paris (bandara Charles De Gaulle)
  • British Airways: transit di Singapura dan London (bandara Heathrow)
  • Swiss Airlines: transit di Singapura dan Zurich
  • Emirates: transit di Dubai dan Frankfurt/Wina/Praha. Dari Frankfurt/Wina/Praha ke Warsawa, biasanya perjalanan dilanjutkan dengan LOT Polish Airlines/Austrian Airlines (pindah pesawat).
  • Etihad Airways: transit di Abu Dhabi dan Frankfurt. Dari Frankfurt ke Warsawa, perjalanan biasanya dilanjutkan dengan LOT Polish airlines (pindah pesawat).

 4. Pilihan maskapai lainnya kalau tidak mau transit di negara Eropa:

  • Turkish Airlines: transit di Singapura dan Istambul (bandara Ataturk). Note: sejak Juni 2010, pemegang passport Indonesia bisa apply visa-on-arrival setibanya di bandara Turki – but please recheck whether this is also the case for transit in Turkey!

5. Harga tiket pesawat dari Jakarta ke Polandia (Warsawa/Krakow/Gdansk/Poznan/Wroclaw/Katowice) umumnya berkisar 1000 – 1200 USD (sekitar 9 – 12 juta rupiah). Ini kisaran harga baik untuk tiket one-way maupun pulang-pergi. Tetapi harga di atas itu sekedar gambaran aja ya, karena beberapa kali saya mencari info harga tiket Jakarta–Warsawa (CGK-WAW) dengan maskapai penerbangan yang berbeda, pada musim yang berbeda, bahkan pada tahun yang berbeda, harganya ya berfluktuatif dan pastinya bisa lebih mahal kalau memang sedang peak season. Yang unik, dari pengalaman teman-teman, tiket pesawat CGK-WAW sekali jalan harganya bisa lebih mahal daripada tiket pulang – pergi!

 6. Beberapa tips dari saya dalam hal memesan tiket pesawat ke luar negeri:

  • Pesanlah tiket dari jauh-jauh hari, yaitu 3-6 bulan sebelumnya. Bukan rahasia lagi kalau kita pesan tiket ke luar negeri at the last minute, harganya sudah melambung tinggi. Apalagi kalau kita terbangnya menjelang liburan banyak orang, misalnya menjelang liburan Natal atau liburan anak sekolah.
  • Usahakan terbang bukan pada saat peak season (bukan pada saat summer holiday atau Christmas holiday), dan bukan pada hari Sabtu-Minggu-Senin. Tips dari situs penerbangan, tarif termurah pesawat umumnya ada pada tengah-tengah minggu, yaitu pada hari Rabu!
  • Pemesanan tiket via biro travel seringkali mempermudah kita memilih rute dan durasi perjalanan yang cocok untuk kita, bahkan tak jarang kita mendapatkan diskon.
  • Memesan tiket pesawat lewat internet (online ticket agency) juga pilihan yang disarankan, apalagi kalau kita punya kartu kredit dan tidak mau repot-repot mendatangi biro travel. Pastikan ticket agency via internetnya juga yang kredibel supaya tidak terjadi pencurian data-data kartu kredit kita. Namun untuk referensi dan membandingkan info harga, durasi, atau rute airlines yang cocok, browsing internet adalah cara yang paling ok buat saya. Coba cek www.edreams.com atau www.farecompare.com.
  • Yang pasti, jangan memesan tiket lewat website maskapai penerbangan yang bersangkutan, seringkali harganya justru lebih mahal.

Miłego podróży…. Selamat bepergian 🙂

Iklan

Posted on Desember 21, 2011, in Transportasi and tagged , , . Bookmark the permalink. 10 Komentar.

  1. kalo kita mau ke poland, naik pesawatnya tujuan belanda, terus lanjut maskapai penerbangan murah/kereta ke polandia bisa gak ya?

    • Bisa juga, tetapi pastinya lebih repot untuk mencocokkan jadwalnya.

      Untuk pesawat: dari Amsterdam, kamu bisa naik LOT Polish Airlines ke berbagai kota di Polandia (kalau pesan dari 2-3 bulan sebelumnya, harga tiket LOT biasanya bisa sangat murah dan tidak kalah dari low cost airlines). Atau pilih low cost airlines beneran, yaitu dengan naik “Wizz Air” dari Eindhoven (bukan Amsterdam ya!) ke Warsawa/Gdansk/Wroclaw atau naik “Ryan Air” dari Eindhoven ke Krakow/Gdansk. Harga tiketnya sekitar 40 Euro, bisa dicek di wizzair.com atau ryanair.com

      Untuk kereta api: dari Amsterdam Centraal, bisa naik “Euronight sleeper train” ke Warsawa (Warszawa Centralna), KA Euronight ini beroperasi setiap hari. Tiketnya mulai dari 29 Euro (untuk seat) atau 49 Euro (untuk couchette), bisa dipesan 90 hari sebelumnya supaya dapat harga yang paling murah ini. Tiket kereta apinya bisa dipesan online di http://www.bahn.de atau cek infonya di http://www.seat61.com/train-from-amsterdam-to-warsaw.htm

      Semoga membantu ya…

  2. Saya mau ke Auschwitz awal Feb 12 ini. Emang bener ga ada yg direct ke Warsawa atau Krakow. Saya akan terbang dr Munich ke Krakow naek Lufthansa. Mengenai tiket, Lufthansa, saya bandingkan dengan salah satu travel gede di Jakarta, Lufthansa yg di Jakarta dan web nya Lufthansa sendiri, justru lebih murah yg dr web nya langsung 😀
    Bedanya bisa USD 150, lemayan hehehe

  3. Dear Kak Elivie…

    Salam kenal ya, nama saya Citra. Saya berencana mengikuti ‘Varsovia Cantat 2012’, lomba paduan suara di Warsawa sekitar tgl 26-28 Oktober 2012 ini bersama rombongan teman2 (48 orang) dari Universitas Airlangga Surabaya. Untuk menekan biaya transport u/ direct flight ke Warsaw, kami pny alternatif untuk terbang menuju Budapest dulu dgn Qatar Airlines (yg termurah ini sih… ;p) , kemudian melanjutkan perjalanan darat by bus/train (msh belum tau) dari Budapest ke Warsaw. Kalau seperti itu, sewaktu mengurus Visa ke Poland embassy di Jkt apakah perlu menginformasikan bahwa kita masuk melalui Budapest atau apa perlu juga apply visa transit di Hungary embassy? karena stlh dari Warsawa kami ada rencana ke Krakow dlm rangka konser kebudayaan (juga blm tau enaknya by bus/train… :D) then kembali ke Budapest untuk konser kebudayaan lagi dan pulangnya juga melalui Budapest. Barangkali Kak Elvie bisa memberi pencerahan gmn travelling in a (huge) group to Poland…hehehehe…Kalau tidak keberatan, saya minta e-mail Kak Elvie supaya lebih enak jika ada lagi yg ingin saya tanyakan…Thank you. 🙂

    • Halo Citra,

      Maaf sekali baru sempat balas. Varsovia Cantat itu lomba paduan suara yang diadakan oleh Chopin Music University di Warsawa kan? Saya nonton tuh waktu November 2010 lalu PSM dari Universitas Negeri Menado memenangkan lomba tersebut! Para penontonnya (para orang-orang bule) sampai memberikan standing ovation lho, saking terkagum-kagumnya sama penampilan dan suara tim dari Indonesia itu. Turut bangga deh…

      Kalau membaca cerita kamu di atas, saya sebenarnya lebih menyarankan kamu dan grup paduan suaramu masuk melalui Hungary (Hongaria), jadi apply visa Schengen-nya melalui kedutaan Hungaria di Jakarta. Alasannya, salah satu syarat apply visa adalah melampirkan tiket pesawat pp dan di tiket kamu akan terlihat bahwa kamu dan rombongan akan masuk ke wilayah Eropa melalui Budapest. Selain itu, kamu juga ada rencana untuk konser kebudayaan di Budapest (lampirkan juga surat sponsor/undangan dari pihak di Budapest agar lebih menyakinkan). Jadi menurut saya lebih cocok kamu dan rombongan apply visa Schengen (visa tipe budaya) dari kedubes Hungaria, bukan kedubes Polandia, di Jakarta. Kalaupun kamu tetap ingin apply visa dari Kedubes Polandia, pasti mereka akan tanya dari Budapest ke Warsawa naik apa dan mana buktinya.

      Kalau sudah berhasil dapat visa Schengen baik dari Kedubes Hungaria atau Polandia, ya tidak perlu lagi apply visa transit karena izin masuk ke kedua negara tersebut kan sudah tercover dalam visa Schengen.

      Saran saya, untuk travelling dalam grup besar dan membawa nama Indonesia, sebaiknya universitas kamu atau organisasi paduan suara kamu mengirimkan surat resmi ke KBRI Warsawa (www.indonesianembassy.pl) dan KBRI Budapest (www.indonesia.hu) sebagai info dan untuk minta dukungan/bantuan transportasi dan pendampingan selama transit/transfer wilayah. Jadi di bandara nanti bisa ada staf KBRI yang bantu mendampingi dan menjelaskan (apalagi kalau baru pertama kali ke Eropa Timur, pasti pusing sendiri). Bisa juga minta KBRI tersebut untuk memberikan semacam surat keterangan bahwa benar grup PSM Airlangga dari Indonesia akan mengikuti lomba di Warsawa, sehingga kedubes Hungaria/Polandia di Jakarta semakin mudah memberikan persetujuan visa untuk grup kalian.

      Bisa email saya di elice134@yahoo.com (saya nggak janji bisa ngecek emailnya setiap hari, tapi saya usahakan menjawab kalau saya bisa). Sukses ya untuk paduan suaranya, semoga bisa mengharumkan nama Indonesia di luar negeri…

  4. Halo mbak,
    ini pertama kali saya mau ke eropa, tapi pesawatnya transit dulu di zurich 1 jam, itu butuh visa transit ga ya waktu di zurich? terimakasih.

    • Halo Mass Waluyos,
      Kalau sudah punya visa Schengen, maka transit di wilayah Schengen lainnya termasuk di Zurich tidak perlu apply visa transit lagi. Kalaupun tidak punya visa Schengen dan tujuan akhir pesawat adalah ke negara non-Schengen (misalnya ke Inggris), maka jangan meninggalkan ‘international transit zone’ di Zurich Airport sehingga tidak perlu transit visa. Transit cuma 1 jam di Zurich airport yang besar itu terasa singkat banget lho, yang ada pasti langsung buru-buru cari transfer desk dan boarding gate selanjutnya. Good luck!

  5. Saya rencana mau ke polandia buat acara dari aiesec .. karena tiket peswt harganya 11 smpe 13 jt saya berencana terbang dr Singapore ke amterdam kalo dr amsterdam ay bisa naik kereta kan? Trs untuk masalh visanya gimana? Sy harus ke embasy belanda apa polandia? Makash atau ad saran lwt negara mana yg lbh murah

    • Hai Ibnu. Ya, dari Amsterdam bisa naik Jan Kiepura Euronight train ke Warsawa, berangkat sekitar pkl 9 malam dan sampai pkl 12 besoknya di Warsawa. Karena perjalanannya jauh, pilih tempat duduknya yg couchette agar bisa tidur, harganya mulai dari 80 Euro. Saya lebih sarankan lewat Berlin, Jerman. Naik KA Berlin-Warszawa Express, hanya 5,5 jam dengan ticket price mulai 29 Euro dan ada 4x setiap hari. Untuk visa, bisa apply di Embassy Belanda (atau Jerman) sbg negara jalan masuk kamu di benua Eropa sesuai booking tiket, dan bisa juga ke negara yg akan kamu tinggali paling lama (Polandia). Toh baik Belanda, Jerman, Polandia sudah sama-sama pakai visa Schengen. Happy travelling 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: