Penginapan Murah di Warsawa, Ada Tidak Ya?

Untuk yang sedang mencari tempat penginapan yang terjangkau di Warsawa, mungkin catatan berikut ini bisa membantu. Saya sendiri belum pernah menginap di hotel ataupun hostel yang disebutkan di bawah ini, jadi saya merekomendasikannya hanya berdasarkan lokasi dan harganya saja. Mengenai masalah harga per kamarnya, yaahh… namanya juga Eropa, semurah-murahnya ya tetap saja bikin sesak kalau dikurskan ke rupiah. Jadi saya tidak bisa bilang murah, istilah yang cocok memang “terjangkau” alias relatif lebih rendah harganya bila dilihat kestrategisan lokasi dan fasilitas yang disediakan hotel tersebut.

Kalau dana akomodasi tidak menjadi batasan, pastinya mudah saja memilih hotel-hotel berbintang 5 atau 4 di Warsawa ini. Tetapi kalau kamu sampai bela-belain browsing lalu menemukan catatan saya ini, nah kemungkinan besar itu karena yang dicari adalah tempat penginapan ‘murah’, yang di Eropa ini sering disebut dengan istilah hotel kelas turis (Polish: hotel klasy turystycznej) alias hostel 🙂 Apalagi untuk anak-anak muda yang ingin Euro-trip dengan cara backpacking, tentunya perlu tahu bocoran info seperti ini.

Okay deh, ini dia daftarnya. Tentunya saya pilih yang lokasinya di area strategis, yaitu di distrik Srodmiescie atau Praga Poludnie (baca catatan saya sebelumnya: Mengenal Distrik-distrik Terkenal di Warsawa). Oh ya, untuk hostel, reservasi online bisa dilakukan via situs hotel tersebut atau via portal-portal seperti hostelworld.com atau booking.com

HOSTEL KROKODYL

Situs dan reservasi online: www.hostelkrokodyl.com (informatif, ada versi bahasa Inggrisnya)

Lokasi: ul Czapelska 24, distrik Praga Poludnie. Strategis dan mudah kendaraan umumnya! Dari Centrum atau stasiun KA utama Warsawa (Dworzec Warszawa Centralny) tinggal naik tram no 9 atau 24 turun di halte ‘Wiatraczna’. Kalau dari bandara Chopin Warsaw, tinggal naik bus no 188 dan juga turun di halte ‘Wiatraczna’. Hostel ini juga dekat dengan Stadion Nasional Warsawa (Stadion Narodowy) tempat pertandingan EURO 2012, untuk menuju ke sana cukup naik tram no 9 atau 24 dan turun pas di depan stadion tersebut.

Harga: cocok banget bila dana terbatas. Tetapi seperti hostel-hostel pada umumnya, harga ini tidak termasuk breakfast ya. Untuk kamar pribadi (private rooms) hanya ada 5 buah, jadi sebaiknya reservasi dulu bila ingin mengambil kamar tipe itu. Kalau kamar asrama modelnya memakai tempat tidur tingkat, dan kamar mandi ada di luar alias sharing dengan penginap yang lain, nah beneran kayak asrama kan?

–          Kamar pribadi dengan double bed dan kamar mandi dalam: 160 PLN
–          Kamar pribadi dengan 2 single bed dan kamar mandi sharing: 150 PLN
–          Kamar asrama dengan 4 tempat tidur (4-bedded dorm): 60 PLN/orang
–          Kamar asrama dengan 6 tempat tidur (6-bedded dorm): 50 PLN/orang

Fasilitas: parking, bar (small café), dan ada free wi-fi juga.. Lumayan tidak perlu ke warnet 🙂

 

HOSTEL KANONIA

Situs dan reservasi online: www.kanonia.pl (informatif, ada versi bahasa Inggrisnya)

Lokasi: ul. Jezuicka 2, di tengah-tengah Warsaw Old Town, distrik Srodmiescie. Sangat strategis karena hostel ini memang terletak di area Warsaw Old Town (30 m dari Old Town Square, dekat bel besar di jalan Kanonia).

Fasilitas: ada wi-fi! Yang lainnya standar hostel, tidak dapat breakfast bahkan tidak ada area parkir (namanya juga di Old Town, area parkirnya sangat terbatas). Bagi yang mau menginap lebih dari 3 malam dan ingin privacy lebih, sebaiknya pesan private apartment lengkap dengan kamar mandi dan dapur ke pengelola Hostel Kanonia ini. Apartemen tersebut letaknya masih di wilayah Old Town, 200 m dari hostelnya. Untuk yang mau berwisata dengan pasangan atau anak-anak, sepertinya ini pilihan yang tepat. Tetapi jangan heran ya kalau kamar hostel dan apartemennya agak sempit dan bangunannya terkesan kuno, namanya juga property di Kota Tua.

Harga: ada range harga, dimana lebih mahal pada saat peak season (Mei – Oktober) dan saat weekend.

–          Kamar untuk 2 orang dengan kamar mandi dalam: 140 – 220 PLN (37 – 58 Euro)
–          Kamar untuk 3 orang dengan kamar mandi dalam: 150 – 270 PLN (39 – 71 Euro)
–          Kamar untuk 4 orang dengan kamar mandi dalam: 160 –  300 PLN (42 – 78 Euro)
–          Kamar asrama dengan 8 tempat tidur: 30 – 60 PLN (8 – 16 Euro) per orang

Sesuai keterangan di situsnya, harga di atas tidak berlaku pada saat musim pertandingan Piala Eropa EURO 2012. Jadi untuk yang ingin pesan kamar di hostel ini untuk bulan Juni 2012, sebaiknya email dulu untuk tanya harga khusus di bulan itu (pastinya lebih mahal sih).

 

HOSTEL HELVETIA dan HELVETIA LUXY

Situs dan reservasi online: www.hostel-helvetia.pl (informatif, ada bahasa Inggrisnya)

Lokasi: ul. Sewerynow 7 di distrik Srodmiescie, sangat dekat dengan Old Town dan kampus Universitas Warsawa. Dari bandara Chopin ataupun stasiun KA sentral Warsawa (Dworzec Warszawa Centralny) cukup naik bus 175 turun di halte “Uniwersytet”; ini adalah halte di depan kampus Universitas Warsawa. Lalu jalan balik sekitar 100 meter sampai ketemu patung Copernicus (bentuknya seseorang yang sedang memegang globe), nah hostelnya sudah kelihatan deh di belakangnya.

Harga: harus cek langsung di websitenya karena berfluktuasi sesuai season dan tergantung ketersediaan pada tanggal yang dimaksud. Bahkan sesuai keterangan di situsnya, pemesanan kamar untuk saat pertandingan Piala Eropa EURO 2012 (Juni 2012) harus dibayar di muka dan non-refundable. Wah wah… sepertinya memang semakin hari semakin banyak orang yang mencari penginapan untuk menonton EURO 2012 ya.

Sebagai gambaran, hostel Helvetia ini mempunyai tipe kamar:

–          Kamar dengan double bed atau 2 twin bed dan kamar mandi dalam, sekitar 180 PLN
–          Kamar untuk 3 orang dengan kamar mandi dalam: sekitar 200 PLN
–          Kamar asrama dengan 6 tempat tidur: sekitar 50 PLN /orang
–          Kamar asrama dengan 8 tempat tidur: sekitar 45 PLN /orang

Fasilitas: harga kamar di sini sudah termasuk breakfast lho, non-smoking area, dan pastinya ada free wi-fi! Selain itu, bagi yang menginginkan standar lebih tinggi, lebih baik memilih Helvetia Luxy (masih di area yang sama). Ini pilihan yang lebih bagus untuk kamu yang ingin privacy, longer stay, juga lebih nyaman untuk bisnis. Keterangan lengkap bisa dibaca di situs di atas.

HOSTEL SMOLNA 30

Situs dan reservasi online: www.hostelsmolna30.pl  (informatif, ada bahasa Inggrisnya)

Lokasi: ul Smolna 30, distrik Srodmiescie tetapi sudah berbatasan dengan distrik Praga Poludnie. Sangat strategis dan banyak sekali dilewati kendaraan umum! Dari Centrum atau stasiun KA sentral Warsawa (Dworzec Warszawa Centralny) tinggal naik tram no 7, 8, 9, 24, 25 atau bus no 117, 507 yang melewati halte “Muzeum Narodowy”. Kalau mau ke Old Town, dari hostel ini tinggal naik bus no 111 atau 180. Kalau mau ke Stadion Nasional sepakbola tinggal naik tram 9, 24, 25 ke Rondo Waszyngtona. Intinya, strategis sekali!

Harga:  jangan heran melihat harga kamar di hostel ini yang sangat terjangkau! Hostel Smolna ini memang sangat terkenal di kalangan remaja dan pelajar. Bahkan sering rombongan SD dan SMP dari luar kota,misalnya sedang field trip ke Warsawa, menginap di youth hostel ini.

–          Kamar untuk 1 orang (single room): 85 PLN
–          Kamar untuk 2 orang (double room): 75 PLN/orang
–          Kamar untuk 3 orang (triple room) : 65 PLN/orang
–          Kamar untuk 4 orang  : 60 PLN/orang

Fasilitas: sangat standar, tidak ada wi-fi. Cocok bila kamu butuh tempat penginapan murah di tengah kota hanya untuk ‘numpang tidur’.

***

Untuk hotel-hotel bintang 1 atau bintang 2 di Warsawa, setelah saya lihat-lihat, dari segi lokasi malah kurang strategis. Memang ada yang masih di tengah kota (di distrik Srodmiescie), tetapi posisinya tidak dilewati kendaraan umum atau jauh dari halte bus/tram. Lah, kan jadinya nyusahin untuk para penginap yang tidak bawa/sewa mobil, padahal harga kamarnya sudah lebih mahal daripada hostel. Contohnya hotel Etap di area Solec, atau hotel Logos di area Powisle. Selain itu, saya juga sebal melihat situs hotelnya yang kurang informatif, jadi sekalian saja tidak saya rekomendasikan di sini.

Alhasil pilihan selanjutnya untuk hotel di area strategis adalah hotel bintang 3, 4, dan 5. Untuk hotel bintang 3, yang jadi rekomendasi saya adalah:

HOTEL METROPOL (bintang 3)

Situs dan reservasi online: www.hotelmetropol.com.pl

Lokasi: ul. Marszałkowska 99a, tepat di depan gedung Palace of Culture and Science, berseberangan dengan hotel Novotel Centrum. Sangat strategis, tepat di Centrum, dan dilewati oleh berbagai kendaraan yang lalu lalang!

Harga: untuk single dan double room, harga berkisar 50 – 130 Euro tergantung season. Bila pesan jauh-jauh hari bisa dapat harga lebih murah.

Fasilitas: parking, restaurant, Metro Jazz Bar & Bistro, wi-fi. Puas deh!

Semoga membantu ya untuk yang sedang mencari-cari tempat penginapan di Warsawa…

Iklan

Posted on Januari 29, 2012, in Wisata and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. bantuin cari hostel daerah Ożarów Mazowiecki yang harga backpacker (40-60PLN) dong mbak, hehe, kemarin booking di Premiere Classe Varsovie, ternyata kejauhan, susah transportasinya. hehe

  2. Halo mbak, salam kenal…

    Makasih banyak udah bikin blog ini, jadi nambah info about Poland :). Sebenarnya saya ada girls camp di german tgl 2-13 Juli tapi sebelumnya saya berencana ke Poland dulu mgk sekitar tgl 27 – 30 Juni 2012 dan ternyata masih dalam masa pergelaran EURO 2012 jadi agak susah yach dapat penginapan 😦 . Dari tulisan mbak ini saya sudah coba kontak HOSTEL SMOLNA 30 dan replynya :

    ” I am sorry but from 05.06.2012 to 04.07.2012 we can not make any reservation. Because of EURO 2012 City Hall reserved all pleaces in our hostel for volunteers.
    Please try in our another hostel on Długa Street 18/20, email contact: recepcja@edsm.pl

    Saya sudah kontak dan browsing jg ke http://www.edsm.pl/en/homepage-2, belum ada reply dari mereka karena baru saja di email, pengen tahu pendapat mbak tentang hostel ini, gimana menurut mbak? ada saran?

    Thx a lot.

    BR,
    Erna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: