Untuk Yang Butuh Koneksi Mobile Internet di Polandia

Internet Rumah vs Internet Mobile

Salah satu keuntungan hidup di zaman internet ini adalah kemudahan berkomunikasi. Meskipun merantau jauh di negeri orang, dengan mudah dan nyaman kita tetap bisa menjalin hubungan dengan keluarga, teman dan kolega di tanah air. Ya, apalagi kalau bukan dengan menggunakan internet rumah (Polish: internet stacjonarny atau disebut juga internet w domu). Dari pengalaman saya, biaya pemakaian internet rumah di Polandia jauh lebih murah daripada di Indonesia. Tarif perbulannya pun flat dengan kecepatan tinggi, mulai dari 0,5 MB sampai 16 MB, bahkan ada provider yang bisa sampai 32 MB. Hanya saja semua penyedia jasa home internet di Polandia ini mengharuskan kontrak perdana 12 bulan atau 24 bulan, jadi memang cocoknya untuk pemakaian jangka panjang. Kalau kamu akan menetap atau tinggal di Polandia selama lebih dari setahun, ya rugi banget kalau tidak memanfaatkan jasa internet rumah yang murah meriah dan handal ini.

Tetapi bagaimana untuk rekan-rekan yang akan mengunjungi Polandia hanya untuk beberapa hari atau beberapa minggu (jangka pendek) tetapi tetap membutuhkan akses internet yang bagus? Apa harus bolak-balik ke warnet atau ke café untuk cari wifi atau hotspot gratisan? Jangan-jangan di Polandia sudah tidak ada lagi warnet (warung internet), saking sudah umumnya orang sini punya akses internet di rumah masing-masing? Hahaha, ada kok warnet di Polandia ini, tetapi memang sedikit sekali. Kalau di Warsawa, paling adanya di Metro Centrum atau di dekat Politechnika. Kalau free wifi/hotspot banyak tersedia di berbagai cafe dan restoran termasuk restoran fast food seperti di banyak cabang KFC, Burger King atau McDonalds di Polandia.

Nah, kebetulan baru-baru ini ada pertanyaan yang masuk ke Polandesian mengenai hal ini, termasuk di dalamnya kemungkinan memakai mobile internet di Polandia (bahasa Polandianya: internet mobilny atau dikenal juga dengan sebutan internet na kartę). Itu lho, internet-an via ponsel atau pakai USB modem yang diisi SIM Card handphone. Sekarang di Indonesia model mobile internet seperti itu sudah umum kan? Sepertinya hampir semua provider GSM di Indonesia sudah menyediakan jasa ini, misalnya 3 Data, Telkomsel Flash, XL HotRod 3G, IM3 Seru, dll. Jadi sekalian saja saya coba ulas mengenai hal ini dan kasih rekomendasi.

Seluk Beluk Internet Mobile di Polandia

Kalau kamu bawa ponsel dari Indonesia, belum tentu jaringannya berfungsi dengan normal di Polandia ini. Seperti misalnya HP Blackberry seorang rekan dari Indonesia yang pernah berkunjung ke Warsawa, ternyata fungsi Blackberry Internet Service dan Blackberry Messenger-nya tidak beroperasi di Polandia ini (baru bisa kalau ada wifi). Tentunya ini merepotkan dan bisa jadi kendala untuk yang harus sering-sering mengirim berita ke Indonesia.

Kalau mau nyaman dan rela mengeluarkan sedikit biaya, ya sebaiknya beli SIM Card dari provider lokal di Polandia yang bisa untuk internet-an juga. Bahkan kalau mau lebih nyaman, beli sekalian paket starter-nya yang dibundel dengan USB modem agar bisa dipakai di laptop kamu. Dijamin dengan cara ini nggak perlu repot-repot lagi cari warnet atau wifi gratisan hehehe…

Sama seperti di Indonesia, hampir semua provider GSM di Polandia juga sudah menyediakan jasa prepaid mobile internet ini misalnya Play, Plus, T-Mobile, Orange, atau Heyah. Umumnya SIM Card prabayar ini dijual di berbagai kios, minimarket/supermarket atau outlet providernya langsung. Secara umum, SIM Card untuk ponsel di Polandia disebut “karta startowa”. Kalau yang juga bisa untuk internet, lebih spesifiknya disebutinternet na kartę”. Tapi intinya sih sama-sama SIM Card untuk handphone.

Bingung Mencari dan Memilih Provider Internet Mobile?

Ini dia rekomendasi saya tentang 3 provider internet mobile prabayar di Polandia yang lumayan bisa dihandalkan, berikut harga, kuota dan cara mendapatkannya. Untuk harganya, 1 PLN (1 Zloty) kira-kira setara dengan Rp 3000,- Semoga berguna ya bagi teman-teman Indonesia yang sedang cari-cari info mengenai koneksi internet di Polandia untuk jangka pendek.

1. PLAY: Play Online na kartę
Pilihan terbaik untuk menggunakan mobile internet di berbagai kota besar di Polandia! SIM Card prabayarnya (yang bisa untuk telepon sekaligus internet) dikenal dengan nama “Play Online na kartę”. Provider ini beroperasi pada frekuensi HSPA/HSPA+ 900/2100MHz. Jadi kalau kamu sudah punya modem yang men-support frekuensi ini, coba saja pakai modem punya kamu sendiri.

Berapa harganya? Kamu bisa memilih untuk membeli hanya SIM Card-nya saja, atau paket lengkap SIM Card + modem. Ini rinciannya:

  • SIM Card seharga 9 PLN (berisi pulsa 9 PLN dan kredit/kuota awal internet sebesar 300 MB) berlaku untuk 7 hari.
  • SIM Card seharga 19 PLN (berisi pulsa 19 PLN dan kredit/kuota awal internet sebesar 1 GB) berlaku untuk 30 hari.
  • Paket SIM Card + modem seharga 129 PLN. SIM Card-nya berisi pulsa 19 PLN dan kuota awal internet 1 GB yang berlaku untuk 30 hari, sedangkan modemnya adalah modem Huawei E173-u2.

Dimana membelinya? SIM Card atau starter kit Play seperti di atas bisa dibeli di berbagai outlet Play (di Polandia, outlet GSM itu disebut ‘salon’, jadi cari saja yang namanya “Salon Play”). Tempat termudah kalau kamu di Warsawa, carilah di shopping mall C.H Zlote Tarasy (mall ini terletak di samping stasiun KA utama “Warszawa Centralna”). Di dalam mall ini ada beberapa toko yang menjual Play Online, yaitu di di toko buku Empik, toko elektronik Saturn, atau di Salon Play.  Tempat lainnya adalah di toko buku Empik di jalan Nowy Świat 15-17, Warsawa. Kedua tempat tersebut buka setiap hari.

Setting internetnya? Tidak diperlukan username atau password. APN: internet.

Isi ulang pulsanya? Kalau habis pulsa, tinggal beli pulsa isi ulang (top-ups) di berbagai kios atau supermarket, miriplah seperti di Indonesia. Di Polandia, proses isi ulang pulsa hp disebut “doładowania”. Top-ups dimulai dari 5 PLN (150 MB, berlaku 3 hari), 10, 20, 30, 50, 75, sampai 125 PLN (15 GB, berlaku 120 hari).

Info lebih lengkapnya bisa dicek di website mereka langsung (unfortunately, only in Polish) http://www.play.pl/pl/oferta/internet/internet-na-karte/opcje/index.html

2. PLUS
Pilihan yang juga baik untuk ber-internet ria via handphone kamu, apalagi jika kamu mau  travelling sampai ke kota-kota kecil di Polandia. Jaringan Plus memang telah menjangkau sampai ke berbagai pelosok Polandia. Tetapi kabarnya masih kalah dibanding Play dalam hal transfer data.

Berapa harganya? Ada berbagai pilihan harga untuk membeli SIM Card Plus. Yang penting diingat, jangan lupa mengaktifkan terlebih dahulu paket mobile internet iPlus dengan menekan kode aktivasi tertentu agar lebih hemat, yaitu sebagai berikut:

  • 9 PLN untuk kuota 150 MB, berlaku 31 hari, kode aktivasi: *136*11*11# (otomatis diperpanjang setelah masa berlaku habis, untuk deaktivasi: *136*00*11#)
  • 15 PLN untuk kuota 500 MB, berlaku 31 hari, kode aktivasi: *136*11*12# (otomatis diperpanjang setelah masa berlaku habis, untuk deaktivasi:*136*00*12#)
  • Untuk mengecek sisa pulsa: *136#

Kalau tidak mengaktifkan paket iPlus di atas atau lupa mengisi ulang pulsa selama masa berlaku belum habis, maka kamu bisa terkena tarif regular akses internet sebesar 5 PLN per 1 MB yang tentunya jadi boros.

Setting internetnya? Sejauh ini, Plus tidak menjual paket SIM Card + modem. Jadi kamu bisa pasang SIM Card Plus yang saya sebutkan di atas pada USB modem yang universal (tanpa sim-lock). Setting internetnya tidak memerlukan login atau password. APN: Internet atau http://www.plusgsm.pl (tidak ada bedanya).

Dimana membelinya? Ada di berbagai kios, minimarket atau Salon Plus. Kalau ingin membeli SIM Card Plus, katakan saja “karta startowa Plus”

Info lebih lengkapnya bisa dicek di website mereka langsung (again, only in Polish) http://internet.plus.pl/indywidualni/internet-w-telefonie/internet-w-telefonie-w-plus-na-karte

3. Blueconnect dari T-MOBILE

T-Mobile adalah salah satu provider GSM di Eropa yang dulu bernama Era. Saat ini T-Mobile telah meluncurkan produk SIM Card prabayar yang ditujukan khusus untuk akses mobile internet bernama “Internet na karte Blueconnect”. Blueconnect ini beroperasi di frekuensi HSPA+/HSPA 2100MHz, maupun GPRS/EDGE 900/1800MHz. Jangkauan dan kinerja T-Mobile kurang lebih sama dengan Plus.

Berapa harganya? Tarif regular mobile internet Blueconnect ini adalah 0.30 PLN per 1 MB. Kamu bisa memilih untuk membeli hanya SIM Card-nya saja, atau paket lengkap SIM Card + modem. Ini rinciannya:

  • SIM Card seharga 25 PLN berisi pulsa 25 PLN dan kuota awal 500 MB, berlaku 30 hari.
  • SIM Card seharga 50 PLN berisi pulsa 50 PLN dan kuota awal 2 GB, berlaku 30 hari.
  • Paket SIM Card + modem seharga 199 PLN. SIM Card berisi pulsa 50 PLN yang berlaku untuk 30 hari, sementara modemnya adalah modem Huawei E173.

Setting internetnya? Username: internet, password: internet, APN: internet

Dimana membelinya? SIM Card maupun modemnya bisa dibeli di outlet-outlet T-Mobile. Kalau di Warsawa, ada di shopping mall seperti Złote Tarasy, Galeria Mokotow, Arkadia. Tetapi untuk pulsa isi ulangnya, bisa dibeli di berbagai kios dan supermarket mulai dari 25 PLN (500 MB, berlaku 30 hari), 50, 100 sampai 150 PLN (2 GB, berlaku 30 hari).

Info lebih lengkapnya bisa dicek di website mereka langsung (lagi-lagi dalam bahasa Polandia) http://www.t-mobile.pl/pl/indywidualni/internet/komputer/starter

Okay deh, demikianlah seluk beluk dan rekomendasi Polandesian tentang koneksi internet mobile di Polandia. Mungkin nggak akan dibaca oleh banyak orang, tetapi semoga berguna untuk yang membutuhkan info ini🙂

Posted on Maret 15, 2012, in Telekomunikasi and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. tengkyu ya infonya. kebetulan ada rencana ke poland bulan agustus.🙂

  2. Selamat siang, wah mantap share infonya.. kebetulan ada plan ke polandia juga akhir bulan ini, kalo untuk Aktivasi blackberry gimana ya caranya,
    salam hangat
    Denna

    • Hai Denna,

      Kalau ponsel Blackberry kamu masih pakai SIM Card dari Indonesia, Blackberry Full Servicenya tidak akan berfungsi di Polandia. Pengalaman saya, hanya dengan kartu Telkomsel yang masih bisa berBBM ria di Polandia – itupun hanya bila pakai wifi..

      Kalau memakai SIM Card Polandia, untuk bisa aktivasi paket Blackberry (termasuk utk BBM-an) harus memakai nomor pasca bayar, tidak bisa dengan prabayar. Super repotnya, untuk apply kartu pasca bayar di Polandia umumnya memakai perjanjian/kontrak pemakaian 24 bulan atau 2 tahun di muka, jadi nggak sesuai juga kalau kamu hanya perlu untuk jangka pendek. Nanti kalau sudah beli nomor hp pasca bayar, minta ke customer servicenya untuk mengaktifkan paket Blackberry Service dengan biaya tambahan tertentu perbulannya.

      Yang pasti sih, Blackberry di Polandia memang tidak sepopuler di Indonesia. Makanya jangan heran kalau di sini tidak ada paket BB untuk kartu prabayar.

      Semoga memberi gambaran ya…

  3. Terima Kasih untuk tulisannya Mbak. Kemarin saya tugas liputan di Polandia selama satu bulan jadi lancar setelah membaca beberapa artikel yang bermanfaat di situs ini. Sukses selalu.🙂

  4. Terima kasih informasinya Mbak, saya bookmark dulu. Siapa tahu bulan depan jadi main ke sana🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: