PESEL Apaan Sih? Ditanyain Mulu…

Kali pertama saya berobat ke rumah sakit di Warsawa, saya langsung dibuat bingung di meja pendaftaran pasien baru. Si resepsionis rumah sakit bertanya dalam bahasa Polandia, berapa nomor PESEL saya? “Duh, PESEL itu apa ya? Nggak mungkin kan ada hubungannya sama wesel? Mungkin maksudnya nomor kepesertaan asuransi kesehatan kali ya,” begitu pikir saya. Ketika saya menggelengkan kepala sambil berujar “Nie mam” (artinya: saya tidak punya), gantian si resepsionis yang mukanya bingung. Akhirnya dia tanya saya mau bayar pakai apa. Karena saat itu saya belum bisa melafalkan uang tunai dalam bahasa Polandia, saya jawab saja “Zloty, Pani” sambil membuka dompet. Si resepsionis pun tersenyum-senyum mendengar jawaban saya lalu menanyakan berapa tanggal lahir saya.

Kalau kamu tinggal cukup lama di Polandia, pasti akan sering ketemu dengan si PESEL ini. Ketika berobat ke dokter, ketika mau membuka rekening atau kartu kredit di bank, ketika ingin memiliki nomor handphone pasca bayar, ketika mengajukan permohonan untuk passport Polandia, maupun ketika membeli mobil atau property di Polandia, pasti di formulirnya ada kolom isian nomor PESEL ini. Jadi sebenarnya apa itu PESEL? Dan apakah untuk orang asing, dalam hal ini orang Indonesia yang hanya tinggal sementara waktu di Polandia, juga perlu punya PESEL? Yuk, kita kenali lebih jauh si PESEL ini.

PESEL, Nomor KTP-nya Orang Polandia

PESEL ternyata merupakan singkatan dari Powszechny Elektroniczny System Ewidencji Ludności, yang berarti Sistem Elektronik Universal untuk Pendaftaran Populasi. Jadi PESEL ini merupakan nomor identifikasi penduduk secara nasional di Polandia dan telah berlaku sejak tahun 1979. Gampangnya, PESEL adalah no KTP-nya orang Polandia. Selain merupakan mandatory untuk warga negara Polandia, PESEL ternyata juga (hampir) wajib dimiliki oleh orang asing yang akan tinggal di Polandia selama lebih dari 3 bulan. Maksudnya hampir wajib? Jadi sebenarnya tidak wajib, melainkan sangat disarankan guna mempermudah urusan hal-hal yang telah saya sebut di atas itu.

Memang dari pengalaman saya dan teman-teman orang asing selama di Polandia ini, birokrasi jadi lebih berbelit kalau tidak ada PESEL. More paperworks and longer process time deh. Biasanya kami menunjukkan nomor passport sebagai pengganti PESEL. Kalau dalam hal administrasi RS seperti yang saya alami di atas, mempunyai PESEL itu juga berarti si pasien punya asuransi kesehatan nasional (social security) untuk pembayaran jasa medisnya. Jadi kalau kalian tidak punya PESEL dan harus berobat ke dokter di Polandia, jangan lupa bawa uang lalu katakan ke petugasnya: “z gotówką” yang artinya “bayar tunai”.

Warga Polandia yang lahir setelah tahun 1979 langsung mendapatkan nomor PESEL secara otomatis sesaat setelah kelahiran mereka. Sementara untuk orang asing, permohonan untuk mendapatkan nomor PESEL dilakukan bersamaan dengan pendaftaran (zameldowanie / meldunek) untuk mendapatkan kartu tinggal terbatas (karta pobytu). Pendaftaran tersebut dilakukan di kantor walikota (urząd miasta) di wilayah domisili masing-masing.

PESEL selalu terdiri dari 11 digit dan masing-masing pemiliknya mempunyai nomor PESEL yang unik. Enam digit pertamanya diambil dari tanggal lahir orang tersebut dengan format yy-mm-dd. Misalnya si A lahir tanggal 25 Januari 1985, maka dia akan mempunyai nomor PESEL yang berawalan 850125. Ah, ternyata inilah mengapa di kolom PESEL saya (waktu saya bilang saya tidak punya nomor PESEL) kemudian diisi oleh petugas RS dengan tanggal lahir saya. Format PESEL ini sendiri dapat mencangkup rentang kelahiran sampai 5 abad, yaitu dengan penambahan di bulannya. Misalnya untuk tahun 2000 – 2099, bulannya ditambah 20. Jadi si B yang lahir tanggal 17 Agustus 1912 punya PESEL berawalan 120817, sementara si C yang lahir seabad kemudian tanggal 17 Agustus 2012 akan mempunyai PESEL berawalan 122817.

Antara Komunisme dan Halaman Belakang

Sebenarnya tidak ada yang aneh kan dengan keberadaan citizen ID semacam ini. Di berbagai negara, nomor penduduk juga umum dijadikan dasar identifikasi seseorang. Namun ternyata sejarah munculnya PESEL di Polandia tidaklah sepolos itu. PESEL pada awalnya adalah ciptaan pemerintahan komunis di Polandia untuk menyimpan dan melacak informasi-informasi personal para penduduknya. Sasaran utamanya adalah warga negara Polandia yang mempunyai gelar sarjana atau berpendidikan tinggi karena mereka dianggap punya pemikiran yang membahayakan kelanggengan sistem komunisme di Polandia dan Eropa. Wiih, ngeri-ngeri seru ya.. Tetapi itu sih dulu, sekarang fungsi PESEL ya sama saja dengan gunanya nomor KTP di Indonesia sebagai data kependudukan resmi.

KTP-nya Orang Poland

Contoh KTPnya Orang Polandia (dowod osobisty). Di halaman belakang, tercantum nomor PESEL yang sering ditanyakan itu… Credit photo: wikipedia

Untuk warga negara Polandia, nomor PESEL mereka tercantum di National ID Card mereka yang dalam bahasa Polandia disebut dowód osobisty (lihat gambar di atas). Kalau kamu perhatikan, di kartu dowód osobisty ini ada 2 nomor, yang satu adalah nomor kartu itu sendiri dan yang satu lagi barulah nomor PESELnya. Setelah membaca penjelasan di atas, bisa dong mengidentifikasi nomor mana yang merupakan nomor PESEL. Yap, justru nomor PESEL itu yang ada di kartu bagian belakang! Keanehan lain, di dowód osobisty ini turut dicantumkan nama orangtuanya. Lucu aja sih menurut saya, karena mirip dengan KTP yang baru bisa dibuat setelah seseorang berusia 17 tahun, dowód osobisty ini juga diberikan untuk penduduk Polandia yang telah berumur 18 tahun. Jadi sudah dewasa, tapi kok masih dicantumkan nama ortunya hehehe…

Untuk tahu lebih banyak tentang PESEL dan cara verifikasi nomornya, bisa cek sendiri di Wikipedia ya!

Posted on Januari 20, 2013, in Pemerintahan and tagged , , . Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. share pengalaman aja soalnya kemaren baru ngurus nih yg namanya PESEL (karena dr kantor butuh ini untuk keperluan pajak). Waktu aku mo ngurus PESEL ini aku musti bawa passport + surat perjanjian kontrak rumah untuk cantumin alamat tempat tinggalku di Polandia.Untuk mengurus PESEL ini musti ke kantor administrasi pemerintahan (kalo di Wroclaw itu kantornya di daerah Arkady) dan orang2 di sana ga ada yg bisa bahasa Inggris sama sekali termasuk bagian informasi nya.Jadi aku juga ke sana modal nekad soalnya ngerti bahasa Polandnya masih terbatas dan kebiasaan orang2 sana itu kan kalo ngomong cepet banget juga 😀
    Di form nya itu juga musti cantumin nama bapak & nama ibu (bahkan nama ibu sebelum menikah juga ditanya).Setelah udah diisi semua formnya,kasih ke petugasnya,nanti petugasnya masukin data2 kita dan kita nanti dikasih surat tanda terima. Surat tentang PESEL number nya buat kita nanti akan dikirim via post ke alamat tempat tinggal kita di Poland (oh iya nanti petugasnya juga akan scan surat kontrak tempat tinggal juga…jd ga mungkin surat PESEL nya nyasar :D)
    Kalo ada yg pengin tau form pengajuan PESEL nya seperti apa, aku punya scan file nya tapi ga tau ya sama ga ya model nya tiap kota. Berhubung aku tinggal di Wroclaw,aku punya form dr kantor pemerintah yg di Wroclaw

  2. PESEL ku gak jadi2 sampai skrng ini udh hampir 2 bulan, aku tgl di Poznan 🙂 salam kenal

    • mbak Respati…itu buat PESEL ato buat resident card….kalo aku dulu buat PESEL max.2 minggu kok….salam kenal juga…nyari orang Indonesia yg di Wroclaw tapi kyknya ga ada ya, cuma aku doank 😦

  3. kalo di Indonesia mah ditanyainnya pecel ya, heheh salam kenal, tulisannya informatif. Kebetulan punya temen orang Polandia, jadi pengen tahu lebih banyak tentang Polandia.

  4. hi salam kenal mba . minta skype nya dong atau line whatsapp juga boleh
    kebetulan sejak 1 maret 2013 saya bekerja di sebuah perusahaan oil and gas yg kebetulan client nya orang poland dan saya jadi project secretary disini . awalnya kagok banget liat nama mereka takut salah sebut hahahahha kebanyakan huruf matinya. bingung bacanya
    eh nemu blog nya mba … jadi membantu banget
    hahhahaahahah makasi loh
    skype : crystalianike

    • Halo Crystal,

      Thanks sudah berkunjung ke blog ini. Kalau boleh tahu, kamu kerja di oil company mana ya? Kalau di Poland, oil company yang saya tahu itu Lotos Oil, PGNiG, dan PKN Orlen. Kali saja Polish clients-mu berasal dari oil company itu.

      Iya, nama-nama orang Poland memang ribet abis membacanya apalagi menulisnya. Ya mau gimana lagi, emang begitu budayanya. Tapi tenang saja, orang Poland juga mati kutu kok kalau disuruh nyebut nama lengkap Presiden kita: Susilo Bambang Yudhoyono. Dijamin mereka juga pusing melafalkannya hahaha…

      Sorry, saya gak punya skype or whatsapp. Paling via email saja elice134@yahoo.com atau tulis comments di blog ini. Gpp ya? 🙂

Tinggalkan Balasan

