Berapa Biaya Hidup di Polandia?

Polandesian sering banget ditanya oleh mahasiswa program student exchange yang akan berkunjung ke Polandia untuk urusan yang satu ini (Hallo, adik-adik AIESEC🙂 ) “Berapa banyak uang saku yang harus saya bawa?” “Berapa biaya makan sehari?” “Kalau untuk transport, untuk entertainment, untuk oleh-oleh?” Oke deh, supaya memudahkan pencarian info biaya hidup ini, saya tuliskan saja di blog ini ya. Please note bahwa di bawah ini adalah perkiraan biaya hidup untuk seorang mahasiswa lajang (tidak bawa keluarga) di Warsawa. Untuk di kota-kota lain, biasanya biaya hidupnya sedikit lebih rendah daripada di ibukota Polandia ini.

As a note, mata uang Polandia adalah Zloty atau disingkat PLN. Saat ini 1 PLN = Rp 3.800 (pembulatan), sementara 1 USD = 3,2 PLN dan 1 EUR = 4,2 PLN.

Biaya Akomodasi dan Utilitas

Paling enak tentunya kalau akomodasi sudah disediakan, misalnya ikut program homestay di rumah penduduk setempat atau masuk asrama kampus, sehingga tidak bingung lagi mencari tempat tinggal. Sebenarnya masuk asrama kampus pun tetap ada bayarannya walaupun tentunya lebih terjangkau. Misalnya di University of Warsaw, biaya single room di dormitory kampus adalah sekitar 450 – 600 PLN per month (belum termasuk biaya utilitas seperti gas, listrik, internet). Sedangkan untuk sewa kamar kost (single room in a flat or a house) berkisar 600 – 800 Zloty per bulan untuk satu kamar. Sewa kamar kost ini berarti tinggal bareng dengan pemilik rumah atau apartemen ya.

Kalau mau nyaman (atau terpaksa karena nggak dapat dorm atau kost-an), dapat menyewa flat model studio dimulai dari harga 1500 PLN per bulan. As always, lokasi menentukan harga. Semakin di tengah kota, harga sewa flat pun semakin mahal. Jangan lupa ada biaya utilitas sekitar 400 PLN untuk pemakaian gas, listrik, air, dan pemeliharaan sampah di gedung flat yang kamu tempati. Ada landlord yang menerapkan sistem biaya utilitas fixed, ada juga yang sesuai besarnya pemakaian. Kabar baiknya, biaya langganan internet cepat terbilang murah di sini, hanya sekitar 40 – 60 PLN per bulan untuk langganan internet dengan kecepatan 6 MPbs.

Biaya Makan

Untuk makan, budgetkan sekitar 10 – 20 PLN per meal. Lunch di kantin kampus (student’s cafetaria), beli satu paket burger McD yang mengenyangkan, atau makan satu porsi kebab plus minum biasanya habis sekitar 15 PLN. Tentunya bisa lebih hemat lagi, misalnya dengan makan di mini foodcourt di dalam hipermarket Carrefour atau Tesco yang satu pizza besarnya cuma seharga 4 PLN plus minum aqua botol 1 PLN. Makin lama, pasti makin tahu tempat-tempat makan yang murah meriah. Kalau dirata-rata, sehari budgetkan untuk makan sekitar 30 PLN  ya.

Kalau sekali-kali pengen makan di restoran, siapkan sekitar 50 PLN ya. It should be enough for 1 meal course and 1 drink. Sementara untuk ngopi-ngopi di kafe misalnya di Coffee Heaven atau Starbucks, siapkan sekitar 15 PLN per glass. Hah, mau diam-diam coba Polish beer dan vodka? Ckckck… siapkan 8-12 PLN per 1 gelas piwo (bir Polandia) dan sekitar 18-25 PLN untuk 1 botol Vodka brand non-premium seperti Sobieski, Wyborowa atau Zubrowka.

Biaya Transport

Pastinya naik kendaraan umum dong. Tenang saja, seperti yang sudah pernah saya tuliskan sebelumnya, public transportation di Polandia itu sudah tertata rapi dan nyaman banget. Asal kita ingat nomor bus dan halte naik-turunnya, niscaya sampai di tujuan dengan tepat waktu. Asyiknya lagi, satu tiket kendaraan umum ZTM di Warsawa itu berlaku universal untuk naik bus, tram, maupun metro. Single-trip ticket ZTM seharga 4,4 PLN. Tetapi biar hemat, langsung saja beli tiket ZTM bulanan seharga 100 PLN atau tiket tiga-bulanannya seharga 250 PLN kalau memang sehari-harinya naik-turun bus/tram/metro. Makin hemat bila kamu bisa menunjukkan kartu mahasiswa international (ISIC Card) atau kartu mahasiswa dari universitas di Polandia karena akan dapat diskon 50% saat pembelian tiket ZTM ini.

Biaya Entertainment/Suvenir

Biaya yang ini sih tergantung gaya hidup ya. Kalau cuma untuk beli toiletries seperti sikat gigi, pasta gigi, sabun, shampoo, harganya sih mirip-mirip aja dengan di Indonesia yaitu sekitar 3 – 6 PLN per item. Kalau mau nonton di bioskop seperti Cinema City atau Multikino, tiketnya sekitar 25 PLN (untuk yang versi IMAX 3D tiketnya lebih mahal sekitar 35 PLN). Sementara masuk diskotek atau night club yang hip di kalangan anak muda biasanya ada HTM sekitar 20-30 PLN. Beli baju baru di mall untuk brands seperti H&M atau Zara biasanya berkisar 119,99 – 249,99 PLN, yah rata-rata 150 PLN lah. Sedangkan beli baju di Old Town (baju untuk oleh-oleh) harganya 35-50 PLN per shirt dan 25 – 35 PLN untuk topi. Kalau suvenir yang lebih kecil seperti magnet kulkas atau gantungan kunci sekitar 12 – 20 PLN. Yang paling murah sih beli postcard aja, 1 PLN per kartu hehehe…

Kesimpulan

Konklusinya, minimum diperlukan 1000 PLN/bulan (=240 Euro) untuk biaya hidup di Polandia, di luar akomodasi dan entertainment. Kalau memang harus mencari tempat tinggal sendiri, bayar listrik, air, dll sendiri, maka siap-siap dengan biaya hidup minimum 3000 PLN/bulan (=720 Euro/bulan). Mahal ya? Percayalah, ini belum seberapa dibanding tinggal di negara Eropa Barat yang sudah menggunakan mata uang Euro. Miłego pobytu w Polsce🙂

Posted on Agustus 4, 2014, in Keuangan and tagged , . Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. Nice info mba.🙂 selalu seneng baca info2 biaya hidup kaya gini hehe

  2. Hello mbak , salam kenal. Sy Fajar, calon pelajar S2 di University of Warsaw. Kalau tidak halangan 1 oktober 2014 adalah kelas pertma sy disana. Bolehkah saya mendapatkan email mbaknya? atau facebook untuk menanyakan tentang hal-hal di Warsaw. atau mbaknya bisa email sy duluan ke fajarsprasetya@gmail.com atau Facebook https://www.facebook.com/fajarprazsetya terima kasih banyak sebelumnya mbak. Sy tunggu kabar dari mbaknya.

    • Halo, Mas Fajar. Bisa menghubungi saya di email elice134@yahoo.com tetapi sebelumnya mohon maaf kalau saya tidak menjawab email dengan segera. FYI, saya juga mendapatkan message dari Teguh Ilham yang sama-sama calon mahasiswa S2 di Warsawa mulai 25 September ini. Mungkin bisa kontak via emailnya di praja.ilham@gmail.com (kalau belum saling kenal). Semoga sesama Indonesian diaspora bisa saling bantu ya.

  3. Salam mb, kebetulan september ini kami sekeluarga berencana melancong ke Warsaw. Mudah2an Mb Elvie tinggal di warsawa. Salah satu targetnya periksa gigi, yg mana di negri kami tinggal norway sangat mahal. Mohon rekomendasi jika ada dokter gigi yg bisa dikunjungi🙂 Selamat berakhir pekan, Arswendy

  4. Hi AIESECer!🙂

    Thanks banget infonya sangat berguna buat mahasiswa / mahasiswi yang akan exchange ke Poland🙂 .

  5. bagus banget infonya, menambah ilmu jga biar ga kaget saat mau kesana. thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: