Polandesian

Update: Januari 2013

Woww.. sudah lebih dari 50,000 hits! Terimakasih ya untuk semua yang sudah mau mampir di blog niche ini. Meskipun sempat vakum cukup lama dan sampai sekarang juga masih belum bisa rutin mengisinya, tapi ternyata masih banyak juga yang baca. Bardzo dziekuje!

Sedikit update tentang saya. Saya seorang wanita Indonesia. Selama 3,5 tahun tepatnya tahun 2008 – 2012, saya dan keluarga menetap di Warsawa, Polandia mendampingi suami yang bertugas di sana. Sekarang kami sekeluarga sudah kembali ke tanah air tercinta, Indonesia dan saya sudah kembali ngantor di sebuah oil and gas company di Jakarta. 

Blog ini saya tulis untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman selama tinggal di Polandia, suatu negara yang terasa jauh dan asing. When we first arrived in this foreign country, we’re pretty much blind about how to live our lives here. Kendala awal dan paling menantang adalah bahasa Polandia yang sulit dan cuacanya yang seringkali terlalu dingin, apalagi untuk kami yang datang dari negara tropis dan tidak punya persiapan bahasa lokal. Sempat juga di awal mengalami kesulitan berkomunikasi, akibatnya saya bawa saja kamus kecil dan peta kalau mau pergi kemana-mana, hahaha…

Semoga blog sederhana ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua yang ingin tahu lebih jauh tentang Polandia. I don’t think you will fall in love with Poland in the first place (unless you come here as tourist in summer), but the more you know Poland, you’ll learn to appreciate many things that this country has – its history, its culture, its land, its interesting sites, its people, its patriotism, etc. Selamat mengenal Polandia lebih dekat dari catatan-catatan di sini.

Salam hangat,

Elice Vienna (elivie)

  1. Dear elivie…Saya Agnes, saya tertarik dengan Polandia setelah membaca beberapa postingan mba niy. Saya seneng bgt travelling, Polandia bukan salah satu negara tujuan saya, tapi saya baca blog mba,seru juga ya Polandia buat jalan. Mba, kenapa gak dikasih shoutbox biar lebih enak dan akrab. Hhehe…
    Salam kenal keep in touch ya mba.

    Salam

    Agnes

    • Hai Agnes,

      Salam kenal juga. Thanks banget ya udah mampir di blogku dan kasih comment. Menarik juga ide shoutbox-nya, memang belum saya pasang karena belum pede hehehe… Maklum deh, masih blog baru, postingannya masih sedikit, dan blog-nya niche banget (khusus ttg Polandia dari kacamata saya) jadi nggak yakin juga banyak yang baca. 🙂

      Travelling ke Poland? Why not? Hayu atuh, sekali-kali menjelajahi Eropa Tengah dengan mengunjungi Poland dan Ceko. Untuk Poland, kudu datang ke kota Krakow (Cracow). Untuk Ceko, pastinya kota Praha (Prague). Nanti saya buat catatan-catatan deh di blog ini ttg apa yang menarik kalau mau jalan-jalan ke Poland sini. Minimal dapat gambaran kan? Happy travelling..

  2. Hai Mba Elivie, salam kenal….
    aku senang banget baca bloog ini, sangat informatif.
    Aku pingin banget ke Poland, boleh ya aku invite ke YM…. kalo boleh ngobrol2 & tanya2… hehehhe…

    CU…
    Anggun

  3. ijin menyimak lagi.
    mbak tambahan saya selain shoutbox juga perlu di tambah kolom follow n banner lo perlu biar gak susah nyarinya.
    thank

    • Saya baru saja cari info tentang cara pasang shoutbox di blog WordPress ini. Dari hasil browsing, ternyata memang sampai saat ini WordPress tidak mendukung widgets dengan Javascript. Akibatnya, shoutbox, cdbox, shoutmix, etc tidak bisa dipasang di blog WordPress ini. Saran lain adalah pakai Meebo, tapi Meebo ini fungsinya untuk chat dan harus login dulu. Saya pikir kok malah jadi repot ya, padahal kan maksudnya untuk memudahkan orang meninggalkan pesan/komentar? Memang Blogspot lebih friendly untuk urusan pasang-pasang widgets spt ini..

      Tapi thanks banget untuk usul dan perhatiannya ya. Dari sini saya jadi tahu lebih banyak tentang Shoutbox dan Meebo. Ah, teknologi maju membuat kita jadi kenal banyak hal baru.

  4. Halo Mbak,

    Akhir Mei tahun lalu saya pergi ke Krakow. So lovely. saya suka sekali di sana. Saya di sana 3 hari. Selain objek2 dalam kota (city square, jewish town, kastil Wawel, dll), saya juga pergi ke Salt Mine dan Auswichz. All in all, this country is amazing and is often underrated!

    • Hai Joko,

      Terimakasih telah berkunjung ke blog saya. Iya, Krakow memang indah dan menarik! Dari kejayaan masa lampau sampai kebiadaban umat manusia, kita bisa temukan di sana. Salt Mine dan Auschwitz membuat saya merinding! Dua tempat itu lebih menarik buat saya dibanding Wawel Castle (you’ll see too many castles in Europe.. you’ll forget which one is that one – as they’re all beautiful :)) Dan sampai sekarang pun, banyak orang Polandia yang masih mengganggap the true capital of Poland is Krakow (ibukota Polandia dulunya memang Krakow, abad 17-an baru dipindahkan ke Warsawa). Once again, thanks for your visit and comment! 🙂

  5. Dear Elivie,

    salam kenal..
    bisa japri gak ..?!

    • Halo Rina,

      Maaf sekali ya saya lama memberi jawaban. Baru minggu ini balik lagi ke Warsawa.
      Silakan kalau mau japri, kirim email saja ke saya: elice134@yahoo.com
      Kalau akun Facebook saya kurang aktif, malah bisa dibilang nggak ada isinya hehehe…
      Jadi lebih baik via email saja. Thanks sudah berkunjung ke blog saya.

  6. hallo mbak, dlm waktu dkat ini saya punya rencana utk bekerja di polandia. utk kontrak pertama saya akan ditempatkan di agriculture. dan boleh pindah tmpat kerja asal msh bernaung di agency yg sama. bisa dikatakan, saya adalah calon tenaga buruh di poland. kalau boleh tahu, sebenarnya kisaran upah buruh di poland berapa? dan apakah benar bahwa kesempatan kerja di poland sangat terbuka lebar utk pendatang dr luar poland. trimakasih prhatiannya mbak……..

    • Halo Chafid,

      Saya tentunya bukan sumber resmi data tenaga kerja di Polandia. Tapi sekedar info, gross wage per bulan di Polandia untuk kalangan blue collar (buruh) adalah sekitar 1200 – 1800 Zloty perbulan (belum potong pajak). Itu berarti setara 3,6 – 5,4 juta rupiah (1 Zloty = Rp 3000). Sebenarnya untuk living cost berkeluarga di Poland, upah segitu bisa dibilang pas-pasan. Tapi kalau single, ya pastinya bisa nabung. Rencananya kerja di Polandia sendirian atau bersama keluarga?

      Kesempatan kerja di Polandia terbuka lebar untuk pendatang? Hmm… setahu saya begini, di Polandia itu banyak lapangan kerja terbuka namun gajinya lebih rendah daripada gaji di Eropa Barat untuk tipe pekerjaan yg sama. Karena itu, banyak kaum muda Polandia yang memilih merantau ke Eropa Barat (UK, Jerman, Belanda, dll) agar mendapatkan better salary. Nah, jadi pekerjaan spt itulah yang tersedia untuk pendatang (pekerjaan yg sebenarnya kurang diminati oleh orang Polandia sendiri). Dari yang saya baca dan amati di sini, menurut saya sebenarnya orang Polandia juga nggak terlalu membuka diri untuk pendatang karena budaya mereka yang agak suspicious (curigaan) terhadap orang asing dan ketidaksukaan karena ujung-ujungnya akan ada perebutan lapangan pekerjaan. Tapi ini yang terjadi secara umum ya, mungkin di beberapa sektor industri tertentu bisa berbeda. Oh ya, ini pendapat saya pribadi ya, jangan dijadikan referensi tunggal. Sebaiknya bertanya juga ke beberapa sumber lain. Sukses ya!

    • Bro gmn kabarnya di Poland,apakah sudah bekerja disn.Sy jg punya rencana mau kerja di sektor Agriculture.Mohon Infonya,Thanks

  7. Dear Elivie,
    saya sudah kirim ke yahoo, terima kasih ya…

    Salam,
    Rina

  8. halo mba elvie..
    saya january – maret ada kegiatan di polandia, rusia, china dan ukraina..
    aku minta rekomendasi mba dong kira2 negara mana yang sebaiknya saya pilih..
    saya lebih prefer poland karena saya lebih ke tengah sehingga saya bisa menjelajah beberapa negara eropa tapi saya belum tau mengenai biaya2nya…
    pertimbangan saya juga adalah cuaca yang ekstrim..

    thanks

    • Halo Aryo,

      Kalau memang ingin menjelajah negara-negara Eropa lainnya, ya pastinya saya rekomen ke Polandia saja dibandingkan ke Rusia/China/Ukraina. Cukup dengan 1 visa Schengen, kamu bisa masuk ke Polandia dan negara-negara Eropa lainnya yang termasuk Schengen area. Sedangkan kalau ke Rusia/China/Ukraina kamu harus double effort (apply visa bilateral untuk masuk ke negara ybs lalu apply visa Schengen untuk masuk ke negara-negara Eropa Barat). Dari Polandia, saya yakin kamu bisa menyempatkan waktu pergi ke negara tetangga: Berlin (Jerman), Praha (Ceko) atau Wina (Austria) via direct flight, KA atau bus.

      Mengenai cuaca yang ekstrim, ya.. let’s just expect the best for next year and prepare for the worst 🙂 Saran saya, jangan meremehkan musim dingin di Eropa Tengah & Timur, bawa winter coat yg tebal dan banyak minum vitamin. Tapi percaya deh, separah-parahnya winter di Poland, masih lebih parah di Rusia dan China. Untuk bahasa, mau di Poland/Rusia/China/Ukraina, semuanya menjanjikan kesulitan berkomunikasi dan kegugupan budaya pada awalnya hehehe.. Tapi jangan khawatir, meskipun tidak banyak orang di negara tsb yang bisa berbahasa Inggris dan pada musim dingin biasanya rakyat Eropa ini semakin pelit senyum, tapi semuanya pasti jadi pengalaman yang berkesan dan menambah wawasan & keberanian kamu.

  9. mbak aku mau maya, dan sekarang aku sedang ada di warsaw, aku mau nanya, untuk tau harga tikett kereta ke praha(ceko), bisa dilihat dimana y??

    • Hai Maya,

      Pengelola KA di Polandia punya situs resmi http://rozklad-pkp.pl/ (klik EN di bagian kiri atas untuk versi bahasa Inggrisnya, from stasiun “Warszawa Centralna” to stasiun “Praha hl.n”)
      Namun sayangnya di situs tsb tidak dicantumkan harga tiket KA yang tujuannya ke luar Polandia. Jadi via situs tsb hanya bisa cek rute dan jadwal KA, sementara untuk harga tiketnya harus ditanyakan via telepon atau datang langsung ke loket atau customer service di stasiun Warszawa Centralna. Setahu saya, harga tiket KA dari Warsawa ke Praha sekitar 350-an Zloty.

  10. Hi Mbak Elivie,

    Bulan oktober depan, di warsawa musim apa yah ??

    Terima kasih sebelumnya.
    Salam kenal,
    Ramadhan

    • Halo Ramadhan,

      Maaf sekali saya baru sekarang sempat balas komentarnya.
      Bulan Oktober sudah masuk musim gugur. Cuaca biasanya sudah dingin dan berangin (suhu sekitar 15-an derajat Celcius). Kalau keluar rumah pada saat ini, biasanya orang-orang sudah harus pakai sweater atau syal karena anginnya cukup menusuk tulang. Saat perubahan musim seperti ini, banyak orang di sini yang terkena penyakit flu, umumnya anak-anak.

      Terimakasih ya sudah berkunjung dan berkomentar di blog ini.

  11. Hallo… salam kenal dari Swedia..
    Aku juga baru satu tahun terdampar di Swedia ngikut suami yang kebetulan orang sini. Seneng blogwalking ke blog2 orang2 indo yang ada di Eropa juga, lumayan nambah2 teman disini.. ^__^ bisa bagi2 pengalaman juga kan..

    Blognya informatif banget… *like-ala FB* 😛

    • Halo Bebe,

      Maaf banget saya baru sempat login lagi ke WordPress, tapi senang banget punya teman baru dari Swedia! 🙂
      Saya sudah lihat blog-mu “bebenyabubu.com”, wah bagus banget! Saya suka blog theme-nya yang soft, dan pastinya postingan2-mu juga. Waktu baca, saya bisa rasain suka dukanya tinggal di negeri orang. Di Sweden kamu struggle juga kan dengan bahasanya yang ajaib, nasiibbb terdampar di Eropa. Okay deh, keep in touch ya! And don’t forget to let me know if you want to visit Warsaw 🙂

  12. Halo Mbak Elivie,

    kenalkan saya Rika, thanks buat sharing mbak tentang Polandia. Saya dalam waktu dekat ini akan ikut suami studi di salah satu Univ Polandia. sekarang ini kami baru mencari informasi tentang tiket pesawat Indonesia-Krakow yang relatif murah. Mbak bisa bantu beri rekomendasi pesawat apa ya? kemudian visa yang kami apply kemarin kan visa nasional, apakah dengan visa itu kami bisa transit ke negara sekitar Poland, atau kami harus buat visa transit ke negara yang menjadi tujuan transit? mohon infonya ya..terima kasih

    • Halo Rika,

      Untuk tiket pesawat, sejauh yang saya tahu, harganya mirip-mirip semua yaitu sekitar $1200 untuk penerbangan dari Jakarta ke Polandia (baik ke Warsaw atau ke Krakow). Belum ada low cost carrier yang melayani rute lintas benua Asia ke/dari Eropa. Umumnya penerbangan dari JKT ke KRK menggunakan maskapai Lufthansa, KLM, atau Emirates dan harus 2 kali transit (tidak ada 1 stop apalagi non-stop). Lumayan tuh total perjalanannya, 18 jam lebih.

      Visa nasional maksudnya visa bilateral Polandia ya? Wah, agak repot deh.. Jadinya memang harus apply visa transit untuk negara transit-nya. Kenapa nggak apply visa Schengen dari awal? Kalau punya visa Schengen kan bisa naik Lufthansa (transit di Jerman) atau KLM (transit di Amsterdam), plus nanti bisa bepergian ke negara-2 Eropa yang masuk Schengenzone. Tapi saya dengar memang relatif sulit ya mendapatkan visa Schengen dari Kedubes Polandia di Jakarta (benar tidak?) Kalau naik Emirates Airlines yang transit-nya di Dubai, biasanya visa transitnya diurus langsung ama maskapainya.

      Semoga cukup membantu ya…

      • terima kasih informasinya, kemarin waktu kami apply visa di Kedubes Polandia di Jakarta, kami diarahkan buat Visa Nasional. kalau Visa Schengen ketentuan untuk kurang dari 90 hari ya? mungkin karena dasar itu kami diarahkan buat yang Visa Nasional…cba nanti saya konsultasikan lagi sama pihak Kedutaan..terima kasih infonya ya….sharingnya sangat membantu…:)

  13. Salam kenal ya mbak.. 🙂

    kemungkinan oktober ini saya ada kunjungan di polandia mbak, saya mau tanya beberapa hal mbak tentang polandia:
    1. dengar-dengar cuacanya sangat dingin ya mbak? untuk di bulan oktober ini berkisar brp mbak suhunya? apa yang harus dipersiapkan dari indonesia?
    2.saya hanya sekitar 4 malam di warsawa, obyek wisata yang paling wajib dikunjungi di sela-sela kerja saya kira-kira apa ya mbak?
    3.oleh-oleh khas polandia selain boneka dan batu2an apa ya mbak? untuk barang elektroniknya lebih murah tidak daripada di indonesia?

    Terima kasih banyak mbak..

    • Halo Andre,

      Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini. Saya coba jawab ya pertanyaan kamu:
      1. Yap, Polandia sudah dingin bulan Oktober ini. Suhu berkisar 0 – 12 Celcius, jadi saya sarankan harus bawa jaket tebal dan syal untuk menutupi leher karena anginnya cukup dingin. Untuk topi dan sarung tangan sih optional; orang-orang di sini (termasuk saya) belum pakai tapi ya kalau nggak kuat dinginnya ya lebih baik juga dibawa. Untuk menjaga stamina (karena periode ini rawan flu), sebaiknya juga bawa vitamin C. Jangan sungkan pakai body lotion dan lip balm (pelembab bibir) karena tinggal di cuaca dingin cukup lama ternyata membuat kulit kita kering dan bibir pecah-pecah.

      2. Untuk obyek-2 wisata di Warsawa yang saya rekomendasikan, bisa dibaca di postingan saya –> https://polandesia.wordpress.com/2011/01/06/yuk-jalan-jalan-satu-hari-di-warsawa/
      Bisa juga lihat kategori “Wisata” untuk baca postingan-2 saya yang terkait dengan wisata di Polandia.

      3. Untuk barang elektronik, TIDAK lebih murah daripada di Indonesia dan nggak lebih baru juga, hehehe… Jadi ya nggak ‘worth it’ lah beli new gadget di Warsaw, mending dipakai untuk beli oleh-oleh khas Polandia. Suvenir khas Polandia yg saya rekomen:
      – amber (bahasa Polandianya “bursztyn), bisa dalam bentuk perhiasan, miniatur pohon amber, jepitan dasi, pajangan kecil
      – kristal, bisa dalam bentuk gelas, lonceng, vas, asbak (ada juga yang ada emboss burung elang putih simbolnya Polandia)
      Yang lain sih standard: kaos, topi, magnet, piring pajangan, etc. Semuanya dengan mudah bisa kamu temukan di Kota Tua (Stare Miasto). Banyak toko suvenir di sana, jadi ya nggak usah terburu-buru dan coba aja minta diskon kalau kamu beli banyak di satu toko (tapi kalau cuma beli 1 item, sebaiknya jangan coba nawar ya karena pasti ditolak hehe..).

      Happy traveling to Poland!

      • Hai Mbak salam kenal,

        Sy ada rencana mau kerja di Poland di sektor Agriculture dgn gaji sekitar 1000 US$.Fasilitas lain Mess,Akomodasi,dan Asuransi.Apakah biaya hidup di Poland cukup tinggi? Visa yg di gunakan adalah Visa Shengen selama 4 Thn.Rencananya kontraknya 1 thn & dpt diperpanjang.Apabila sy ingin pindah kerja ke negara lain apa betul diperbolehkan?

        Mohon Bantuannya,Thanks

      • Halo Wamy,

        Maaf sekali baru sekarang sempat membalas. Informasi dari saya jangan dipakai sebagai sumber tunggal ya, coba di-kroscek dengan sumber yang lain, tapi moga-moga sih bisa memberikan gambaran yg cukup jelas.

        1. Biaya hidup di Polandia secara umum masih lebih rendah daripada negara-negara Eropa lain yang sudah memakai Euro, tapi tentunya lebih tinggi daripada biaya hidup di Indonesia. Kota termahal di Polandia adalah Warsawa (ibukotanya). Saya pernah baca report biaya hidup layak di Warsawa adalah sekitar 3600 Zloty per bulan untuk 1 keluarga (mencangkup biaya sewa flat, utilitas, transportasi, makanan, beli pakaian, pendidikan anak-anak di public school, hiburan – tetapi ini tidak termasuk tabungan lho). Saat ini kurs US$1 setara 3 Zloty, maka bisa dibilang standar biaya hidup di Warsawa adalah sekitar 3600 Zloty = US$ 1200 perbulan. Ini kalau kamu bawa keluarga lho. Tentunya kalau di sini hidup single dan sewa flat model studio bisa lebih irit lagi. Untuk kasus kamu, dengan gaji sebesar US$1000 tanpa harus keluar biaya tempat tinggal (karena tinggal di asrama), harusnya sih sangat cukup dan bisa nabung.

        2. Untuk warga negara Uni Eropa, memang diperbolehkan bebas pindah-pindah kerja ke sesama negara Uni Eropa lainnya. Tetapi untuk kita yang bukan warga negara Uni Eropa, ya harus punya izin kerja (work permit) terlebih dahulu dari perusahaan yang baru sebelum pindah kerja ke negara Eropa lain. Visa Schengen itu kan hanya izin masuk dan tinggal untuk waktu tertentu di negara Schengenzone (kebetulan Polandia termasuk negara Schengenzone dan Uni Eropa), jadi dengan visa schengen bisa dipakai untuk jalan-jalan sebagai wisatawan ke negara-negara Eropa lain. Tetapi kalau kamu mau pindah kerja, ya harus punya visa (izin masuk) plus work permit (izin kerja).

        Sukses ya…

  14. Hai Mbak salam kenal,

    Apakah biaya hidup di Poland Mahal? Kalau gaji sekitar 1000 US$ apa cukup mbak,Mess,transfortasi,asuransi dapat sedangkan makan ditanggung sendiri.Thanks

    • Halo Wamy,

      Pertanyaannya sudah saya jawab di atas ya. Tenang saja, harga makanan di Polandia tidak terlalu mahal kok (apalagi kalau bisa berganti pola makan ala barat: banyak makan salad, daging, kentang – tetapi nasi juga tersedia kok di sini). Semoga membantu…

  15. malam Mba; saya suka bget sama blog-nya mba, saya mau tnya” bnyk boleh ya mba 🙂
    terima kasih sebelumnya, siema

  16. Mbak thanks ya utk Infonya,satu lg mau tanya mbak:

    Kalau ViSA SHENGEN sy selama 4 tahun berarti kalau saya pindah kerja ke negara lain tinggal mengurus Ijin Kerja sedangkan Visanya tidak.

    Boleh tahu Mbak,Perkumpulan Orang Indonesia di Poland?

    GBU

    • Halo Wamy,

      Betul, tinggal mengurus izin kerjanya saja. Oh ya, out of curiousity, kok kamu bisa dapat Visa Schengen 4 tahun kalau kontrak kerjanya hanya 1 tahun (meskipun bisa diperpanjang)?

      Orang Indonesia di Polandia tidak banyak, kurang dari 200 orang (tersebar di beberapa kota di Polandia) dan tidak ada perkumpulan resmi-nya. Biasanya sih bisa ketemuan dengan sesama WNI kalau ada hajatan besar seperti HUT RI di Wisma Duta Warsawa. Jadi kalau datang ke Polandia, harus sempatkan lapor diri dulu ke KBRI Warsawa dan biasanya sih pasti diundang kalau ada acara-acara yang melibatkan WNI.

      GBU too.

  17. Jadi menurut Manpower, kontrak saya 1 tahun dan dapat diperpanjang setiap tahunnya sampai 4 tahun mbak.Jadi keseluruhan Visa Schengen 4 tahun Mbak.

    Apa benar aturannya seperti itu Mbak?
    Nama ManPower adalah Jaron Mbak (www.Jaron.pl.eu)

    Thanks,GBU

  18. hi mbak…apakabar?
    Aku mau nanya ni..aku rencana jan mau ke poland …sebelumnya aku da pernah ke eropa utk perjalanan bisnis..tapi yg kmrenkan applynya visa jerman…nah klo poland kira2 gmna ya untuk visa turisnya..lebih sulit atau gampang…dan kemungkinan utk dpt atau engganya seperti apa..

    Thanks
    Ana

    • Hai Ana,

      Rencananya “jan mau ke Poland”, maksudnya bulan Januari ke Polandia? Waduh, kalau untuk wisata sih bulan Januari-Februari itu cuacanya NGGAK mendukung banget deh utk jalan-jalan di Polandia. Suhunya sering minus, turun salju, dan cepat banget gelap (jam 4 sore sudah gelap). Yang ada malah bisa ilfil nanti lihat salju di daerah kota Eropa, karena salju yg kelihatannya indah itu ternyata bikin jalanan becek dan berlumpur. Belum lagi cuacanya dingin banget, koper isinya bisa penuh sama jaket salju yg tebal. Tapi kalau mau coba main ski, Januari memang waktu yang tepat (tempat main ski yg terkenal di Polandia adalah di kota Zakopane, kalau di Warsawa sih nggak ada tempat main ski).

      Kalau untuk urusan visa turis, setahu saya sih selama semua urusan dokumen lengkap biasanya lancar-lancar saja. Tetapi apply visa dari kedutaan Polandia memang agak lebih lama prosesnya (don’t know why), jadi ya sebaiknya jangan mepet waktu nge-apply-nya.

  19. Thanks mba Elvie atas balasannya…
    iya saya undur smpe februari…hehehe
    Wish me luck…

    Ana

  20. Dear mbak elvie,
    Maret insyaAlloh saya ada acara training di Poland, tempatnya di Mazurkas Conference Centre, Poznańska 177, 05-850 Ożarów Mazowiecki, Warsaw. untuk penginapan yang murah daerah situ atau meskipun jauh masih bisa terjangkau transportasinya ada referensi nggak ya mbak, syukur2 ada yang indonesian yang boleh ditumpangi untuk 1 mingguan, hehe.
    Thanks sebelumnya

    • Halo Rofiq,

      Saya sudah cek lokasi Mazurkas Conference Centre-nya di map, wah…itu sudah diluar kota Warsawa ya, kira-kira 12 km dari pusat kota Warsawa. Di sepanjang ulica (ulica = jalan) Poznanska yang puanjang itu memang ada beberapa hotel lain yang relatif murah, tetapi saya ragu untuk transportasinya. Setahu saya, jalan-jalan utama keluar kota seperti ulica Poznanska ini jarang dilewati kendaraan umum, jadi kalau kamu tinggal di hotel lain pastinya harus naik taxi menuju lokasi training p.p (jadinya berat di ongkos juga). Setahu saya juga tidak ada orang Indonesia yang tinggal dekat wilayah itu dan daerah tsb memang bukan area pemukiman.

      Kalau saya sarankan sih, lebih baik kamu tinggal di Mazurkas Hotelnya sekalian (yang terhubung ke conference centernya itu). Saya sudah cek websitenya (http://www.mazurkashotel.pl – ada versi bahasa Inggrisnya kok) dan infonya kalau booking kamar 30 hari sebelumnya bisa dapat harga diskon mulai dari 126 zl/room/night. Ini sih murah banget untuk ukuran hotel di Poland, apalagi yang berbintang 4. Coba cek “Oferta Hot Deal”-nya.

      Semoga membantu ya…

  21. Dziękuję sis elivie,

    aku coba check booking hotel tersebut ternyata mahal, 205zl/room/day, mungkin terkait dengan event yg dilaksanakan memang akan dihadiri banyak tamu hotel jadi tanggal 12-15march harganya jadi mahal T.T, aku coba cari penginepan http://www.zajazdpomian.pl sis, walaupun agak jauh, katanya bisa diakses dengan kereta api + jalan kaki 10menitan.
    Ini lagi mau buat visanya, mudah2an lancar.

    • Saya cek di targeo.pl (online map-nya Poland), memang ada 2 tempat penginapan yang relatif dekat dengan Mazurkas Conference Center (MCC). Yang pertama: Zajazd Pomian, seperti yang kamu sudah kamu temukan (hebat bisa ketemu 🙂 Zajazd atau losmen ini jaraknya 795 meter dari MCC. Yang kedua: Hotel Fus (http://www.hotelfus.pl/), ini hotel bintang 2. Lokasinya di ul. Poznanska 250, jaraknya 400 meter dari MCC (lebih dekat, dan sama-sama di ul. Poznanska, jadi tinggal lurus). Coba cek websitenya juga biar yakin. Untuk harga, hotel Fus memang lebih mahal sedikit yaitu 170 zl/room/night. Oke deh, semoga urusan visanya lancar ya…

  22. Cześć!
    Halo mbak Elivie, saya Rifdy hehe bersyukur bisa ketemu sama orang Indonesia yang tinggal di Polandia hehe 🙂

  23. Dan banyak yang mau saya tanyain sama mbak tentang Polandia, karena pertama memang saya tertarik dengan Polandia dari dulu setelah sepupu saya pernah praktek ke kedubes Polandia karena dia kuliah HI dulu, bawa buklet soal warsawa dan lainnya, menarik banget 🙂

    • Czesc Rifdy,

      Silakan saja kalau mau tanya-2 tentang Polandia, saya coba jawab kalau bisa. Tertarik dengan Polandia untuk wisata, studi atau kerja?

      Kalau lihat buklet atau brosur promosi suatu negara, ya pastinya menarik banget 🙂 Apalagi kalau bicara tentang Eropa, pengennya bisa lihat semua negara Eropa deh.. habis setiap negara di benua biru ini punya daya tariknya masing-masing.

      • Rifdy Rahmandhanu

        Halo mbak, jumpa lagi 🙂
        Hmm, saya sih mau mengunjungi seseorang disana, jadi sekaligus berwisata 🙂
        Iya, dan setelah menonton film-film tentang Polandia tambah tertarik, seperti The Way Back, dan sejarahnya saat Perang Dunia Kedua, dan kebetulan bukletnya itu tentang Warsawa yang saat itu sudah diserbu oleh Jerman..
        Ada juga sih untuk studi, seperti pertukaran pelajar ataupun program beasiswa..kalo boleh tau, relasi Polandia dengan Indonesia di bidang akademis sedekat apa ya?
        Dan kalo pusat kebudayaan Polandia di Jakarta, lokasinya dimana ya?
        Maaf lho mbak Elvie, saya jadi banyak betanya layaknya borongan grosiran hehehe…terima kasih 😉

      • Rifdy Rahmandhanu

        Dan nampaknya, kalo saya berkunjung kesana, saya mungkin akan disajikan Bigos hehehe… 😉
        Nah, itupun yang membuat saya ingin selalu berkunjung kesana 😀
        Cuma itu sebab kedua dari hasrat berkunjung 😉

      • Hahaha.. seseorang yang akan kamu temui di Polandia kayaknya sang pacar ya? Habis yakin benar akan disajikan Bigos 🙂

        Kalau relasi Indonesia-Polandia di bidang akademis belum semaju Indonesia-Jerman, belum ada organisasinya secara khusus. Polandia saat ini lebih mempromosikan pendidikan di negaranya untuk mahasiswa-2 dari Uni Eropa. Kalaupun ada pertukaran pelajar atau beasiswa, itu skalanya regional misalnya AIESEC atau Erasmus Mundus (penempatan belajarnya tidak khusus di Polandia, bisa ditempatkan di negara Eropa lainnya).

        Kalau pusat kebudayaan Polandia di Jakarta setahu saya sampai saat ini belum ada. Hanya kedutaan Polandia yang ada di Jakarta.
        Oke deh, semoga sukses mengunjungi twoje polska dziewczyna (your Polish girlfriend) 🙂

  24. Hallo Mbak Elivie, saya Icha dan sekarang lagi kuliah ni di Jakarta tapi February besok saya berangkat ke Poland (Katowice) untuk program pertukaran pelajar tapi bukan dari Universitas. Saya dari AIESEC Indonesia dan disana saya sekitar 6-8 minggu. Yang mau saya tanyain bagaimana keadaan cuaca disana pertengahan february hingga april, lalu disana kan saya sudah dapat akomodasi dan tempat tinggal (host fam/dorm) bagaimana dengan biaya makan disana untuk sehari hari dan biaya entertain untuk weekend. saya berencana untuk jalan jalan ke prague, vienna dan berlin dan visanya juga harus visa schengen ya? terima kasih sebelumnya 😀

    • Halo Icha,

      Maaf sekali baru sempat membalas. Selamat ya sudah dapat kesempatan jadi peserta AIESEC, lumayan tuh 6 minggu lebih bertualang di Eropa 🙂

      1. Katowice termasuk salah satu kota besar di Polandia, letaknya di bagian selatan Polandia. Dari Warsawa ke Katowice sekitar 3 jam perjalanan kalau naik KA. Cuaca di Polandia selama bulan Februari – April sedang mengalami peralihan dari musim dingin ke musim semi, dimana bulan Februari masih sangat mungkin turun salju sementara di bulan Maret suhu sudah plus. Di Katowice, bulan Februari rata-rata suhunya -0.5 derajat Celcius, bulan Maret suhunya 3 derajat Celcius, dan bulan April suhunya sudah 8 derajat Celcius. Jadi ya pada umumnya masih dingin (walaupun ada matahari) dan masih perlu pakai sweater dan coat.

      2. Biaya makan siapkan kira-kira 35 zloty ($12) per hari – ini kalau makan di luar, kalau bisa masak sendiri pastinya lebih murah. Untuk biaya entertainment saat weekend, di Katowice tiket nonton bioskop seharga 22 zloty. Kalau mau kongkow di cafe ya kira-kira sebesar itulah untuk beli minum. Kalau mau mur-mer, kunjungi saja obyek wisata atau festival yang gratisan, biasanya di setiap kota ada kok apalagi kalau sudah masuk musim semi hehehe…

      3. Kalau ingin ke Prague (bahasa Polandianya Praha, sama seperti bahasa Indonesia), Wina (bahasa Polandianya: Wieden) dan Berlin, memang harus punya visa Schengen. Kalau jalan-jalan ke Wina, jangan pas hari Minggu ya, sepi banget dan semua toko/restaurant pada tutup. Kalau Praha dan Berlin sih setiap hari kotanya hidup.

  25. Rifdy Rahmandhanu

    Hehehehe, ngaco juga saya sebegitu yakinnya disajikan Bigos hehehehe 😛
    Amin deh mbak buat doanya, hehe tapi ini bakalan jadi long trip and long time to realized that hehehehe 🙂
    Oh ya mbak,mau nanya dan sharing nih…hmmm, jadi waktu awal kami kenal, dia pernah coba kirim kartu pos ke saya, alamat yang saya kasih udah bener, tapi kok ya gak sampe-sampe udah hampir 5 bulan lewat, apakah birokrasi disana serumit Indonesia atau gimana?

    • Kantor pos di Polandia ini baik kok kinerjanya. Banyak orang Polandia yang masih mengandalkan surat-suratan via pos, jadi menurut saya sih bukan masalah di pengirimannya. Yang sangat mungkin terjadi adalah teman Polandiamu tidak jelas atau tidak lengkap menuliskan alamatmu di Indonesia. Coba saja minta dia mengirim ulang, atau gantian kamu yang coba kirim kartu pos ke dia 🙂

    • Czesc Rifdy, kebetulan kita punya pengalaman yang sama, saya juga sedang dekat dengan pria dari Poland, dan sudah 3 kali dia kirim paket ke saya dalam 1 tahun ini, semuanya lancar dan cepat, sampai, paling lama itu waktu dia kado ulang tahun buat aku, sekitar 1,5 bulan, jadi kalau sampai 5 bulan, sebaiknya dicek ke kantor pos pusat kita, atau kamu minta no.resinya untuk ditracking disini, semoga membantu 🙂

  26. oh dziękuję ci za dawanie takich informacji dla swoich rodaków w Indonezji, dzięki twoim wpisom mój chłopak może mnie zrozumieć i dowiedzieć się więcej o Polsce, naprawdę wielkie dzięki:)

  27. Mba Elvie, boleh kenalan tidak? Pengen tanya2 kehidupan disana bagaimana ya? khususnya bagi yang muslim. Kalu mau belajar bahasa Poland di Indonesia ada engga? atau kota2 terdekat lainnya?

    Mba Elvie, boleh kenalan tidak? Pengen tanya2 kehidupan disana bagaimana ya? khususnya bagi yang muslim. Kalu mau belajar bahasa Poland diJakarta ada engga? atau kota2 terdekat lainnya?

    Ada CD pelajaran Polish kah? di toko buku susah nyari kamus or buku2 pelajaran bahasa Poland.

    • Halo Elza,

      Salam kenal juga, maaf baru sempat balas komennya. Iya silakan saja kalau mau tanya-tanya kehidupan di Polandia ini. Muslim di Polandia memang minoritas, tetapi sejauh ini saya tidak pernah dengar ada diskriminasi terhadap kaum muslim di sini. Cuma karena jumlah umatnya sedikit, memang agak sulit menemukan tempat ibadah/mesjid di Polandia. Di Warsawa ada 1 buah mesjid, dan di Krakow sekarang sudah ada 1 Islamic Center untuk sholat jumat.

      Setahu saya di Indonesia belum ada kursus untuk belajar bahasa Polandia. Kedutaan Polandia di Jakarta juga tidak membuka kursus semacam ini. Mencari kamus atau buku pelajaran bahasa Polandia di Indonesia pastinya juga sulit. Sebaiknya belajar dari internet saja (bisa dimulai dari situs http://www.skwierzyna.net/learn_polish.htm) atau pesan CD belajar bahasa Polandia dari http://www.amazon.com

  28. salam kenal mbak,..
    lagi2 saya ketemu blogger yang tinggal di eropa,..
    mudah2han saya bisa kesana suatu saat..

    • Salam kenal juga Budi,
      terimakasih ya sudah berkunjung ke blog saya. Amin, mudah-mudahan suatu ketika kalau ada kesempatan kamu bisa berkunjung ke benua biru ini. Saya sudah lihat blog kamu. Wah, ternyata sekarang jadi barudak Bandung ya? Saya kangen Bandung euy, terutama kulinernya…mulai dari Suis Butcher di Setiabudi sampai Ayam Goreng Cola di Simpang Dago (masih ada nggak ya?) Anyway, enjoy Bandung, that’s a great place to spend your university years… 🙂

  29. Aloha! Saya selalu tertarik dengan negara yang huruf belakangnya -ia haha. Poland-ia. Mungkin kalo saya ada waktu dan kesempatan kesana mbak bisa bantu ngasih referensi tempat wisata :D. Menurut mbak lebih baik saya pake tour atau mandiri yah ?? Kalo di negeri orang agak takut hilang yah -_- . Thanks, Saya suka blognya ❤

    • Halo Amanda,

      Thanks sudah mengunjungi blog saya. Lucu juga kamu sukanya dengan negara dengan akhiran -ia. Mungkin dari situ kamu bisa menyaingi Elizabeth Gilbert (penulis Eat, Love, and Pray) berpetualang ke Italia, India, dan Polandia (Polandia sebagai gantinya Indonesia) 🙂

      Kalau tidak ada teman/saudara/kenalan sama sekali di Polandia, saya sih lebih menyarankan jalan-jalan ke Polandia pakai tour. Setahu saya, biasanya tour yang ke Polandia itu dalam bentuk paket “Eropa Tengah dan Timur” jadi ada beberapa negara Eropa yang dikunjungi (biasanya Jerman, Austria, Ceko, Polandia, dan mungkin sama Hungaria juga). Tetapi kalau ada teman/kenalan di Polandia yang bisa jadi guide, ya lebih enak travel independen saja. Tergantung kamunya juga sih, kalau ikut tour pastinya lebih nyaman karena ada yang ngurusin. Sedangkan kalau travel independen, pasti banyak kisah ‘nekad dan kesasarnya’ tetapi pengalaman yang didapat bisa lebih banyak dan melekat di hati.

      Untuk referensi obyek-obyek wisata di Polandia dari saya, silakan baca saja postingan-2 saya di kategori ‘wisata’. Moga-moga memberikan ide apa saja yang bisa kamu harapkan dari Polandia ini.

  30. Salam kenal mbak…

    Gini, saya sedang menjalankan pacaran long distance dengan seorang wanita di Polandia.
    Dia tinggal di warsaw..dan rencananya, saya mau bikin kejutan buat dia mbak…
    Mau ngirim cake atau bunga gitu…kira'” ada toko bunga atau bakery yang bisa online purchase engga ya disana…?…

    Rencananya saya akan kesana…tapi saya bingung kapan sebaiknya saya planning kesananya, karena setelah saya baca smua comment mbak, spertinya musim dinginnya sangat parah…bisa kasih saran di bulan apakah sebaiknya saya kesana?

    Terus, kira” biaya hotel per-malam disana berapa ya?…untuk kelas standard..saya setidaknya akan ada di sana selama 2 – 3 minggu…

    Rencananya saya kesana mau surprise soalnya…jd, harus siap” dari jauh2 hari…XD

    Wish me luck ya mbak…hahaha

    Terima kasih

    • Halo Tommy,

      Wah, penganut LDR (Long Distance Relationship) nih? 🙂

      Betul, kalau mau ke Polandia ini usahakan jangan pas winter deh. Yang ada malah merana karena kedinginan melulu, kecuali kalau setiap hari maunya diam di rumah aja sih. Februari 2012 ini pun winternya sangat dingin meskipun tidak ada badai salju, tetapi siang hari pun suhunya minus. The best time to visit Poland, I would suggest in April – September. Kalau Maret masih unpredictable, kadang sudah agak hangat (di atas 10 derajat Celcius) tetapi bisa juga suhunya tiba-tiba drop. Begitu juga dengan Oktober (musim gugur); cuacanya biasanya sudah mendung terus dan mulai terlalu dingin kalau tidak pakai jaket hangat.

      Untuk biaya hotel, bisa baca posting saya tentang penginapan di Warsawa ya (https://polandesia.wordpress.com/2012/01/29/penginapan-murah-di-warsawa-ada-tidak-ya/) Kalau untuk long stay, jangan lupa minta diskon – pasti dikasih. Tetapi untuk Juni 2012 ini, karena mau ada pertandingan sepakbola EURO 2012, pastinya sih hotel-hotel di Warsawa crowded banget dan harganya dimahalin.

      Kalau mau kirim cake atau bunga sih, di Polandia ini banyak banget layanan online order-nya. E-commerce di Polandia sudah jauh lebih maju daripada di Indonesia. Coba cek http://www.pocztakwiatowa.pl/ (saya rekomen ini karena ada versi bahasa Inggrisnya, dan jelas keterangannya untuk cara pesan dan pembayaran dari luar Polandia). Kalau pesan bunga, coklat, atau parcel lewat website tersebut, bayarnya bisa pakai credit card atau transfer bank.

      Good luck ya dalam mempersiapkan romantic surprise… Pasti cewekmu senang deh, soalnya gadis-gadis Polandia ini senang sama cowok romantis sementara cowok-cowok Polandia-nya umumnya kurang romantis hehehe..

  31. salam kenal mbak elivie.
    saya iis. baru 2 minggu tinggal di warsaw, ga punya teman. belum apa2 sudah winter blues. hehe.
    mbak elivie tinggal di warsaw jg? kapan2 boleh ketemu dan ajari saya bahasa polski ya 🙂

  32. mb, punya ga data kurikulum pendidikan di polandia.. mhn bantuan, untuk tugas makalah saya S2 mksi mb

  33. Halo kakak,,perkenalkan saya Ita.
    Senang sekali menemukan blog ini 🙂

    Polandia sekarang lg sedikit ‘naik daun’ di Indonesia,,dalam rangka menyambut Euro2012 (saya penggemar sepak bola),,dan kebetulan sekali saya mempunyai teman orang Polandia yg tinggal di Poznan,,jadi blog kakak sedikit membantu saya untuk mengenal budaya teman saya 🙂

  34. Dear Mba Elivie (namanya udah mulai susah ya…hee)

    Tak sengaja browsing soal Polandia, ketemu blog ini. Luar biasa. Sepertinya Tuhan membimbing saya menemukan blog ini.

    Saya sugeng wahyudi mba. Asli Indonesia. Saya jurnalis dari Harian Seputar Indonesia (Koran Sindo) http://www.seputar-indonesia.com yang hendak melakukan liputan Euro 2012 di Poland.

    Membaca blog ini, saya jadi merasa bahwa di sana pun bisa bertemu ‘saudara’ lah. Mba, kiranya ada info soal penginapan murah, dan lain sebagainya bisa di-share ya. Saya departure dari Jakarta sekitar 5 Juni dan stay di sana sampe 3 Juli.

    Demikian, perkenalan, sekaligus permohonan bantuan. Terima kasih sebelumnya.

    • Halo Mas Sugeng, salam kenal…

      Sebelumnya memang ada juga wartawan yang menghubungi saya untuk cari info lebih lanjut mengenai Polandia karena dia juga akan meliput pertandingan sepakbola EURO 2012. Silakan saja kalau juga mau tanya-tanya, paling tidak saya bisa bantu carikan info sejauh yang saya mampu.

      Untuk info penginapan murah di Warsawa, bisa dibaca di posting saya https://polandesia.wordpress.com/2012/01/29/penginapan-murah-di-warsawa-ada-tidak-ya/

      Saya juga pernah menulis tentang Stadion Nasional Warsawa (Stadion Narodowy w Warszawie) yang akan dipakai sebagai tempat pertandingan pembukaan EURO 2012 itu. Nanti akan saya coba tuliskan deh info-info lain yang sekiranya bisa membantu kelancaran tugas para jurnalis peliput pertandingan sepakbola yang bergengsi ini. Silakan saja di-eksplor blog ini ya, moga-moga sudah banyak postingannya yang berguna untuk persiapan rekan-rekan yang akan berkunjung ke Polandia.

      Sukses untuk liputannya ya…

  35. makasih balasannya mba….informasinya sangat berguna.

  36. selamat malam mba
    saya mau tanya kalau biaya hidup di poland untuk 2minggu kira2berapa ya
    rencana saya mau ikut program pertukaran mahasiswa disana jadi saya mau tau untuk biaya makan disana berapa
    kalau tidak keberatan bisa di email ke saya mba infonya

    • Halo Abu Amri,

      Saya pernah baca di suatu website untuk international student yang akan studi di Polandia bahwa biaya hidup for a single student di Polandia berkisar 400-600 Euro sebulan (setara 1600-2400 Zloty perbulan).

      Kalau mau saya rinci lebih lanjut, biaya hidup sebesar itu untuk:
      a) biaya akomodasi (asrama atau sewa kamar kost) sebesar 100-200 Euro perbulan (setara 400-800 Zloty).
      b) biaya makan sebesar 35-50 Zloty perhari (sekali makan di kantin/bar/fast food sekitar 12-20 Zloty). Tentunya bisa lebih hemat kalau masak sendiri atau beli roti sandwich untuk sarapan dan lunch seperti yang sering saya lihat di sini.
      c) sisanya untuk biaya lain-lain (transportasi, toiletries, hiburan)

      Semoga info di atas bisa memberi gambaran ya…

  37. hallo mbak elive…
    mohon mbak info tentang sistem pendidikan tinggi di poland

  38. Hi, Mbak Elivie.

    Apa kabar? Semoga sehat selalu ya.

    Mba, saya mau tanya beberapa hal boleh ya. Yg pertama : mengenai culture kerja dari orang2 polandia itu gimana ya? Yg kedua : mbak pernah berkunjung ke Gdynia? Terakhir : mbak, kadang saya suka lihat ada yg tulis “Polska” dan ada pula yg tulis “Polski”..arti dan perbedaannya apa ya ?

    Dziekuje.

    • Halo Dewi,

      Mohon maaf sekali baru sempat membalas pertanyaanmu hari ini 😦 Saya coba jawab ya:

      1. Kultur kerja orang-orang Polandia: mereka menekankan work-life balance. Kalau waktunya kerja ya kerja benar, waktunya liburan ya fokus untuk santai atau untuk keluarga. Umumnya mereka tidak suka lembur hanya demi mendapatkan tambahan uang lembur, jadi kalau lembur ya memang karena kerjaannya belum selesai. Cukup tepat waktu, tapi toleran juga sih terhadap jam karet. Mereka cukup loyal pada perusahaannya, namun sangat sering mengeluh dan tidak puas dengan pekerjaannya hehehe… (sound familiar?) Hubungan bawahan-atasan cukup berjarak (ada birokrasi), miriplah seperti di Indonesia. Apa lagi ya? Kira-kira ada aspek tertentu tentang kultur kerja orang Polandia yang ingin kamu ketahui?

      2. Pernah saya sekali ke sana. Gdynia adalah kota pelabuhan di utara Polandia, sekitar 5-6 jam dari Warsawa. Teringat Gdynia, teringat kapal-kapal layarnya yang bertengger di pelabuhan laut Baltik hehehe… Gdynia itu bagian dari Tri-City (Polish: Trojmiasto) yaitu Gdansk-Sopot-Gdynia. Gdansk adalah salah satu kota besar dan penting di Polandia (gerakan Solidaritas-nya Lech Walesa bermula di sini), sedangkan Sopot terkenal sebagai kota resort pantai. Pokoknya kalau ke Gdynia, ya harus sempatkan berkunjung ke Gdansk dan Sopot juga. Btw, ada apa (atau ada siapa) nih di Gdynia? 🙂

      3. Polska – Polski: kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya sama-sama “Polandia”. Beda di penggunaan grammatical case-nya saja. polska adalah kata sifat untuk benda feminin (misalnya ‘polska dziewczyna’ = polish girl), sementara polski adalah kata sifat untuk benda maskulin (misalnya ‘polski chłopiec’ = polish boy atau ‘język polski’ = polish language). Tetapi kalau “Polska” dengan huruf ‘P’ kapital itu berarti negara Polandia (Poland). Moga-moga cukup jelas ya.

      • Thanks a lot ya, mba atas penjelasannya =). mba, tinggal disana rencananya sampai kapan? Mana tau klo pas kesana, bisa ketemu sama mba elivie langsung yang telah menulis blog ini so well.

  39. mba Elice..apa kabar?
    blog mba ini bagus banget! kk ku aja yang dari indonesia sampai seneng bacanya, very useful.
    semoga di sana semuanya lancar dan berharap kita bisa ketemu lagi.
    keep writing ya mba.
    kisses

    • Waaa.. ini Menni ya? Co słychać, Kochanie? 🙂

      Terimakasih banyak atas apresiasimu ya! Juga terimakasih untuk kakakmu yang sudah berkunjung ke blog ini. Menni yang kasih tahu, atau kakakmu yang nemu blog ini via search engine? Jadi ge-er, hehehe… Moga-moga kakakmu pun jadi lebih siap dan senang kalau suatu ketika mau mengunjungi Menni di Poland. Saya juga berharap semoga suatu saat kita bisa ketemu lagi… Salam hangat untuk teman-teman di Warsawa ya… 🙂

  40. Halo salam kenal mbak Elice!
    Aku suka baca-baca cerita tentang bagaimana tinggal di negeri orang. Dan Polandia? Aku bahkan tidak pernah memikirkannya! ^_^

    Insya Allah jika ada kesempatan dan rejeki, mdh2an Polandia suatu hari bisa menjadi negara tujuan utk berwisata ^_^

  41. Jika Anda dapat memimpikannya, Anda dapat melakukannya

    mba, mau tanya soal penggunaan handphone di poland. apa untuk handphone belum 3G bisa dipakai di situ?. Saya pakai blackberry tapi kebetulan belum 3G dan rencananya mau pakai nomor lokal selama di sana. Makasih

    • Tidak ada masalah untuk handphone yang belum 3G, pasti tetap bisa berfungsi dengan baik di Poland. Saya bahkan sering melihat banyak orang Poland (terutama kaum lansianya) yang masih pakai handphone jadul dengan layar masih hitam putih, hehehe… Asal jangan bawa hp CDMA aja, karena setahu saya provider lokal di sini ya semuanya jaringan GSM.

  42. sudah ga sabar pengen ketemu camer 😀 hahaha

  43. Halo mbak Elivie… kenalkan dulu, saya nana asal surabaya… Salam kenal 🙂
    Mba, saya bakal main ke poland bulan depan. Cukup lama sih, sekitar sebulan. Bakal asyik sekali kalau saya ketemu Mb Elivie, yang udah jadi semacam native di sana… karena saya pastinya juga bener-bener buta di sana… hehehe…. boleh minta email dan nomor telepon di sananya mba? saya bisa dihubungi di retna_christa@yahoo.co.uk. terimakasih sebelumnya ya mbaaa… Saya tunggu balasannya 🙂

  44. Baru saja menemukan blog ini. Salam kenal buat mba blogger. Blogg ini bisa membantu mengobati kerinduan saya terhadap Polandia. Jadi Pengen ke sana lagi 🙂 Keep sharing.. Powodzenia 🙂

    Evan.

    • Czesc Evan,

      Wah, pernah berkunjung atau tinggal sementara waktu di Polandia juga ya. Di kota apa? Mowisz po polsku? 🙂 Terimakasih ya udah berkunjung ke blog ini. Amin, moga-moga kamu punya kesempatan berkunjung lagi ke Polandia bahkan bisa menemukan suasana yg berbeda. Pozdrawiam…

      • Dzien Dobre 🙂

        Hi Mba Elvie 🙂 Saya tahun lalu sept – nov sempat ke Polandia ikut program AIESEC (Exchange program gitu) Hehe… Program saya berpusat di Pordkarpackie, di kota Rzeszow bagian selatan Polandia.. Haha… Banyak kenangan menarik bersama teman-teman dan para host families di sana. Suatu negara yang luar biasa. Orang-orangnya ramah (mungkin beda kalo di Krakow atau Warsawa) hehe 🙂 Hal itulah yang buat saya betah di Polandia.. Hanya saja.. karena waktu itu musim gugur… waduh… Bardzo Zimno! Nie Lubie! hahaha (typical tropical boy yg gak tahan sama dingin> haha) gak tahan :p . Mowisz Po Polsku… mawe….. sedikit…haha..

        Mba Elvie posisinya dimana ya? Tinggal disana? Amen.. hope can visit this country soon or late.

  45. halo mba Elivie kok lama ga ngeblog.. saya nana dari surabaya. bakal di poland selama euro 2012… boleh ketemu ngga mba?? saya pingin sekali ngobrol sama mba.. sukur2 ditemenin jalan2 hehehe… makasih mbaaa 🙂

    • Halo Nana,

      Maaf bgt baru sempat balas komen kamu. Iya, sudah lama nih saya nggak ngeblog. Saya saat ini sudah kembali ke Indo (pulang sebelum Euro 2012 dimulai) karena penugasan suami sudah selesai, dan alhasil sampai sekarang masih sibuk banget menata ulang kehidupan di tanah air setelah merantau bertahun-tahun hehehe…

      Wah, asyik nih jalan-jalan ke Poland selagi ada Piala Eropa. Pasti heboh dan banyak nyasar2nya hahaha… Maaf ya saya nggak bisa nemenin. Berarti sampai skrg kamu lagi di Poland ya? Have fun ya… Atau seperti kata orang Polandia “Zycie milego pobytu..” :))

  46. mbak blognya berguna bgt deh hehe. kebetulan juli ini aku mau travellng ke warsawa nih. kira2 summer disana kaya summer di jakarta apa gimana nih? soalnya denger2 summernya poland bikin kita tetep berjaket. terus kalo september masih oke kan mbak belom dingin?
    maaf yaa banyak tanya hehe

    • Halo Wila,

      Summer di Poland memang agak ‘pelit’, karena cuma sebentar aja panasnya, malah sering tidak bisa diprediksi juga. Musim panas di belahan bumi utara termasuk di Polandia itu kan resminya 3 bulan, dari 22 Juni – 21 September. Tapi yang benar-benar panas (bisa lebih dari 30 derajat Celcius) paling cuma 2 minggu biasanya di akhir Juli/awal Agustus, yang agak panas (sekitar 26-30 derajat Celcius) sekitar sebulan (awal Juli dan akhir Agustus), selebihnya adem agak dingin (di bawah 26 derajat Celcius, dan kadang cerah kadang mendung).

      Gimana pun juga, suasana summer pas banget untuk wisata. Orang-orang Polandia menikmati banget saat summer, taman-taman dan wisata outdoor banyak dikunjungi orang. Summer dresses dan black sunglasses jadi fashion umum dimana2, dan somehow orang-orang di sini pun jadi lebih ramah hehehe…

      Kalau ke Polandia bulan September, cuaca biasanya sudah lebih teduh, sering mendung dan berangin. Sebagian pohon2 sudah berguguran, tapi masih terang sampai jam 7 malam. Lebih baik bawa jaket agak tipis untuk nahan angin (tidak sama dgn jaket tebal untuk salju ya).

      Okay, happy travelling to Poland ya… 🙂

  47. hola mba Elivie…

    seneng bgt baca2 smua artikel dsni..bahasa asik..apik…pkoknya sneng bgt bacanya & sngat mbantu utk se2org yg msh blajar&trus blajar ttg polandia 🙂

    saya ria mba…tinggal di ostrow wlkp…dsni saya lum ketemu satupun org indo 😦 saya pngen ada temen indo sukur2 wong jowo jd bisa ngbrol boso jowo…haha

    saya baca mba uda pulang ke indo 😦 ihikz…pupus hrapan bisa ktemu org indo…jd pngin ikut plg niy…hehe…

    mba..gmn ya bs cpt bhs poland..wowh…pusiang uda blajar tiap hari tp ga lancar2 hehe…saya dsni 6bln…

    makasih sekali seblumnya utk blsnya…Gbu 🙂

    • Halo Ria,

      Wah, sudah 6 bulan di Polandia ya? Berarti sudah sempat melihat salju dong :)) Ya, saya memang sudah balik ke Indo setelah 3,5 tahun tinggal di Warsawa. WNI di Poland memang tidak banyak, apalagi yang tinggal di luar ibukota. Ria sendiri dalam rangka apa tinggal di Polandia, dan akan berapa lama?

      Saran saya agar cepat lancar berbahasa Polandia: fokus ke basic conversation dulu dengan ambil kursus intensif percakapan dalam bahasa Polandia minimal sebulan. Nggak usah terlalu pusing dengan grammarnya yang njelimet, yg penting message kamu tersampaikan. Banyak kok orang Poland yang struktur bahasanya ternyata agak ngaco juga hehehe… Setelah lebih pede ngomong dengan native people sehari-hari, baru deh meningkat dengan self learning books/CD atau ambil kursus reguler.

      Semoga membantu ya…

  48. dear Evie…

    Ada ide dimana bisa beli baju atau kemeja yang harganya miring di polandia? Thanks ya….

    • Biasanya di Eropa, termasuk di Polandia, ada sale serempak di berbagai department stores atau shopping mall menjelang pergantian musim. Untuk Polandia, sale/obral umumnya di bulan Februari (sale koleksi pakaian musim dingin) dan di bulan Agustus (sale koleksi pakaian musim panas). Sayangnya, meskipun iklannya bilang “up to 70%”, aslinya kebanyakan item hanya diskon 20-30%. Ya lumayan lah, daripada enggak…

      Alternatif lain, ke “ITC” ala Polandia. Misalnya di Warsawa, kamu bisa coba datangi Marywilska 44, Maximus, atau Fashion House. Harganya relatif lebih murah, kualitasnya cukup bagus, dan tempatnya pun luas, nyaman, rapi! Barang2 yang dijual di sana kebanyakan buatan Polandia, Turki, Vietnam, atau Cina. Sayangnya “ITC-ITC” tersebut terletak di pinggir kota, jadi butuh effort tersendiri. Dari Centrum Warsawa, ada sih shuttle bus gratis untuk ke Marywilska 44 dan ke Maximus. Busnya lewat sejam sekali (cek jadwal busnya di halte Centrum itu). Kalau punya banyak waktu luang, mungkin bisa. dicoba 🙂

  49. halo mbak. insya Allah akhir Agustus ini saya mau Ke Poland, mau ada exchange student, tepatnya di Torun. di poland sendiri muslim nya gmn ya mbak? apa mesjid2 gitu juga banyak?
    thankyouu 😀

    • Halo Barly,

      Exchange student dari AIESEC ya? Nebak aja sih hehehe… You’re lucky, Torun is a beautiful city! Termasuk salah satu kota yg tidak dihancurkan selama PD II sehingga banyak bangunan bergaya Gothic yg masih dipreserved di sana. Torun juga terkenal sbg kota asalnya astronom terkenal Mikolaj Kopernik, atau yg lebih dikenal dunia dengan nama Nicholas Copernicus. Dari Warsawa, Torun bisa ditempuh sekitar 3 jam naik bus atau KA.

      Mayoritas orang Polandia (95%) adalah penganut agama Katolik. Islam termasuk agama minoritas di Polandia. Kabarnya di Polandia hanya ada 3000-5000 muslim, kebanyakan keturunan etnis Tartar dan pendatang. Mungkin karena populasinya yg sangat sedikit itu, sangat jarang ada masjid di Polandia. Setahu saya di Torun tidak ada masjid, sementara di Warsawa hanya ada 1 masjid yg terletak di ulica Wiertnicza di distrik Wilanow. Selama tinggal di Polandia, saya sih tidak pernah mendengar ada kerusuhan/kekerasan terhadap agama minoritas di Polandia, jadi ya aman-aman saja menjalankan kehidupan beragama masing-masing selama tidak mencolok/mengganggu komunitas di sekitarnya.

  50. Yth Mbak Elivie

    Salam kenal dari saya.. Terima kasih banget ya infonya mengenai Polandia.
    Pertanyaan saya mungkin sama dengan Barly yg akan pergi ke Poland. Kebetulan anak saya ikut student exchange (AIESEC juga sihh), dia berangkat kira-2 bl agustus mendatang. Boleh nggak ya saya ngobrol lewat email pribadi ? Tks sebelumnya

  51. Hi Mbak

    Aku mo tanya….aku dpt tawaran kerja di wroclaw long term….kalo mo cari tempat tinggal/apartemen itu dimana ya mbak ? sekarang harga market nya berapa ya mbak ?

    Penginnya sih apartemen yg udah ada internet + full kitchen + wash machine + heater gitu….

    Mo tny2 lebih detil boleh ga mbak 🙂

    • Halo Dıta,

      Maaf baru sempat balas. Mau pındah ke Wroclaw ya? Wroclaw termasuk kota besar dı Polandıa, seharusnya sıh nggak susah mencarı flat dı sana. Harga sewa flat tentunya tergantung lokası dan kondısı flat ıtu sendırı. Kalau lokasınya strategıs, dı area Centrum/pusat kota atau dı dıstrık yg banyak expatnya tentunya harga sewa flat lebıh mahal meskıpun gedung apartemennya sudah tua. Jadınya kısaran harganya bısa lebar bgt, ada yg murah ‘cuma ‘ 1000 zloty, ada yg mahal sampaı 3000 zloty. Itu untuk apartment dengan 1 bedroom. Yang 2 – 3 bedrooms range harganya beda lagı.

      Setahu saya, kebanyakan flat yg dısewakan dı Polandıa sudah furnıshed, bısa semı atau full. Furnıshıngnya mınımal sudah dılengkapı tempat tıdur, lemarı, meja + kursı makan, kıtchen equıpment (bıasanya kompor model buılt-ın hob atau standıng cooker, plus kulkas or mıcrowave), dan mesın cucı darı sı owner. Heater sıh sudah pastı ada dı tıap flat, bıasanya centralızed darı gedungnya. Kalau ınternet bıasanya jadı urusan sı penyewa, tapı bısa mınta sı owner utk bantu order pemasangan ke ınternet provıdernya.

      Kalau mau, search lıst flat/apartment yg dısewakan dı Wroclaw dı http://www.google.pl dengan keywords “nıeruchomoscı wroclaw” atau “wynajem mıeszkanıe w wroclawıu”. Hasıl pencarıannya sıh dalam bahasa Polandıa, tapı lumayanlah untuk memberı gambaran.

  52. Halo mbak elvie,

    saya nimas, salam kenal ya. ahir september ini saya akan ke poland, tapi bukan ke warsaw, lebih tepatnya saya akan ke lublin. Kira-kira living cost perbulan sekitar berapa ya? kalau saya mau ngobrol lewat email di atas boleh tidak? terimakasih..

    • Halo Nımas,

      Maaf baru sempat balas. Lublın ıs a beautıful lıttle town, nggak terlalu jauh darı Warsawa. Sekıtar 2,5 jam perjalanan naık bus. Saya pernah maın-maın ke sana cukup pulang harı (one day trıp) darı Warsawa.

      Rencananya tınggal dı sana sebagaı apa dan dımana? Kalau mahasıswa kan bıasanya bısa dı asrama, dengan host famıly, atau room sharıng dengan teman kost, jadı lebıh murah. Kalau pekerja, bıasanya memılıh sewa flat sendırı atau dengan roommates. Kalau dı luar sewa tempat tınggal, lıvıng cost perbulan sıh sekıtar 300-500 Euro atau sekıtar 1200 – 2000 Zloty. Tergantung gaya hıdup juga pastınya.

      Boleh, kırım aja emaıl ke elıce134@yahoo.com kalau ada yang mau dıtanyakan. Moga-moga saya bısa bantu ya.

  53. Hi Mbak Elvie

    Thanks ya feedbacknya….iya aku mo pindah kerja ke Wroclaw mbak

    waduh kok semuanya bahasa Poland ya 😀

    pertanyaan mendasar tapi penting, cara belajar bahasa Poland gmn ya ? aku nyari2 kamus Poland-Inggris kok ga ada ya….ada referensi ga mbak ? soalnya kan aku stay long term di sana, pastinya musti ngerti bahasa Poland walaupun basic2 gitu deh 😀

    trus cuaca di sana kira2 gmn ya ? October/November udah masuk winter ya ? aku pindah ke sana antara bulan2 segitu soalnya….

    aku boleh tny2 lgs ke email mbak ga ? 🙂

    • Hehehe, ntar makın kaget lho sesampaınya dı Poland ternyata cuma sedıkıt penduduknya yg bısa berbahasa Inggrıs. Kalau mau tınggal long term dı sana ya memang harus belajar bahasa setempat, meskıpun sedıkıt-sedıkıt. Saya juga nggak pernah ketemu kamus Poland-Inggrıs yg dıjual dı Jakarta, ketemunya ya waktu tınggal dı Warsawa ını. Tapı nggak usah khawatır, dı kota-kota besar Polandıa (terutama dı Warsawa dan Krakow) bıasanya ada kursus “Polısh for Foreıgners”. Ambıl ıtu aja kalau sudah tıba dı sana. Kelasnya pastı seru, karena pesertanya darı berbagaı negara. Kalau mau ‘curı start’ selama masıh dı Indo, ya belajar darı ınternet. Coba deh search ‘learn Polısh onlıne’ dı Google.

      Oktober/November belum wınter (masıh autumn) tapı sudah dıngıınn..!! Sıapkan jaket tebal, syal, topı, karena cuacanya serıng mendung, berangın, dan suhu serıng drop. Bahkan mungkın saja salju sudah turun dı bln November spt yg terjadı dı tahun 2009 dan 2010. Saya pertama tıba dı Poland juga bulan Oktober. Wah kaget deh waktu ıtu, angınnya berasa dıngın banget buat saya karena sebelumnya terbıasa kepanasan dı Jakarta hahaha…

      Boleh, sılakan aja kalau mau tanya vıa emaıl ke elıce134@yahoo.com

  54. halo mbak. pernah dengar kota kecil Wegrow (referensinya sekitar 1 jam dari warsawa)….apakah mbak punya gambaran tentang kota kecil ini? saya mohon info tersebut karena saya ditugaskan oleh kantor selama 2 bulan disana…terima kasih infonya, mbak

    • Halo Thomas,

      Maaf baru sempat balas. I’m afraid there’s nothing much to tell about Wegrow, it is indeed just a small suburban city in Mazovia region. Kotanya kecil, tenang, bukan kota pariwisata dan bukan juga kota industri. Sama spt kota-kota kecil lainnya di Poland, di Wegrow sangat sedikit penduduk di sana yang bisa bahasa Inggris, dan makanannya pasti khas masakan setempat. Siap-siap nggak ketemu nasi selama di sana, hehehe… Kalau sudah gelap, ya suasana kota ‘mati’ aja gitu. Apalagi penduduknya kan memang sedikit, jadi suasana tambah sepi aja. Kalau boleh tahu, kamu di sana ada tugas di bidang apa?

      Wegrow sejauh ini masuk sejarah karena dahulu di kota ini ada komunitas kaum Yahudi yang cukup besar. Namun mereka dihabisi pada masa Holocaust oleh Nazi, sebagian besar diangkut ke kamp konsentrasi Treblinka dan sebagian lagi dibunuh di tempat (nah lo, jadi serem..). Tapi itu sih dulu, sekarang Wegrow ya kota kecil biasa aja. Tenang, teratur, teduh, dan bisa dibilang agak membosankan… Sempatkan jalan-jalan ke kota besar kalau sudah di sana ya.

  55. Halo Kak Elivia,
    Salam kenal saya Lee Reggi 🙂
    Saya dari Jakarta, kebetulan punya teman orang Polandia.
    Mau share sedikit nih tentang kisah saya dan dia..
    Jadi kita kenal dari sebuah aplikasi di Blackberry, sampai akhirnya dia ada rencana untuk datang liburan ke Indonesia 😀
    Ternyata setelah hampir 1 bulan, dia betah tinggal disini, di Jakarta.
    Ada beberapa cerita lucu dari cara menuang kopi, cara bicara, selera humor, dan banyak hal lainnya yang kita suka agak “bentrok” 😀
    Seru memang berteman dengan orang Polandia.
    Awalnya memang benar bahwa mereka memiliki wajah yang sangat sangat super duper serius “everytime”, dia tertawa hanya di saat tertentu.. hahaha ini menarik, semakin tertantang untuk mencari tahu budaya mereka hingga detik ini.

    Yang paling lucu adalah ketika dia bilang “thank you” dan saya balas “sama-sama”, sesaat dia diam, kemudian tertawa sangat geli.. karena bahasa “sama” bagi orang Polandia memiliki arti “sendiri” yang berarti “sendiri-sendiri”..

    Ada juga cerita lucu lainnya seperti pas kita nonton satu film, kita lihat ada salah satu tokoh yang “udelnya” kemana-mana, saya bilang sama dia bahasa Indonesianya itu adalah “udel” trus dia bilang, kalo bahasa Polandianya itu “pempek”, trus suatu hari kita makan pempek, dia tanya kok ini makanannya enak banget, dia tanya apa nama makanannya? saya jawab “pempek” dia langsung gamau makan lagi.. hahaha.. kita kalo inget itu suka geli sendiri..

    Mba Eli, sebelumnya makasi banget udah mau share banyak hal tentang budaya Polandia disini, karena dengan begitu saya jadi banyak mengerti akan perbedaan dari budaya teman saya ini.

    Saya tunggu cerita-cerita selanjutnya yah mba :))

    NB : Untuk teman-teman yang ingin belajar bahasa Polandia, teman saya ini bersedia membagi “ilmunya” untuk kita :D~

    Salam,
    Lee Reggi

    • Wah, terimakasih banyak sharingnya ya! Apalagi yang cerita udel dan pempek itu hahaha… 🙂

      Hayooo, yang mau belajar bahasa Poland, teman Polandia-nya Lee bersedia sharing ilmu tuh! Lumayan banget bisa latihan langsung dengan native speaker…

    • Hi, Lee. Wah, tmnnya mau share ilmu buat yg mau belajar bahasa polandia yah. Serius nih? Btw, tmnnya berencana stay lama di Indonesia atau sudah mau balik ke Poland ? Thx.

      • Halo sis Dewi 😀 Salam kenal 🙂
        Menjawab pertanyaan di atas ini..
        Teman saya sudah kembali ke negaranya sejak bulan Januari 2013..
        Mungkin kalo sis mau berkenalan dengan orang Polandia bisa berkenalan melalui aplikasi seperti social media (agak random sih ini) jadi mesti hati-hati.. 😀

    • hi lee regi.. salam kenal

      saya juga punya pengalaman dengan teman dari poland.

      noleh minta alamat email kamu. ada beberapa bahasa dan kebiasaan yang ingin saya tanyakan .. ^_^

  56. Hi Elivie, mudah2an masih aktif untuk tukar info tentang Poland.. Boleh berkenalan utk tanya2 mengenai tips & tricks utk mulai hidup dan tinggal di Warsaw?

    Sebagian besar aku belajar dari jawaban2 yg sdh ada di atas 🙂 Untuk detail boleh nanya2 langsung via email gak, please?

    Terima kasih banyak sebelumnya.

  57. Hai Mbak…saya di Jogjakarta.

    Umm saya sering chatting sama satu teman perempuan di Gdynia, Poland. N Pengen sih main2 atau kerja disana. Atau sekolah mungkin. 😀

    Tampaknya menarik juga. hehe

    • Halo Ibnu,

      Gdynia itu kota pelabuhan di Polandia, termasuk salah satu dari Trojmieska (Tiga-kota yaitu Gdansk, Gdynia dan Sopot yang saling berdekatan). Letaknya di pinggir laut Baltik. Tempat yang menyenangkan memang kalau mau main-main dan wisata ke sana. Tetapi kalau untuk sekolah, mmm… sekolah apa ya? Soalnya setahu saya tidak ada sekolah tinggi berskala internasional di kota itu.

      • Iya..kata temen sy ada pantai yg bagus dsana..ehehehe
        ummm ttg bahasa poland menurut saya ckup susah n terdengar lucu y mbak…
        bbrp kali sy pernah minta teman saya ngomong via skype…ngakak dengernya..
        Mereka berdua sekolah d Gymnazum di Whejerowo…n punya rumah jg d Gdynia katanya. Ak sih percaya2 aja 😀

  58. Hi Mba Elice..
    Dziekuje, nice blog 🙂
    Sebelum saya datang ke Poland, saya sempetin dulu baca2 blog ini. And now I’m enjoying my exchange experience in Koszalin. Such a small town huhu
    But as you said, I’ll visit Krakow soon.. (oh ya, and Torun) hahaha.
    O iya, sedikit info, bagi yg muslim dan berkerudung, sering-sering aja pergi makan kebab.. saya baru sekali makan kebab dan dapat french fries + pepsi gratis lho, hehehe.. dziendobraaaa

    • Halo Meriz,

      Setuju dah, kebab is the best halal fast food in Poland! Kalau main ke Warsawa, harus nyobain Efes Kebab ya, daging baraninanya bo… mantap dan royal! Puas deh, hehehe…

      Enjoy your experience in Koszalin (dimana sih tuh?) dan benar, harus sempatkan ke Krakow dan Torun ya! Gak bakal nyesel deh. 🙂

  59. Good post. I learn something totally new and challenging
    on blogs I stumbleupon every day. It’s always useful to read articles from other writers and practice something from other websites.

  60. Dear mbak Elivie,

    perkenalkan saya Ayu, bekerja untuk sebuah majalah. Saya ada pertanyaan tentang beberapa tempat wisata di Polandia. Boleh saya dihubungi ke email saya untuk mempermudah komunikasi?

    Thank you

  61. Hai Mba Elice,
    Waahh,,good post mba. Happy to find your blog! Jadi bisa tahu ada apa aja di Poland.
    Aku ada temen orang Poland juga, sejak dia cerita soal Poland jadi pengen banget visit kesana. Sangat membantu nih mba informasi dari mba Elice, jadi bisa ada gambaran kalau someday benar2 bisa kesana ^_^

  62. halo mbak Elivie! salam kenal!
    saya selalu suka membaca blog orang Indonesia yg tinggal di luar negeri, rasanya tuh jadi ikutan jalan-jalan :mrgreen:
    dan saya juga punya cita-cita, pengen nyobain tinggal juga di luar negeri. semoga dapet suami yg nanti kerja atau kuliah di luar negeri (terutama Eropa) aamiin! *lah ngarep banget :p

  63. salam kenal Mbak! saya baru nyampe Warsaw dua hari kmrn, bakal sekolah disini setahun ke depan. Thanks bgt ya Mbak info di blog ini sangat bermanfaat. Klo ada pertanyaan saya boleh kirim email kan Mbak?:D

    Salam
    Paris

  64. Hi.. Mbak Elivie…
    Blog yang luar biasa… saya merinding kalo ngebayangin harus bisa bahasa Polandia, tapi harus… saya perhatiin banyak orang polandia tidak begitu mahir berbahasa inggris.. ini yang bikin BT, saya kenalan dengan cewe sana.. kayanya kita sama sama lagi kasmaran.. kita dah buat janji buat saya kesana.. tapi kendala bahasa ini buat mabok.. selama ini dia pake translator.. ya dikit2 bisa sih dia, tapi kayanya harus saya yang ngalah belajar bahasa Poland.. cari kursus di bandung mabok mbak..
    Ada link supaya lebih mudah gak ya mbak.. persiapan bahasa suapaya gak canggung ntar. kan konyol kalo ngandalin translator.. hahahaha..

    makasih banyak ya Mbak..

  65. terbantu atas infonya, makasih

  66. Salam kenal mbak elivie

    Awal saya ketemu blog ini, karena penasaran dg polandia. Saat ke monas hari minggu sore nggak nyangkan ketemu lg dg pserta international dance. Ternyata itu hari terakhir. Its over kata mereka. Hari hari sebelumnya kami ketemu di sebuah hotel di kawasan senen, kaki sama2 jd tamu dsana. Pakaian tradisionalnya sangat menarik bagi saya. Saya berkesempatan mengabadikan pertemuan dg delegasi poland…sangat berkesan. Saya berharap suatu saat sy bisa berkunjung k poland.

    Mbak elivie blognya luar biasa informatif hampir 3 jam sy tongkrongi..
    Thanks salam kenal dari Aceh

  67. Halo mbak , suprise sekali baru skrg saya menemukan blog ttg poland yg cukup rinci dengan perasaan dan pengalaman yg sama dengan yg saya alami , :), saya tau blog ini jg dari seorang mahasiswa yg saya baru saya kenal di salah satu rumah teman di krakow saat natal kemarin. Saya pribadi jg tinggal di Poland, di kota kecil tidak jauh dari Oswieciem. Sangat disayangkan kita tidak bs bertemu pd saat mbak tinggal di Poland ya! Anyway salam kenal dr Bierun. – Jenny

  68. mbak, aku mau tanya dong. aku rencana bulan juni ada pertukaran mahasiswa aku bingung mau pilih kemana, pilihannya pokoknya negara berkembang di eropa. pilihanku jatuh antara turki, ukraina dan polandia. boleh gak aku tau berapa biaya hidup kira2 selama sebulan per orang di polandia? boleh minta email mbak? Thanks 🙂

  69. mba elice,

    bagus banget blognya.
    habis baca blog ini, aku jadi keinget beberapa tahun yang lalu pas jadi buruh disana.
    kangen suasana sana..
    ada undangan kerja lagi kesana, tapi masih betah kerja disini.

    makasih atas ulasannya

  70. Halo mba Elice,.

    Saya sudah membaca tulisannya di blog ini sejak tahun 2010 untuk mendapatkan informasi mengenai Polandia dan hasilnya : saya sudah 2 x berkunjung ke polandia ( november 2010 dan oktober 2013 ) dalam rangka urusan bisnis dan jalan-jalan.
    saya sudah mengunjungi kota Warszawa ( nginap di hotel mercure ), Lodz, Poznan dan tentunya Krakow ( nginap di hotel Amadeus ), mengunjungi Salt mine Wiezlicka dan tempat2 seperti yang tertulis di blog mba Elice dan semuanya benar dan sesuai dengan apa yang di tulis,. Terima kasih.
    Maaf baru sempat ikut memberikan komentar,. senang sekali bisa membaca semua tulisan mba tentang Polandia dan itu sangat bermanfaat sekali bagi saya dan siapapun yang mau berkunjung ke negeri yang indah ini ( termasuk orang2 Polish yang good looking 🙂 ).

    Terima kasih untuk semua sharingnya

    Salam,

    Sudi Sudjadi ( Jakarta )

  71. mba boleh minta alamat e-mail nya? 🙂 mau berbincang-2 saja soal pengalaman mba elice… trimakasih

    salam
    TD

  72. mba, perkenalkan saya Puspita mahasiswi Fak. Kedokteran di Brawijaya Malang Indonesia. Mbak maaf saya mohon saran dan bantuannya. saya akhir-akhir ini baru saja memsubmit abstrak penilitian untuk lomba yang diadakan oleh Jagiellonian University, Cracow, Poland. nama lombanya adalah IMSC 2015 (International Medical Students’ Conference). Puji Tuhan, abstrak saya ketrima dan saya diharuskan untuk mempresentasikan penelitian saya di universitas tersebut. Nah masalahnya adalah saya takut kalau ternyata ini sebuah penipuan mbak karena saat saya liat webnya di http://www.imsc-krakow.pl/ ternyata full programnya masih belum juga dilaunching bahkan video treasernya juga tidak ada. hal itulah yang membuat saya ragu akan keberadaan lomba ini. dan juga disitu dituliskan saya harus membayar biaya registrasi dulu jika ingin mendapatkan invitation letter.
    mohon sarannya mbak apa yang harus saya lakukan sebaiknya?
    terimakasih banyak mbak. kalau boleh saya minta kontaknya mbak elivie karena kalau memang lomba itu ternyata ada dan bukan suatu penipuan maka saya kemungkinan ke cracow tanggal 16 April 2015. terimakasih mbak. mohon petunjuknya.

    • Czesc Puspita yg sedang galau…. I’m afraid you have a misperception here. Jagiellonian University adalah universitas terkemuka di Polandia, dan sama seperti banyak universitas2 lain di Eropa/US, universitas ini cukup sering menggelar konferensi2 mahasiswa internasional yg infonya mudah diverifikasi via websitenya atau PIC nya. Cuma setahu saya juga, konferensi2 tersebut biasanya bersifat knowledge sharing dan bukan perlombaan ilmiah. Artinya jika abstrak kamu terpilih untuk dipresentasikan, bukan berarti kamu jadi pemenang lomba yang akan mendapat hadiah atau ditanggung transport dan akomodasinya. Bahkan bisa jadi kamu tetap ditreat sebagai peserta yg juga wajib bayar registration fee. Saya coba cek website IMCS yg kamu sebutkan, and looking at the whole programs and sessions I have to say konferensi ini sepertinya bukan perlombaan tetapi pure knowledge sharing among academians. Saran saya, coba tanya langsung ke PIC nya (ada emailnya di website) hal2 yang membuatmu ragu. Namun apabila biaya flight/transport dan akomodasimu sebagai ‘pemenang’ makalah tetap menjadi tanggungan pribadi, maka jelas ini konferensi yang bersifat knowledge sharing dan bukan perlombaan ilmiah seperti yang kamu duga. Semoga bisa memberikan pencerahan ya. Salam, Polandesian.

  73. halo selamat siang guys,

    saya ingin menawarkan parttime job untuk warga indonesia yang bisa berbahasa polandia, tetapi saya butuh yang berdomisili di jakarta?? apakah dari temen teman semua ada yang tertarik?? jika tertarik bisa hub saya melalui email di leonnyfransiska@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: