Category Archives: Uncategorized

Thank you, Esquire!!

Yaaay… artikel Polandesian dimuat di Esquire edisi September 2014!! It’s about Torun, a charming medieval city in Poland that wasn’t destroyed during World War II. A city that is famous as the city of Teutonic Order, gothic architecture, and the birthplace of world astronomer Nicholas Copernicus. So go get the magazine guys! And I really thank you for mbak Ayu from @EsquireINA for this opportunity. Caly serdecznie dziekuje 😙

image

Iklan

Szczęśliwego Nowego Roku !

Ini catatan pertama saya di tahun 2011. Sebelumnya saya mohon maaf sudah vakum cukup lama dengan tidak mengupdate catatan-catatan baru. Dan paling penting, dalam kesempatan ini saya mau mengucapkan untuk semuanya:

Szczęśliwego Nowego 2011 Roku !!Selamat Tahun Baru 2011 !!

Seperti perayaan tahun baru di berbagai belahan bumi lainnya, perayaan tahun baru di Polandia pun dipenuhi dengan kembang api dan mercon roket. Di pusat kota, digelar konser musik yang diramaikan oleh artis-artis setempat secara gratis sehingga menarik perhatian ratusan orang untuk mendatanginya, meskipun dengan jaket tebal karena suhu di luar masih minus. Saya sendiri menyambut malam tahun baru 2011 dengan rekan-rekan Indonesia yang lain di Wisma Duta Warsawa. Suasana pastinya meriah, karena dimana ada masyarakat Indonesia berkumpul, bisa dipastikan ada yang berdangdut, berjoget, berpoco-poco dan berlomba konyol 🙂

Happy New Year, My Friends!  Szczęśliwego Nowego Roku, Moi Przyjaciele!

Szczęśliwego Nowego 2011 Roku !!

Berawal Dari Sini..

Kenal Polandia? Pasti kenal, minimal pernah dengar namanya. Tapi pasti banyak juga yang nggak tahu seperti apa negara yang satu ini. Maklum, letaknya jaoohh.. dari Indonesia. Minimal 18 jam perjalanan, itu pun udah naik pesawat. Enggak tahu deh kalau naik bus atau kapal laut mau sampai berapa lama lagi 🙂 Orang-orang Indonesia di Polandia juga terbilang sedikit, tidak sampai 200 orang. Bandingkan dengan di Jerman yang ada sampai 7000 orang. Padahal Jerman itu bersebelahan dengan Polandia, lho. Intinya, Polandia tidak terlalu populer di Indonesia, dan begitu juga sebaliknya. Kalau saya nggak merantau ke sini, saya juga pasti nggak tertarik mengenal lebih dekat negara asal pergerakan Solidaritas-nya Lech Walesa ini.

Orang bilang, tak kenal maka tak sayang. Jadi mumpung saya lagi terdampar di sini, di blog ini saya mau cerita-cerita sedikit tentang Polandia. Kali aja ada yang akan menikah sama orang Polandia, atau akan dikirim training/kerja ke sini oleh kantornya, atau sekedar mau jalan-jalan ke daerah Eropa Tengah; lumayan kan bisa dapat sedikit gambaran. Minimal bisa mengurangi culture shock yang sering terjadi di masa awal penempatan. Untuk yang memang akan tinggal lama di sini, selamat, anda akan mendapat tantangan berat untuk mempelajari bahasanya yang ampun-ampun susahnya. Tapi nggak usah takut duluan, orang-orang di sini umumnya cukup ramah dan maklum kalau pendatang dari luar negaranya tidak lancar berbahasa lokal; jadi ya modal bahasa tarzan dan hitungan jari pun cukup lah untuk survive. Apalagi kalau cuma datang ke sini sebagai turis, urusan bahasa sih tidak akan jadi kendala karena di daerah objek-objek wisata umumnya petugasnya bisa berbahasa Inggris.

Rencananya blog ini akan diisi sedikit-sedikit tapi rutin. Topiknya mungkin akan loncat-loncat, tergantung minat saya hari itu mau menulis apa. Yang jelas sih seputar Polandia – Indonesia. Kalau ada yang mau bertanya, silakan lho, dengan senang hati saya akan mencoba menjawabnya (hahaha, bahasanya public speaker sekalee). Okay deh, selamat membaca posting-2 saya berikutnya.