Cakepnya Kaos-kaos Euro 2012 !

Masih dalam spirit menyambut EURO 2012, kali ini catatan saya adalah mengenai suvenirnya 🙂 Ternyata urusan cinderamata Liga Eropa ini banyak juga lika-likunya. Yang utama adalah urusan license! UEFA (Union of European Football) sebagai badan tertinggi persepakbolaan Eropa dan penyelenggara resmi EURO 2012 ternyata sangat strict dalam memberikan izin hak produksi dan distribusi merchandise resmi turnamen ini. Tentunya produsen suvenir yang dipilih adalah perusahaan komersial dengan reputasi bagus dan jaringan distribusi yang luas.

Uniknya, UEFA memilih sebuah perusahaan Amerika untuk memegang lisensi suvenir Liga Eropa ini. Perusahaan manakah itu? Warner Bros! Tetapi ah, ternyata Warner Bros sudah menjadi produsen resmi suvenir untuk EURO 2004 dan EURO 2008, sehingga sebenarnya kali ini adalah untuk ketiga kalinya dia menangani proyek merchandise Liga Eropa. Warner Bros tentunya tidak bekerja sendirian, melainkan melakukan kontrak kerjasama  dengan produsen lokal di Polandia dan Ukraina untuk memproduksi dan mendistribusikan suvenir tersebut. Daftar jenis-jenis produknya sendiri ditentukan langsung oleh UEFA. Sementaranya merchandise tersebut nantinya hanya akan dijual di gerai-gerai resmi (official retailer) produk-produk EURO 2012. Selektif banget kan?

Nah, ternyata di Polandia, koleksi resmi pertama cinderamata EURO 2012 telah diluncurkan sejak Juni 2011 yang lalu. Wah, telat juga saya tahunya! Tapi gpp deh, karena ini masih koleksi pertama. Masih akan ada koleksi merchandise lainnya yang akan menyusul (belum tahu kapan dan apa bentuknya).

Merchandise resmi EURO 2012 yang pertama ini berupa koleksi kaos-kaos yang diluncurkan oleh INTERSPORT di pusat perbelanjaan Zloty Tarasy di Warsawa pada tanggal 10 Juni 2011. Dalam kesempatan ini INTERSPORT, yang merupakan gerai resmi produk-produk EURO 2012, bekerjasama dengan ADIDAS untuk memproduksi kaos-kaos EURO 2012 yang ditujukan untuk pria, wanita, maupun anak-anak. Berita lengkapnya bisa dibaca di sini. Penasaran seperti apa desain kaosnya dan berapa harganya? Silakan lihat di bawah ini.

Slavek dan Slavko untuk Anak-anak

Kaos merah bergambar maskot EURO 2012: Slavek (di bagian depan kaos) dan Slavko (di bagian belakang kaos) ini ditujukan untuk anak-anak (ukuran 116 – 152 cm). Harganya 49.99 Zloty (setara Rp 150.000,-). So cute!

Bunga dan Bola untuk Wanita

Desain kaos untuk wanita juga tidak kalah cute, apalagi logo EURO 2012 sendiri memang sudah girly menurut saya (bayangkan, bola dan bunga!). Lihat saja beberapa pilihan kaosnya di bawah ini. Ada juga yang warna hitam, tapi tidak saya tampilkan di sini. Ukuran kaos untuk wanita adalah 36 (S) – 42 (XL) dan terbuat dari 100% cotton. Harganya berkisar dari 59.99 – 99.99 Zloty (setara Rp 180.000 – 300.000)

Hitam Putih untuk Pria

Kalau kaos untuk wanita punya pilihan warna ungu, kaos untuk pria hanya ada warna putih, hitam dan merah. Desainnya juga tidak jauh beda, sama-sama bergambar logo EURO 2012 dan ada satu yang bergambar peta Polandia dan Ukraina. Harganya juga berkisar dari 59.99 – 99.99 Zloty, dengan pilihan ukurannya dari S – XXL.

Ini baru koleksi merchandise yang pertama, kita lihat koleksi selanjutnya seperti apa. Tetapi dengan kualitas Adidas asli, harganya tidak berbeda dengan yang di Indonesia kan? Koleksi lengkapnya bisa dilihat di situs Intersport www.intersport.pl Selain di Warsawa, kaos-kaos ini juga bisa dibeli di Gdansk, Wroclaw, Poznan dan kota-kota besar Polandia lainnya. Tapi ya itu tadi, tidak dijual di sembarang toko, hanya ada di gerai resmi produk EURO 2012.

Iklan

Posted on Agustus 1, 2011, in Olahraga and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: